Matangkan Persiapan Kunjungan Presiden RI, Pj. Sekdaprov Tinjau 2 Titik Rest Area Jalan Tol - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Selasa, 01 Oktober 2019

Matangkan Persiapan Kunjungan Presiden RI, Pj. Sekdaprov Tinjau 2 Titik Rest Area Jalan Tol


Lampung Selatan, Harian Koridor.com-Demi mematangkan persiapan kunjungan Presiden Joko Widodo dalam rangka peresmian jalan tol ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung pada 10 Oktober 2019 mendatang, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi diwakili Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto meninjau dua titik pembangunan rest area Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), Selasa (1/10/2019). 
Dua lokasi tersebut yakni di rest area KM 87 Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan dan di KM 215 Kecamatan Way Kenanga Kabupaten Tulangbawang Barat.
Khusus untuk rest area di KM 215, pengerjaannya sudah mencapai 100 persen, tinggal penyelesaian pembangunan SPBU yang kini telah 80 persen. Tampak terlihat ornamen Siger Lampung pada bentuk bangunan di rest area tersebut.

Fahrizal mengatakan peninjauan ini sebagai upaya kesiapan atas rencana kunjungan Presiden Joko Widodo yang dijadwalkan akan datang ke Lampung untuk meresmikan jalan tol ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung pada 10 Oktober 2019 mendatang.

Direncanakan, Presiden Joko Widodo akan turun di landasan helipad pada rest area KM 87 kemudian menuju Dermaga Eksekutif Bakauheni dan selanjutnya mengunjungi rest area KM 215.

"Nanti Pak Presiden akan datang mampir di rest area KM 215 ini, direncanakan Pak Gubernur juga akan memberikan sambutan dan akan ada peninjauan UMKM," ujar Fahrizal di rest area KM 215.

Fahrizal menyebutkan di rest area KM 215 itu ada sebanyak 45 booth UMKM atau stan mini untuk promosi yang akan diisi oleh binaan Bank BRI, binaan Bank Lampung dan dari Kabupaten/Kota.

Kunjungan rest area KM 215 ini juga, lanjut Fahrizal, nantinya akan ada pemberian rekor Muri (Museum Rekor Indonesia) berupa ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung menjadi ruas tol terpanjang se- Indonesia yakni sepanjang 189 KM.

Namun untuk peresmiannya sendiri, akan dilaksanakan di Kayu Agung.
"Untuk partisipasi masyarakat, sesuai arahan dari pihak istana, kita diizinkan 1000 orang. Ini menjadi tanggungjawab dari Kabupaten Tulangbawang Barat, Tulang Bawang dan Mesuji," ujar Fahrizal.

Fahrizal menuturkan usai diresmikan oleh Presiden, dipastikan ruas tersebut sudah siap beroperasi. "Begitu sudah diresmikan pada saat itu juga atau besoknya, ruas ini sudah bisa digunakan oleh publik dan sudah berfungsi," ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan Proyek Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang Bambang Eko mengatakan dari keseluruhan rest area, di KM 215 inilah yang sudah siap pembangunannya.
"Memang dari keseluruhan ruas jalan tol yang paling sudah siap rest areanya di KM 215 ini," ujar Bambang.

Bambang menyebutkan untuk di Terbanggi Besar-Pematang Panggang sendiri ada sebanyak 5 rest area yang semuanya memiliki tipe A. "Nanti kita mendahulukan para UMKM lokal atau disekitar sini, itu yang diutamakan. Jadi nanti harus ada yang mengisi dulu sebagai percontohan," katanya.(red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Pages