KSAL Resmi Buka Lomba BINSAT Korps Marinir Se Nusantara - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Sabtu, 26 Oktober 2019

KSAL Resmi Buka Lomba BINSAT Korps Marinir Se Nusantara


Pesawaran,Harian Koridor.com-Gegap gempita BINSAT diMarine Eco Park Piabung dan Festival Kelagian dibuka langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL)Laksamana Siwi Sukma Adji, Sabtu (26/10).Laksamana Siwi Sukma Adji mengatakan, kegiatan Binsat ini bertujuan melihat pembinaan satuan marinir dalam membina disiplin, ketangkasan, keterampilan, kemampuan selama satu tahun terakhir untuk memupuk semangat dan profesionalitas sekaligus membina atlet-atlet korps marinir dalam olahraga air dan mengajak masyarakat Lampung untuk cinta kepada olahraga air.
KSAL menambahkan kegiatan ini juga disandingkan dengan acara Festival Kelagian yang menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya untuk membangun ekonomi kreatif masyarakat, sehingga kedepan masyarakat Lampung diharapkan memiliki destinasi wisata baru yang sangat menarik dalam aspek maritim.
Dalam kesempatan itu, KSAL juga memuji kondisi alam di daerah Piabung yang menurutnya sangat cocok untuk latihan para prajurit marinir sekaligus menjadi tempat wisata yang menarik karena memiliki benteng alam yang indah dan laut yang bersih.
"Jadi pagi ini saya selaku Kepala Staf untuk melihat bagaimanan pembinaan kesatuan marinir dalam membina displin, ketangkasan, kemampuan selama satu tahun, kita lihat kita uji, sekaligus untuk membina atlet-atlet korps marinir dalam olahraga air, kegiatan ini sekaligus kita laksanakan Festival Kelagian untuk membangun kegiatan ekonomi kreatif sehingga diharapkan kedepan masyarakat lampung memiliki destinasi wisata yang baik sekali dalam aspek maritim," ujar KSAL.

Sementara Gubernur Lampung, Arinal Djunadi merasa sangat bangga dan mengapresiasi diadakannya kegiatan lomba renang dayung Binsat Korps Marinir 2019 di Lampung yang dipadukan dengan Festival Kelagian.

Menurutnya, dari sisi pariwisata kegiatan ini akan mendorong sektor wisata lampung, dan tidak menutup kemungkinan kegiatan ini akan diadakan rutin bersama-sama antara Brigif Marinir 4 Piabung dengan Pemerintah Provinis Lampung agar menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

'Saya bangga dan menyampaikan apresiasi karena saya melihat begitu kompak, gagah dan itulah cerminan TNI kita, insyaallah tahun ini saya nanti juga membantu agar ini lebih meningkat lagi dan mendapat perhatian ditingkat nasional," ujar Arinal Djunaidi.

Lomba renang yang diadakan dalam Binsat korps marinir 2019 di Piabung bukan merupakan lomba renang perorangan tetapi lomba tim, dimana satu tim terdiri dari 9 personel terbagi 7 atlet dan 2 cadangan.

Para peserta dilepas oleh Kasal dan Gubernur Lampung di titik start yang berada di Pantai Marines Eco Park Brigif 4 Mar/BS.

Dalam lomba ini  para peserta berenang dalam jarak 10.000  meter mengelilingi Pulau Kelagian  menuju finish yang terletak di Pantai Marines Eco Park Brigif 4 Mar/BS, juara dinilai dari kecepatan dan keutuhan tim berhasil mencapai garis finish.

Peserta berasal dari satuan-satuan Korps Marinir berjumlah 49 tim dilepas secara bergelombang terbagi atas 5 gelombang, dalam setiap gelombang terdiri sepuluh tim dengan perlengkapan yang digunakan antara lain snorkel, kacamata  google renang, pelampung (swim vest) dan vin.

Sedangkan untuk Lomba Dayung, peserta  berlomba menggunakan perahu karet menempuh jarak 20.000 meter dengan rute mengelilingi Pulau Kelagian dan mengambil start maupun finish di Pantai Marines Eco Park Brigif 4 Mar/BS, satu tim terdiri 10 personel yang terbagi 8 atlet 2 cadangan yang diikuti 49 tim dari satuan-satuan Korps Marinir.

Selain itu diadakan juga lomba renang eksibisi, lomba ini diikuti oleh para pejabat TNI, POLRI, Pejabat Utama Korps Marinir dan perwira Korps Marinir, Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M. Tr (Han) dan Ny. Etta Suhartono ikut dalam renang dengan jarak  6.000 meter yang mengambil route khusus ini.

Sementara itu, kegiatan lain yang merupakan rangkaian Festival Kelagian adalah bhakti sosial dengan mengadakan pengobatan masal, donor darah, sunatan masal, pasar murah, pembuatan SIM C dan pembuatan E-KTP.

Lomba lain yang juga menyemarakkan Festival Kelagian sebagai ajang promosi wisata mendukung program “Pesona Indonesia” ini yaitu lomba olah raga perairan, lomba renang dayung untuk umum serta lomba menembak pistol eksibisi.
Kegiatan ini dilaksanakan dari 26-27 Oktober 2019, memperebutkan tropi dan uang pembinaan yang telah disediakan oleh Korps Marinir.(red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Pages