Gubernur Arinal Tinjau Lokasi Pembangunan Stasiun Kereta Api Bandar Udara - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Kamis, 31 Oktober 2019

Gubernur Arinal Tinjau Lokasi Pembangunan Stasiun Kereta Api Bandar Udara


Lamsel, Harian Koridor.com-Gubernur Lampung Arinal Djunaid komitmen dorong pembangunan stasiun kereta api bandar udara dan jembatan penyeberangan multiguna atau sky bridge.
Wujud komitmen tersebut dilakukan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dengan meninjau langsung ke lokasi rencana pembangunan stasiun kereta api bandar udara menggunakan kereta api rail one, Kamis (31/10/2019), di wilayah stasiun Branti, tepatnya di Km 34.

Gubernur Arinal menilai dengan adanya kereta api bandara maka akan mengefisiensikan waktu tempuh penumpang dari Bandar Lampung ke Radin Inten. "Pembangunan stasiun kereta api bandara ini nantinya akan memudahkan akses masyarakat dan wisatawan dari Bandara menuju pusat kota, dan juga sebaliknya," jelasnya.

Gubernur Arinal menjelaskan pembangunan stasiun kereta api bandara akan dimulai pada 2020. "Stasiun kereta bandara ini sementara akan dibangun sederhana modern, karena pada akhirnya stasiun ini akan ada langsung di Bandara Internasional kita dengan taraf internasional juga," jelasnya.

Lebih lanjut, Gubernur Arinal menjelaskan selain pembangunan kereta bandara, juga akan ada pembangunan short cut dari Tegineneng - Panjang - Tarahan, dan jalur kereta api akan sampai ke Bakauheni. "Kereta api nantinya akan sampai Bakauheni. Hal ini mengingat Bakauheni akan menjadi wisata nasional. Dengan adanya jalur kereta api tersebut, masyarakat akan memiliki dua alternatif menuju wisata bakauheni yaitu melalui jalur tol dan jalur kereta api, sehingga akan efisien waktu dan biaya," jelasnya.

Selain itu, dengan adanya short cut dari Tegineneng - Panjang - Tarahan maka akan mengurangi kemacetan di kota Bandarlampung.

Lebih dari itu, Gubernur juga meminta untuk melakukan penelitian dan kajian terkait pembangunan jalur kereta api sampai ke krui, Pesisir Barat. "Tentunya ini harus dilakukan kajian terlebih dahulu. Kalau ini dapat dilaksanakan, maka masyarakat dan wisatawan akan dapat mudah berkunjung ke pesisir barat untuk dapat melihat ekowisata dan kuliner disana," jelasnya.

Kedepan, dalam mewujudkan transportasi kereta api yang memberikan solusi aman dan nyaman, Gubernur Arinal akan mengembangkan kereta api antar kabupaten dan kecamatan di Provinsi Lampung. "Saat ini transportasi kereta api kita yaitu Sumatera Selatan-Lampung. Kedepan tidak hanya itu, saya juga akan kembangkan kereta api antar kabupaten dan kecamatan di Provinsi Lampung," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Executive Vice President PT KAI Divre IV Tanjung Karang, Sulthon Hasanudin, menjelaskan rencana stasiun kereta api bandara akan dibangun di seberang Bandara Raden Intan II Lampung. "Rencana kereta api bandara akan dibangun tepat diseberang Bandara Raden Intan II Lampung. Nantinya akan dibangun sky bridge atau jembatan penyeberangan multiguna menuju stasiun kereta api bandar udara," jelasnya.

Terkait pandangan Gubernur Arinal mengenai jalur kereta api menuju daerah wisata, Sulthon mengungkapkan bahwa apa yang diinginkan Gubernur Arinal dapat dilakukan. "Pembangunan jalur kereta api menuju daerah wisata ini kedepannya dapat dilakukan, dengan melakukan berbagai alternatif nantinya," jelasnya.

Tim Ahli ITERA, Jolison, menjelaskan bahwa pihaknya juga tengah menyiapkan desaign yang akan selesai di bulan desember ini. "Bulan Desember ini desain stasiun keereta api bandara dan sky bridge akan selesai," jelasnya. (red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Pages