Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Gubernur Arinal Ajak ASN Aktualisasikan nilai-nilai Pancasila - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Senin, 30 September 2019

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Gubernur Arinal Ajak ASN Aktualisasikan nilai-nilai Pancasila


Bandar Lampung, Harian Koridor.com-Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.Ajakan Gubernur itu disampaikan Pj. Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto saat membacakan sambutan Gubernur dalam Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019, di Lapangan Korpri Kantor Gubernur, Selasa (1/10/2019).
Sebagai ASN, lanjut Fahrizal, sudah menjadi kewajiban untuk mengamalkan Pancasila dengan memberikan pelayanan masyarakat dengan optimal. Salah satu langkah konkret yaitu merumuskan anggaran dan menyusun program pembangunan yang pro rakyat. “Untuk itu, Gubernur dan Wagub telah menetapkan 33 janji kerja. Dan Alhamdulillah telah dilaksanakan secara bertahap dan cepat selama 100 hari kerja,” jelas Fahrizal.


Gubernur Arinal, seperti disampaikan Fahrizal, mengatakan tujuan upacara Hari Kesaktian Pancasila adalah untuk mengajak seluruh masyarakat daerah Lampung, khususnya ASN bersatu dan secara terus menerus mengamalkan Pancasila sebagai ideologi bangsa, sehingga dapat tercipta suasana aman, nyaman dan tentram di daerah Sai Bumi Ruwa Jurai.

“Masih segar dalam ingatan kita bahwa Gerakan 30 September 1965 yang dikenal dengan G30S/ PKI mengalami kegagalan, berkat kesiapsiagaan TNI yang dipimpin Letnan Jenderal Soeharto sebagai komandan operasi pemulihan keamanan yang dibantu oleh segenap lapisan masyarakat berhasil menumpas kebiadaban PKI, sehingga negara tetap tegak dan berdiri di atas dasar Pancasila yang menjadi falsafah bangsa Indonesia. Bertolak dari peristiwa tersebut, pemerintah menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila," ujarnya.

Upacara dikomandani oleh Mayor Inf. Hariono ini, diawali dengan mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan pembacaan Naskah Pancasila dan pembacaan Ikrar Pancasila oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Mingrum Gumay. (red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Pages