Kalapas Way Kanan Syarpani, Terima Gelar Adat ‘Sutan Mangku Negara’ - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Senin, 27 Januari 2020

Kalapas Way Kanan Syarpani, Terima Gelar Adat ‘Sutan Mangku Negara’


Way Kanan, Hariankoridor.com-Lima hari setelah resmi menjabat, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Way Kanan  melaksanakan upacara Begawi Adat Lampung, di Sesat Agung Kampung Karangan, Kecamatan Bumi Agung, Sabtu (25/01/2020).
Begawi atau yang kerap disebut dengan istilah lengkap Begawi Cakak Pepadun merupakan upacara adat masyarakat Lampung untuk memberikan gelar adat kepada seseorang. Adapun masyarakat etnis atau suku bangsa Lampung yang melaksanakan begawi adalah yang berasal dari kelompok adat Lampung Pepadun.


“Iya benar, saya baru saja menerima gelar kehormatan ‘Sutan Mangku Negara’, dan isteri saya Sutan Raja yang Ngator setelah melalui proses yang panjang,” ujar Syarpani, yang merupakan Putera Way Kanan yang baru lima hari memimpin Lapas ditanah kelahirannya.

Syarpani menyampaikan bahwa Begawi bertujuan untuk memberikan gelar kepada pasangan pengantin yang melangsungkan pernikahannya. Dalam pelaksanaannya, Begawi diwarnai dengan berbagai prosesi mulai dari peragaan pencak silat, penyembelihan hewan, pemberian gelar atau cakak pepadun dan tarian Cangget, tarian cangget yaitu tarian yang diikuti oleh bujang gadis, 1 rumah mewakili sepasang bujang gadis untuk ikut acara cangget agung, setelah itu bujang gadis di jemput oleh penglaku (panitia) untuk ke sesat agung (rumah adat) setelah bujang gadis semua berkumpul dan menari satu persatu, talo dibunyikan dan petasan pun di bunyikan cangget agung berlangsung hingga pagi hari.

“Semua proses telah dijalani, semoga amanah pemberian gelar ini bisa kami jaga dalam rangka melestarikan budaya adat lampung,” harap Putra pertama dari Bapak Arjon asal Kampung Karangan ini.


Sementara itu, Tokoh adat sebagai Pengelaku Tiuh, Ismail Glr Ndika Bangsawan mengharapkan agar Syarpani sebagai sosok anak muda kebanggan tanah kelahiran dapat menjadi motivator bagi yang lain.

“Semoga Sutan Mangku Negara (Syarpani) dapat menggugah anak muda yang lain dalam membangun tanah kelahiran serta melestarikan budaya adat lampung,” tutupnya yang diaminin oleh Penyimbang Marga Abidin Glr Sutan Riya Ratu Pangeran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages