Sekdaprov Lampung Buka Kejurnas Olahraga Angkat Besi - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Kamis, 31 Oktober 2019

Sekdaprov Lampung Buka Kejurnas Olahraga Angkat Besi


Pringsewu, Harian Koridor.com-Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto membuka Kejuaraan Nasional (KEJURNAS) Cabang Olahraga Angkat Besi antar PPLP/PPLPD dan SKO Se-Indonesia, di Urban Style Hotel, Pringsewu, Kamis (31/10/2019) malam. 

Pembukaan Kejurnas ini ditandai dengan Pemukulan cetik yang dilakukan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, Deputi Sentra dan Seko Kemenpora, Bayu Rahadian, Bupati Pringsewu, Sujadi, dan Ketua KONI Lampung Yusuf S. Barussman.

Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang di Provinsi Lampung kepada para official, panitia, pelatih dan atlet dari kontingen berbagai Provinsi yang telah hadir untuk mengikuti Kejurnas ini. 

Fahrizal Darminto menjelaskan bahwa kepercayaan yang diberikan kepada Provinsi Lampung selaku Tuan Rumah Kejuaraan Nasional antar PPLP Cabang Olahraga Angkat Besi Tahun 2019 oleh Kemenpora merupakan suatu kehormatan dan penghargaan serta kebanggaan bagi masyarakat Lampung untuk menggelar event berskala Nasional. "ini adalah suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Provinsi Lampung yang dipercaya sebagai tuan rumah dalam menggelar Kejurnas Cabang Olahraga Angkat Besi," jelasnya.

Lebih lanjut, adapun tujuan dari pelaksanaan Kejurnas ini, jelas Fahrizal, adalah untuk mengukur dan mengevaluasi hasil pembinaan PPLP/PPLPD dan SKO Cabor Angkat Besi; memotivasi pengembangan pembinaan potensi olahraga Angkat Besi bagi atlet pelajar; dan memandu bakat atlet PPLP/PPLPD dan SKO Cabor Angkat Besi. "Kejurnas ini juga bertujuan untuk memperbanyak frekuensi pertandingan guna menambah pengalaman dan kematangan bertandingan; dan untuk menjalin persahabatan antar sesama pelajar khususnya yang dibina di PPLP/PPLPD dan SKO," jelasnya.

Lebih dari itu, Fahrizal menuturkan dalam rangka menghasilkan atlet-atlet yang handal dan berprestasi dalam mengharumkan serta mengangkat harkat dan martabat bangsa dimata Internasional. maka pembinaan olahraga perlu dilakukan secara terus menerus, berjenjang, berkesinambungan, serta terpadu dan menyeluruh melalui proses yang panjang.

"Selain itu, dalam rangka mewujudkan harapan yang optimal guna mencapai apa yang menjadi harapan bersama diperlukan keterlibatan semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan program. Tidak hanya dari Kemenpora sendiri, tetapi memerlukan dukungan dan kerjasama yang sinergis dengan instansi dan lembaga terkait lainnya," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Deputi Sentra dan Seko Kemenpora, Bayu Rahadian, menyampaikan apresiasi luar biasa kepada Pemerintah Provinsi Lampung, khususnya kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang telah bersedia menjadikan Lampung sebagai tuan rumah Kejurnas Cabang Olahraga angkat besi.

"Kejurnas ini menjadi ajang berkompetisi bagi para atlit junior. Kejurnas ini merupakan bagian dari program pengembangan atlit junior jangka panjang," jelas Bayu.

Kejurnas ini, lanjut Bayu, merupakan bagian dari evaluasi dari masing-masing PPLP dan PPLPD. Tentunya yang dicatat bukan hanya menang dan kalah, karena ini adalah pembinaan jangka panjang. "Kejurnas ini adalah untuk berkompetisi, jadi prosesnya yang lebih diutamakan. Untuk itu, mari bertanding secara fair play, dan kedepankan kompetisi dan prosesnya," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Pringsewu, Sujadi, menyampaikan ungkapan rasa senang dan bangga karena Kabupaten Pringsewu diberikan kepercayaan yang begitu besar untuk menyelenggarakan sebuah event akbar, yakni menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Angkat Besi Antar PPLP Se-Indonesia.

"Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan. Tentunya kepercayaan ini akan kami jaga dan lakukan dengan baik. Untuk itu, kami siap dan akan menjadi tuan rumah yang baik dengan memberikan pelayanan yang dibutuhkan bagi seluruh tamu-tamu yang datang dari berbagai belahan di Indonesia," jelasnya.

Lanjut, berbicara mengenai olahraga Angkat Besi di Indonesia, jelas Sujadi, tentunya tidak terlepas dari keberadaan Pringsewu. Hal ini dikarenakan sejak dahulu, Pringsewu terkenal sebagai lumbung para atlet angkat besi (lifter), tidak hanya pada level nasional, namun juga internasional.

"Pringsewu juga sejak dahulu sudah ditetapkan sebagai Pusat Pelatihan Nasional (Pelatnas) untuk Cabang Olahraga Angkat Besi dan Angkat Berat di Indonesia.

Bahkan Pringsewu merupakan tempat lahirnya para Atlet yang telah mengharumkan Nama Indonesia di kejuaraan tingkat dunia dan nasional, seperti Imron Rosadi yang merupakan lengenda angkat besi tanah air berjuluk Si Gajah Lampung, kemudian ada Sutrisno, Tri Haryanto, Lukman, Tauflk, Sri Indriyani, Winarti, Ani, Bastiah, Citra Febriani," jelas dia.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Meladi, melaporkan bahwa Kejurnas Cabang Olahraga Angkat Besi dilaksanakan mulai dari 31 Oktober sampai 5 November 2019 berpusatkan di Padepokan Gajah Lampung, Pringsewu.

"Adapun peserta kejurnas ini berasal dari 22 kontingen yaitu 14 kontingen PPLPD dan 8 kontingen 8 PPLP. Adapun jumlah atlit pada Kejurnas ini sebanyak 149 atlit yang terdiri dari 70 lifter putra dan 79 lifter putri," jelasnya. (red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Pages