Arinal Perintahkan Jajarannya Gerak Cepat Bantu Korban Banjir di Semaka - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Jumat, 10 Januari 2020

Arinal Perintahkan Jajarannya Gerak Cepat Bantu Korban Banjir di Semaka


Tanggamus, Harian Koridor.com-Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memerintahkan jajaran Pemprov Lampung bergerak cepat membantu korban banjir di Pekon Way Kerap dan Pekon Sedayu Kecamatan Semaka, Tanggamus, Lampung. Perintah tersebut dilakukan Gubernur usai mendengar adanya banjir di Kecamatan tersebut.
Jajaran terkait segera merespons perintah Gubernur dengan dikomandoi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung Irwan S. Marpaung dan diikuti Kadis Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni, Kadis PSDA Provinsi Lampung Budhi Darmawan, dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Lampung, yang langsunng menuju lokasi bencana pada Jum'at (10/1/2020).

"Kami dari Pemerintah Provinsi Lampung, ada dari Dinas sosial Provinsi Lampung, Kadis PSDA Provinsi Lampung, BPBD Provinsi Lampung turun langsung untuk membantu pemerintah kabupaten dalam meringankan beban masyarakat," jelas Irwan S. Marpaung.

Irwan mengatakan sebelumnya terdapat beberapa titik jalan yang terputus karena banyaknya timbunan material di jalanan. "Saat ini sudah dikerahkan 5 unit alat berat untuk menangani jalan tersebut. Hingga kini, alat yang dikerahkan dipandang cukup. Tapi kondisi sekarang agak lambat, karena alat berat tersebut diangkat dengan 1 unit trailer, sehingga harus pulang pergi untuk menjemput alat berat tersebut," jelasnya.

Irwan berharap peran masyarakat terutama di wilayah Way Kerap agar peduli dengan kelestarian hutan. "Kita tahu bahwa banyaknya timbunan potongan kayu di jalanan disebabkan hutan yang longsor. Itu artinya masyarakat menebang kayu dengan kategori sembarangan sehingga menimpa diri sendiri. Untuk itu, diharapkan masyarakat dapat peduli dan turut menjaga kelestarian hutan," jelas Irwan.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni menjelaskan pihaknya menyerahkan bantuan berupa makanan siap saji, perlengkapan dapur, tenda gulung, selimut, dan perlengkapan keluarga (pakaian dan perlengkapan mandi). "Dinas Sosial Provinsi Lampung turun langsung membawa bantuan guna membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat bencana ini," jelasnya.
Sementara itu, Kadis PSDA Provinsi Lampung Budhi Darmawan mengatakan dirinya mendapatkan perintah dari Gubernur Arinal untuk melihat kondisi terkini pasca banjir di Pekon Way Kerap dan Pekon Sedayu Kecamatan Semaka.

"Saat ini kami sedang koordinasi dengan Dinas PU Tanggamus, Polres, Pemkab Tanggamus untuk mengumpulkan data terkait kejadian semalam," jelas Budhi.
Menurut Budhi, pihaknya juga membawa tim untuk menginventarisir, terutama keadaan di sungai Semaka. "Sementara ini, kita lihat kondisi di jalan ada beberapa titik yang tertutup longsor.

Saat ini sedang ditangani Pemkab dan Balai Besar Jalan dan Balai Besar Air untuk mengatasi titik terjadinya longsor," jelasnya.

Setelah ini, lanjut Budhi, pihaknya juga akan melihat Sungai Semaka untuk melihat pendangkalan dan rencana pembuatan tanggul atau perkuatan tebing.
"Terkait alat berat, kami juga sudah menawarkan alat berat untuk dikirim ke sini, tetapi Dinas PU Tanggamus menyatakan bahwa alat sudah cukup. Mereka memiliki 5 alat berat, dan akan ada tambahan 5 unit alat berat dari balai besar wilayah sungai. Saat ini di lokasi terdapat 3 alat besar, dan sisanya dalam perjalanan," jelas Budhi.

Dalam kesempatan yang sama, Korwil Tagana Tanggamus Ruhan menjelaskan bahwa banjir terjadi karena Sungai Semaka meluap akibat intensitas hujan yang tinggi sejak Kamis (9/1) sore pada pukul 18.30 WIB.

"Setelah mendapatkan informasi kami langsung menurunkan tim ke sini hingga pukul 1 malam, dan pagi ini kami bergerak kembali. Jalan-jalan sudah mulai terbuka, kami memmbantu membuka akses jalan, dengan kerjasama TNI/Polri, masyarakat, dan pihak lainnya," jelasnya.

Sampai saat ini, jelas Ruhan, belum ada informasi akan adanya korban jiwa dari bencana ini. "terdapat dua titik terjadinya bencana banjir yaitu pekon sedayu dan pekon way kerap. Sementara beberapa pekon lainnya terkena dampak dari banjir tersebut," pungkasnya. (red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages