IKWI Kota Metro Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat SMA dan SMK - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Rabu, 13 November 2019

IKWI Kota Metro Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat SMA dan SMK


Metro, Harian Koridor.com-Setelah materi dasar pembuatan berita oleh Ketua PWI Abdul Wahab, para peserta pelatihan jurnalistik IKWI Metro diberi pengetahuan sistem perusahaan media dari Husni Hasbullah. 


Husni memaparkan alur sistem kerja jurnalis dalam perusahaan media. Mulai dari rapat proyeksi, rapat redaksi, sampai struktur jabatan pada perusahaan media.


"Dalam proyeksi wartawan harus menjabarkan rencana kerja yang meliputi pemberitaan, narasumber, dan waktu peliputan kepada redaktur," papar Kabiro Metro Surat Kabar Harian (SKH) Koridor di Aula Kelurahan Metro, Rabu (13/11). 


Selanjutnya, sambung Husni, redaktur akan menyampaikan berita yang diusulan wartawan kepada Pimpiman Redaksi (Pimred) untuk dipertimbangkan masuk dalam halaman utama. Serta menghitung jumlah berita agar bisa mencukupi setiap halaman yang akan diterbitkan.


"Perusahaan pun menerapkan sistem deadline kepada semua bagian. Mulai dari wartawan, redaktur, hingga penentuan berita utama oleh Pimred. Sistem ini yang diterapkan perusahaan media setiap hari sebelum menerbitkan koran," bebernya.


Usai menjabarkan sistem perusahaan, Husni meminta seluruh peserta membagi setiap kelompok untuk menyimulasikan sistem tersebut. Juga meminta peserta yang memerankan sebagai wartawan menulis berita dengan cepat yang harus memenuhi unsur 5W 1H. 


"Wartawan itu ujung tombak perusahaan media. Wartawan dituntut peka melihat situasi sekitar, berimprovisasi, dan cepat dalam menulis berita. Jangan sampai wartawan pulang ke kantor tanpa berita. Mau diisi apa korannya. Tanggung jawab Pimred juga tidak kalah berat, karena dia yang bertanggung jawab jika ada persoalan terkait pemberitaan itu," bebernya. 


Dari berita yang dibuat peserta, Husni menyimpulkan peserta sudah memahami unsur 5W 1H disebuah berita. Ia berharap, pengetahuan yang didapat saat mengikuti pelatihan jirnalistik ini dapat terus diasah dan dikembangkan agar dapat menjadi modal jika peserta ingin memasuki dunia jurnalis.


Sementara salah satu peserta Ambar siswa kelas XI MAN I Metro mengaku sangat senang dapat mengikuti pelatihan jurnalistik yang digelar IKWI Metro. Menurutnya, banyak pelajaran baru yang didapat dari pelatihan tersebut.


"Di sekolah saya memang ikut esktrakulikuler bidang jurnalistik, jadi memang tertarik dan dari awal memang selalu diajarkan menulis berita itu harus 5W 1H. Tapi setelah ikut pelatihan ini makin banyak pengetahuan baru yang saya dapat. Selain saya juga dapat teman-teman baru," imbuhnya.


Materi sistem perusahaan media pun menutup pelatihan jurnalistik IKWI tingkat SMA dan SMK se-Kota Metro di Aula Kelurahan Metro, Rabu(3/11).

Para peserta pun mendapatkan sertifikat pelatihan jurnalistik dari IKWI Kota Metro. (Husni).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages