Batalyon A Pelapor Satuan Brimob Polda Lampung Laksanakan Penanaman Rumput Vetiver - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Jumat, 21 Februari 2020

Batalyon A Pelapor Satuan Brimob Polda Lampung Laksanakan Penanaman Rumput Vetiver


Bandar Lampung,Harian Koridor.com-Batalyon A Pelepor Satuan Brimob Polda Lampung melaksanakan kegiatan penanaman rumput Vetiver.

Di di Wilayah Desa Gunung Doh Kecamatan Bandarnegri Seminggu dan di Pekok Sedayu kecamatan Semakin, Tanggamus, jumat (21/2/2020)
Kegiatan dipimpin Wadanyon A Pelopor AKP.Sugeng Sumanto SE.MH beserta PJU Batalyon A Pelopor Dan Anggota Yon A Pelopor Brimobda Polda Lampung

Acara Penanaman Rumput Vetiver di hadiri , Kepala DinasLingkungan Hidup Bpk. M.Gilas Kurniawan,Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup Bapak Kemas Amin Yuspi ,Staff PU Bapak Suhairi,
Kepala Pekok Ibu Herliyati, dan
Kepala Desa Gununh Doh kec Bandar Negeri Semong.Ibu Basaria

Kegiatan Penanaman rumput vetiver ini selain bertujuan untuk penghijauan akan tetapi banyak juga manfaat yang di hasilkan rumput ini seperti mencegah erosi, longsor di tebing tebing dan pingiran sungai.

Rumput Vetiver ini punya banyak sekali keistimewaan diantaranya mudah hidup di cuaca ekstream suhu dingin maupun panas. 

Banyak sebagian orang memanfaatkan tanaman rumput Vetiver ini untuk mencegah terjadinya longsor atau pengikisan tebing tebing tanah.

Rumput Vetiver jika ditanam di lereng-lereng keras dan berbatu ujung-ujung akar Vetiver dapat masuk menembus dan menjadi seperti jangkar yang sangat kuat.

Cara kerja akar rumput Vetiver ini seperti besi kolom yang masuk ke dalam menembus lapisan tanah.

Dan pada saat yang sama menahan partikel-partikel tanah dengan akar serabutnya. Kondisi seperti ini dapat mencegah erosi yang disebabkan oleh angin dan air sehingga Vetiver dijuluki sebagai kolom hidup.

Masyarakat Di di Wilayah Desa Gunung Doh Kecamatan Bandarnegri Seminggu dan di Pekok Sedayu kecamatan Semakin, Tanggamus, menyambut  baik penanaman rumput Vetiver  ini dan  Masyarakat berharap.

Agar kegiatan positif semacam ini bisa lebih di tingkatkan untuk mengurangi dampak bencana alam seperti tanah longsor dan banjir,"kata mereka.

Sementara itu Wadanyon A Pelopor AKP Sugeng  Sumanto  SE, MH Mengatakan penanaman rumput Vetiver untuk mencegah terjadinya longsor.

Dan banjir sebab di Tanggamus ini banyak terdapat area kritis rawan bencana alam Banjir.

“dan Hal ini sejalan dengan Program dari korps brimob tentang ops Aman Nusa II Berkaitan dengan bencana alam  dengan menanam berbagai jenis tanaman seperti Rumput Vetiver dapat membantu mencegah terjadinya banjir yang dapat merugikan banyak pihak,” Tegas dia.(red). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages