Sekda Lambar Buka Penanggulangan Bencana daerah Melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan SAR - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Jumat, 23 Agustus 2019

Sekda Lambar Buka Penanggulangan Bencana daerah Melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan SAR


Lambar,Harian koridor.com-Pemkab Lambar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah melaksanakan Pendidikan dan pelatihan search and rescue (SAR) Kabupaten Lampung Barat yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Akmal Abd Nasir,SH di Wisma Sindalapai, Kamis (22/8).

“Pendidikan dan pelatihan search and rescue (sar) Kabupaten Lampung Barat ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para satgas dalam penanganan terhadap bencana dapat lebih cepat, tepat dan dapat meminimalisasi kerugian yang di timbulkannya serta rencana untuk menjadi Kabupaten Lampung Barat yang tangguh bencana akan terwujud,” ujar Sekda.

Terkait hal tersebut, sebagai daerah yang rawan terhadap berbagai bencana, kita berupaya meningkatkan kemampuan dibidang penanggulangan bencana yang mengakibatkan korban, penderitaan bagi manusia itu sendiri, kehilangan harta benda, kerusakan lingkungan, dan fasilitas umum, serta menimbulkan gangguan terhadap tata kehidupan dan penghidupan masyarakat.

Terakhir, kebijakan penanggulangan bencana memberikan prioritas tinggi pada peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat, serta jajaran pemerintah setempat, terutama didaerah rawan bencana. Kemampuan tim dalam penanggulangan bencana diharapkan dapat membantu dalam proses penanggulangan bencana melalui pencarian dan penyelamatan, pemberian pengobatan serta perawatan korban bencana, baik dalam kecepatan maupun ketepatan waktu penyelamatan dengan dukungan pengetahuan dan peralatan yang memadai.

Laporan Kepala BPBD Drs. Gison Sihite menyampaikan bahwa tujuan pendidikan dan pelatihan ini agar terlatihnya satgas yang memiliki keterampilan dalam proses pencarian dan penyelamatan, pemberian pengobatan serta perawatan korban bencana, kemudian Sasaran kegiatan ini agar tersedianya satgas Sar di Lambar yang tangguh. Peserta terdiri dari Relawan dari berbagai unsur yang ada di Kabupaten Lampung Barat sedangkan Narasumber yaitu Basarnas Provinsi Lampung, Kodim 0422 Lambar, BPBD Lambar, dab PMI cabang Lambar. (red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages