Perempuan Berdaya Indonesia Maju - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Minggu, 22 Desember 2019

Perempuan Berdaya Indonesia Maju


Bandar Lampung, Harian koridor.com-Judul di atas adalah tema raya Peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019 yang jatuh pada Minggu (22/12/2019), hari ini, dan secara nasional dipusatkan di Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Linimasa media sosial dibanjiri ungkapan cinta kasih pada sosok sang ibu. Pantauan redaksi di jagat Twitterland misalnya, tagar #SelamatHariIbu hingga Minggu pukul 15.51 WIB, sempat merajai trending topic dengan cuitan warganet sebanyak 36 ribu kali.

Tak kurang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) di kanal media sosial miliknya mengunggah ungkapan spesial, Minggu pagi.

"Wajah Indonesia hari ini dan di masa depan, adalah wajah yang turut dibentuk oleh kaum ibu, perempuan-perempuan yang punya akses dan kesempatan yang luas ke seluruh palagan pengabdian kepada bangsa," kata ia.

Mereka, sebut presiden, berdaya di bidang ekonomi, politik, sosial, dan kemasyarakatan.
"Dan tentu saja, kaum perempuan membangun peradaban bangsa melalui pengasuhan anak-anak di dalam keluarga," kata suami dari Ibu Negara Iriana Jokowi ini.

Mantan Walikota Surakarta dua periode (28 Juli 2005-1 Oktober 2012) bernama lahir Mulyono sebelum berganti Joko Widodo itu menggarisbawahi bahwa perempuan yang berdaya adalah wujud Indonesia yang maju.

Sebelumnya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga, yang biasa disapa Bintang Puspayoga, pada Sharing Moment “SHEnergy Kreasi” Bersama Menteri PPPA dan Wirausaha Perempuan, gelaran kementerian itu di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (16/12/2019) lalu, menekankan agar perempuan Indonesia yang menekuni dunia wirausaha bisa saling berkolaborasi dan bergandengan tangan.

Kata Bintang, para wirausaha perempuan harus bisa berkolaborasi dan menggandeng kaum perempuan lain, utamanya wirausaha perempuan milenial-wirausaha perempuan di daerah tertinggal untuk berdaya dan memperluas jejaring usaha di era digital.

“Kami harap kaum perempuan tidak hanya berdaya secara diri sendiri, namun juga mampu memberdayakan para perempuan di sekitarnya sehingga seluruh perempuan di pelosok Tanah Air bisa berdaya," kata dia, di ajang rangkaian Peringatan Hari Ibu 2019 itu.

Jika perempuan bisa berdaya, kami yakin dan percaya angka kekerasan terhadap perempuan dan anak akan menurun, begitu juga dengan angka perkawinan anak dan pekerja anak yang akan menurun, bilang dia.

Bintang juga berharap perempuan Indonesia tidak hanya berdaya dalam bidang ekonomi, namun juga berdaya di bidang pendidikan, pengasuhan anak, dan sosial budaya.

Dikutip dari siaran pers kementerian, Menteri PPPA ke-10 Indonesia, juara tenis meja, istri dari eks Menteri Koperasi dan UKM Kabinet Kerja Jokowi-JK 2014-2019, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, ibu satu anak itu tampil di forum Sharing Moment “SHEnergy Kreasi” bersama enam wirausaha sukses.

Berbicara seputar kisah perjuangan hingga sukses di bidang usaha masing-masing, mereka adalah CEO Hijup.com, Diajeng Lestari; Co-Founder Du'Anyam, Hanna Keraf; founder start-up pengembang brand lokal GambaranBrand Group, Arto Biantoro (putra mendiang biduan legendaris Krisbiantoro); founder/Managing Director DuitHape, Sara Dhewanto; owner Go-Food Top Merchant Kopisoe, Silvya Surya; dan Head of Seller Development Blanja.com, Sherlyana.

Di Lampung, sejumlah pihak juga bersuara dengan beragam ekspresi soal tema raya Hari Ibu kali ini. Tak sedikit pula diantaranya yang mengunggah serta foto sang ibu.

Seperti diutarakan dua dari lima bersaudara putra mendiang salah satu pendiri Yayasan Alfian Husin Lampung, dr Yoenidar Karim. Anak tertua, Ketua Yayasan Alfian Husin Dr Andi Desfiandi, mengunggah pesan magis dari sahabat Nabi Muhammad SAW, Khalifah Umar bin Khattab.

"Kamu mengurus ibumu sembari menunggu kematiannya, sementara ibumu merawatmu sembari mengharap kehidupanmu," unggah Andi, selain Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Lampung, kini juga Ketua Bidang Ekonomi DPP Perhimpunan Bravo-5 ini, mengutip Umar bin Khattab.

Salah satu Ketua DPP Aliansi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Indonesia (Apperti) itu menyertakan foto kenangan bersama kedua orangtuanya semasa hidup.

"Terima kasih yang tak terhingga untuk Mami atas segala kasih sayangmu kepada anak-anakmu, Allah telah menyiapkan istana di surga untuk Mami bersama Papi tercinta", menyampaikan pula ucapan selamat Hari Ibu, "untuk seluruh ibu hebat di Indonesia," tulisnya di laman Facebook.

Unggahan adik bungsu Andi, yang tak lain penggantinya sebagai Rektor IIB Darmajaya, Dr (Cand) Ir Firmansyah Yunialfi Alfian MBA MSc, Minggu pagi, tak kalah magis.

"Keajaiban dalam hidup, adalah terlahir dari rahimmu. Seorang wanita yang telah memberi kami cinta, dan pengorbanan. Selamat Hari Ibu," demikian unggah Firman, sapaan Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Lampung itu.

Rektor PTS terbaik se-Sumbagsel versi Kemenristekdikti 2019, kini tengah berjibaku mensosialisasikan diri sebagai bakal calon walikota Bandarlampung pada pilkada 2020 ini senada, menyertakan foto sang ibu.

Penelusuran hingga Minggu petang, legislator Senayan asal Bumi Ruwa Jurai, anggota DPR dapil Lampung II Ela Siti Maryamah dari Partai Kebangkitan Bangsa, dan Dwita Ria Gunadi dari Partai Gerindra,  belum tampak mengunggah apapun terkait tema Hari Ibu.

Begitu pun anggota DPD dapil Lampung dr Jihan Nurlela Chalim. Kompatriot Jihan, senator Ahmad Bastian menulis, "Jadikan ibumu-asbabmu menemukan pintu surga."

Sejawat mereka, Abdul Hakim, anggota DPD dapil Lampung lainnya, lewat poster digital laman Facebook-nya mengungkapkan, ibu adalah sebuah madrasah, "yang jika kamu menyiapkannya, berarti kamu menyiapkan (lahirnya) sebuah masyarakat yang baik budi pekertinya," eks anggota DPR 2009-2014 dapil Lampung I, pernah dua kali mencalon walikota di Kota Bandarlampung (2005) dan Kota Metro (2010), serta mantan anggota DPRD Lampung 1999-2004 tersebut.

Terpisah, eks anggota DPD dapil Lampung 2014-2019 Dr Andi Surya berbagi ekspresi kebahagiaan merayakan Hari Ibu bersama keluarganya.

"Cukup serangkai kembang, tart dan baloon, memberi bahagia Ibunda... #SelamatHariIbu, (utk anak2ku yang senantiasa ingat bunda-nya)," bunyi postingan Facebook tokoh yang juga bulat tekad bakal ikut bertarung dalam pilkada serentak 2020 Kota Metro itu.

Sayang, Ketua Bidang Perempuan DPD Perhimpunan Bravo-5 Lampung Caroline, belum berhasil dikonfirmasi. Hingga berita ini diturunkan dia belum kunjung membalas pesan WhatsApp redaksi.

Untuk penyelia, redaksi mengutip unggahan seorang warganet pemilik akun Facebook atas nama Nonon. Meski tak terkait dengan tema Hari Ibu, bunyi postingan ekspresifnya cukup buat geli demi siapapun pembacanya.

Penasaran? "Di Hari IBU ini, kita juga harus berterima kasih kepada IBU jari, karena tanpa IBU jari kita akan susah berbalas WA, FB, IG, Twitter, dll. Selamat Hari IBU," tulis dia, disertai foto acungan jempol melengkapinya.

Menutup laporan ini, pesan solidaritas yang sontak mengingatkan pada petuah lama, ibu adalah tiang negara, dihadirkan oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, di dinding linimasa akun ofisialnya, Minggu pukul 19.08 WIB.

"Peran ibu itu penting sekali. Bahkan agama menempatkan ibu sebagai tiang negara. Tanpa peran ibu, negara bisa roboh," unggah Wapres, dengan kolase apik foto sang istri, Wury Estu Handayani, bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, keduanya anggun berkebaya mengapit istri Gibran Rakabuming, Selvi Ananda yang menggendong anak keduanya, La Lembah Manah, cucu ketiga presiden.

Tak luput, Wapres Ma'ruf mengkhaturkan doa terbaiknya. "Semoga kaum perempuan di Indonesia semakin sukses dan berprestasi. Selamat Hari Ibu," kata wakil presiden ke-13 Indonesia, ayah delapan putra-putri, kakek dari Syaikha Aulia ini.(red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages