Mahasiswa Sistem Komputer IIB Darmajaya Ciptakan Kotak Sampah Pintar - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Senin, 07 Oktober 2019

Mahasiswa Sistem Komputer IIB Darmajaya Ciptakan Kotak Sampah Pintar


Bandar Lampung, Harian Koridor.com-Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menciptakan “Kotak Sampah Pintar”

Penggarapan Kotak Sampah Pintar yang dilakukan oleh M. Sampurno Abdi merupakan penelitian skripsi yang berjudul Rancang Bangun Kotak Sampah Pintar Pada Kampus IIB Darmajaya. Pengerjaan dilakukannya selama kurang lebih 2 bulan.

M. Sampurno Abdi mengatakan awal mula yang mendasari pembuatan Kotak Sampah Pintar karena belum teraturnya sampah organik dan nonorganik dalam suatu wadah. “Sampah organik dan nonorganik punya jangka waktu tertentu untuk terurai, dengan memisahkan kedua jenis sampah tersebut lebih mudah untuk pengelolaannya dan menghindari penumpukan sampah yang bisa jadi sarang kuman dan bakteri, selain itu sampah nonorganik masih punya nilai ekonomis untuk didaur ulang,” ungkap dia Minggu, (6/10/19).

Beberapa bahan digunakan dalam merangkai Kotak Sampah Pintar ciptaannya. Diantaranya kotak sampah, besi siku L, triplek, baut mur, sensor ultrasonik, sensor passive infrared, sensor proximity induktif, sensor metal detection, sensor photodioda, dan GSM Shield. “Proses kerjanya setiap orang yang menuju di depan kotak sampah dengan jarak 2 meter, sistem akan mengeluarkan suara melalui speaker dengan himbauan untuk tertib dalam membuang sampah. Kemudian pintu kotak sampah yang berada di atas akan terbuka otomatis layaknya pada mesin setor tunai di ATM dan sampah dimasukkan,” bebernya.
  
Ketika sampah sudah dimasukan, sistem lalu mendeteksi dan memilah jenis sampah melalui sensor untuk dipisahkan ke kotak penampungan organik atau nonorganik. “Proses pemilahan dalam hitungan 5 detik melalui sensor yang terpasang pada alat. Saat kotak sampah penuh, sistem akan memberikan notifikasi SMS yang telah disetting melalui GSM Shield ke petugas kebersihan untuk dilakukan pengangkutan sehingga tidak menyebabkan polusi udara yang tidak sedap disekitarnya,” jelasnya.

Sementara, Ketua Jurusan Sistem Komputer dan Teknik Komputer IIB Darmajaya, Bayu Nugroho, S.Kom., M.Eng., mengatakan pembuatan Kotak Sampah Pintar yang dilakukan oleh M. Sampurno Abdi sangat baik dalam kebermanfaatan untuk masyarakat. “Alat yang diciptakannya merupakan bagian dari implementasi bidang peminatan dijurusan Sistem Komputer yaitu IoT dan smart system selama kuliah. Karena setiap mahasiswa Sistem Komputer diharuskan membuat sebuah karya atas pembelajarannya selama di kelas maupun di laboratorium,” ungkapnya.

Alat yang diciptakannya juga diperuntukkan untuk kampus tercinta. “Kedepan akan dilakukan pengembangan untuk membuat tampilan alat semakin lebih bagus. Karena dengan pengembangan membuat fungsi alat-alat yang telah diciptakan oleh mahasiswa-mahasiswa menjadi lebih banyak dan bermanfaat lagi,” tuturnya.

Dia berharap mahasiswa Sistem Komputer dapat memahami keinginan dan kebutuhan stakeholder hingga masyarakat saat ini. “Era Revolusi Industri 4.0 membuat alat-alat dapat melakukan tindakan cerdas sehingga barang yang ada menjadi lebih friendly dan tidak rumit lagi. Ini juga yang harus dimiliki oleh mahasiswa/i IIB Darmajaya dalam menciptakan sebuah karya,” tandasnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages