Gubernur Arinal Gagas Peningkatan Kapasitas Jalan Jalur Kemiling-Tanggamus - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Kamis, 21 November 2019

Gubernur Arinal Gagas Peningkatan Kapasitas Jalan Jalur Kemiling-Tanggamus




Bandar Lampung, Harian Koridor.com-Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menggagas peningkatan kapasitas jaringan jalan di jalur Kemiling – Tanggamus untuk mengantisipasi kemacetan dan adanya peningkatan volume arus lalu lintas di jalur tersebut.
Gagasan itu diungkapkan Gubernur dalam rapat bersama tiga kepala daerah, yaitu Bupati Pringsewu Sujadi Saddat, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dan Bupati Tanggamus Dewi Handajani di Hotel Novotel Bandar Lampung Kamis (21/11/2019).

Menurut Gubernur, ruas jalan yang menghubungkan pusat kota Bandar Lampung dengan Kabupaten Pesawaran - Pringsewu – Tanggamus tersebut selain merupakan bagian dari Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera, juga merupakan jalan menuju objek – objek wisata di Provinsi Lampung.

Selain itu ruas jalan tersebut juga sebagai akses utama menuju Kawasan Industri Maratim ke depan. Namun kapasitas jalan saat sudah sangat padat dan seringkali mengalami kemacetan.

“Saat ini rencana pengembangan dan peningkatan kapasitas jaringan jalan lintas barat khususnya ruas Kemiling – Tanggamus sudah merupakan kebutuhan mengingat kondisi jalan yang sudah bisa dikatakan over kapasitas terutama pada jam – jam sibuk. Luas jalan dan volume kendaraan sudah tidak seimbang,” kata Gubernur Arinal.

Dalam rapat itu, Gubernur Arinal juga memberikan sejumlah usulan untuk meningkatkan sinergitas antara Provinsi dan Kementerian agar berjalan dengan baik. "Kita harus melibatkan Itera (Institut Teknologi Sumatera, red) dan segera membentuk Tim," ujar Gubernur.

Tim yang dimaksud Gubernur terdiri dari Seluruh Bupati / Wali Kota yang terkait, kalangan akademisi, Balai Pelaksana Jalan Nasional XIX Bandar Lampung dan Pemerintah Provinsi Lampung.

"Tim diharapkan segera membuat kajian tentang skema peningkatan kapasitas yang akan di jalankan. Untuk kemudian segera disampaikan agar dapat dikaji Pemerintah Pusat," kata Gubernur.

Peningkatan kapasitas jalan ini, lanjut Gubernur, juga akan meningkatkan aksesibilitas antar wilayah. Sebab, pada dasarnya pengembangan jalan bertujuan untuk menghubungkan antar Kabupaten / kota (kantong-kantong produksi) dalam artian meningkatkan konektifitas antar kabupaten, meningkatkan industri pariwisata yang pada akhirnya meningkatkan perekonomian masyarakat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Gubernur Arinal memerintahkan Kepala Bappeda Provinsi Lampung Herlina Warga Negara segera membentuk Tim yang akan melaksanakan tahapan – tahapan yang diperlukan dalam proses peningkatan kapasitas jalinbar tersebut.

Sedangkan untuk kajian skema peningkatan kapasitas jalan, Gubernur langsung memanggil Rektor Itera Ofyar Z. Tamin. Rektor Itera ini menyambut positif gagasan Gubenur Arinal dan langsung menyampaikan komitmennya untuk membantu Pemerintah Provinsi Lampung.

Senada dengan itu Bupati Peswaran Dendi Ramadhona menyampaikan Pemkab Pesawaran siap bersinergi dan sangat mengapresiasi gagasan Gubernur tersebut. “Pemkab Pesawaran siap bersinergi dengan Pemerintah Provinsi, bahkan kami juga sangat senang sekali jika pihak Balai Pelaksana Jalan Nasional XIX Bandar Lampung dapat membantu mengawal program ini hingga ke pusat,” tutur Dendi.

Ketiga Bupati yang hadir dalam rapat ini mengharapkan Itera membuat kajian dengan beberapa skema alternatif mengingat kondisi lapangan yang memiliki ke khasan khusus dan membutuhkan penanganan yang berbeda.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional XIX Bandar Lampung M. Insal U Maha menyatakan siap membantu Gubernur Arinal, dari perencanaan hingga pelaksanaan program ini.(red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Pages