Ajang Tali Silaturrahmi Perkuat Sinergisitas Wartawan Mitra Polres Metro - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Kamis, 13 Februari 2020

Ajang Tali Silaturrahmi Perkuat Sinergisitas Wartawan Mitra Polres Metro


Metro, Harian Koridor.com-Kepolisian Resor (Polres) Kota Metro, menggelar Silaturahmi  bersama sejumlah wartawan baik itu media cetak, elektronik dan media On Line, Kamis (13/2/2020).
Kegiatan Coffe Morning ini, untuk memperkuat sinergisitas yang berkesinambungan antara wartawan dengan Polres Kota Metro. Turut hadir Kapolres Metro.AKBP Retno Prihawati, bersama jajarannya.

Kapolres Metro, juga mengungkapkan bertempat di Aula SS Polres Metro, saat ini manajemen media dinilai sangat penting untuk untuk bekerja sama dengan, institusi Polri. Karena melalui media, kegiatan Polri dapat diinformasikan pada masyarakat dengan cepat dan akurat.

Menurutnya meski, tanpa disorot media pada dasarnya Polres Metro, tetap bekerja sesuai dengan fungsinya. Namun, keberadaan media haruslah tetap netral, dengan mengedepankan azas keadilan untuk masyarakat.

"Dalam kesempatan ini, ingin saya gunakan untuk timbal balik. Media sudah banyak membantu kami dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat Kota Metro. Termasuk menghadapi Pilkada Kota Metro  mendatang, saya berharap media bisa tetap menginformasikan berita yang berimbang dan netral,” ungkap AKBP Retno Prihawati

Selain itu, dia berkata. Media di Kota Metro ini, memiliki peran yang strategis untuk mengelola emosi masyarakat. Apalagi perkembangan saat ini banyak media sosial yang turut mendongkrak informasi, sehingga masyarakat dapat lebih mudah menerima berita.

“Media dan sosmed pandai mengola emosi masyarakat. Karena melihat dari satu hal bisa disampaikan dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Ini yang perlu kita satu persepsinya. Agar masyarakat tetap kondusif dan tidak terpecah belah,” imbuhnya lagi

Sementara itu, Ketua PWI Metro, Abdul Wahab. Dalam kesempatan, mengatakan sangat mengapresiasi dan menyambut baik silahturrahmi yang digagas Kapolres Kota Metro. AKBP Retno Prihawati.

"Pada dasarnya, wartawan selalu bermitra dengan pihak mana pun, termasuk Polres Metro, dengan adanya silahturrahmi hari ini, tentunya akan memperkuat lagi hubungan baik, yang sudah terbangun sejak lama,"kata Pimpinan Redaksi Tabik Pun.

Lebih jauh dia berharap, media yang ada di Kota Metro. Secara profesional, siap dan terus membantu tugas tugas kepolisian, utamanya dalam memberi informasi, publikasi yang sesuai dengan fakta dan analisa dilapangan.

"Saya berharap Media dan Polres Kota Metro, terus memperkuat sinergisitas yang saling berkesinambungan, saya berharap momen silahturrahmi ini menjadi perekat kedua belah pihak, sehingga visi besar membangun, dan menyebarkan informasi yang benar untuk kemajuan Kota Metro bisa terwujud,"pungkas Ketua PWI Metro ini.

Sementara itu Kabag Perencanaan Polres Metro. Kompol Suhera Sembiring. Mengatakan, ada satu kutipan dalam sebuah buku “Siapa yang menguasai informasi, dialah yang mampu menguasai dunia”. Begitu pentingnya sebuah informasi bagi seseorang.

Dia mengatakan, seiring perkembangan jaman, media begitu canggih dan mudahnya diakses melalui gadget. Akan tetapi sebagai masyarakat harus mampu memilah mana berita yang benar-benar valid dan bukan informasi hoax. Karena saat ini dicanggihnya media informasi, banyak pula berita hoax.

Ada nilai dan sisi-sisi lain dalam sebuah fakta berita. Dari fakta, dia menilai wartawan sangat mudah untuk membuat sebuah berita, namun ada sisi lain dari fakta tersebut yang mungkin mampu diangkat. Seperti Polisi berhasil menangkap seorang pencuri, berikut dengan barang buktinya.

“Namun ada sisi lain yang bisa diberitakan seperti kenapa pelaku mencuri atau mungkin yang bisa mendorong seseorang mau bertindak jahat,"katanya lagi

Selain itu,  tugas yang sangat penting wartawan, tidak hanya memberitakan pengungkapan kasus atau keberhasilan Polri. Tetapi wartawan juga dituntut untuk membuat tulisan yang menarik dan menginspirasi.

Kompol Sembiring mengharapkan lagi, koordinasi dan komunikasi menjadi hal vital dalam menjalin kerjasama antara pihak kepolisian dengan wartawan. Untuk itu, kegiatan silaturahmi  antara wartawan dan Polres Kota Metro, dinilai sangat penting dan perlu diagendakan kembali dan berkelanjutan.(Husni).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages