Kadis Perpustakaan Lampung Resmi Buka Diklat Calon Kepala Perpustakaan Sekolah - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Kamis, 23 Januari 2020

Kadis Perpustakaan Lampung Resmi Buka Diklat Calon Kepala Perpustakaan Sekolah


Bandar Lampung, Harian Koridor.com-Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Provinsi Lampung, Ferynia membuka secara resmi sekaligus memberikan materi terkait Kebijakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung pada acara Diklat Calon Kepala Perpustakaan Sekolah, di Hotel Kurnia 2 Bandarlampung, Kamis (23/01/2020) Malam.
Ferynia menjelaskan perpustakaan merupakan wahana belajar sepanjang hayat. Dalam pembangunan, Perpustakaan berperan guna meningkatkan minat baca dan sebagai penyedia sumber belajar, mempromosikan pemahaman dan kesadaran antar budaya dalam lingkup nasional.

"Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, terus melakukan upaya untuk mampu meningkatkan kualitas dan kapasitas perpustakaan sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat, meningkatkan budaya baca masyarakat, dan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial," jelas Ferynia.

Adapun berbagai upaya tersebut, lanjutnya, diantaranya melakukan kerjasama dengan PKK dalam sosialisasi kegemaran minat baca sejak dini melalui Posyandu dan PAUD, Kerjasama dengan Perguruan Tinggi di Lampung, serta kerjasama terkait Perpustakaan keliling di PKOR Wayhalim dan Taman Gajah.

Selain itu, lanjut Ferynia, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung juga terus melakukan penambahan buku untuk meningkatkan sumber informasi dan minat baca bagi masyarakat. "Pada tahun 2019 jumlah buku sekitar 64.230 judul dan 176.386 eksemplar. Dan ini lebih besar dari tahun 2018 yang hanya sekitar 62.499 judul, dan 174.076 eksemplar. Dengan adanya penambahan ini, diharapkan mampu menambah sumber informasi dan minat baca bagi masyarakat," jelasnya.

Adapun upaya lainnya yang telah dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung diantaranya Pengukuhan Bunda Literasi Provinsi Lampung, program pengembangan dan pembinaan perpustakaan serta kearsipan, pembinaan perpustakaan desa/sekolah, diklat/bimtek/sosialisasi, melakukan koordinasi dengan Perpusnas RI dan ANRI. 

"kemudian melakukan program kualitas pelayanan informasi e-library, perpustakaan keliling dan Car Free Day, motor perpustakaan keliling, layanan terpusat perpustakaan sekolah, serta melakukan promosi dan road show perpustakaan," pungkasnya.(rls). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Pages