Bupati Adipati Pimpin Musrenbang di Kecamatan Gunung Labuhan - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Rabu, 26 Februari 2020

Bupati Adipati Pimpin Musrenbang di Kecamatan Gunung Labuhan


Way Kanan, Harian Koridor.com-Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya S.H.,M.M. menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Tahun 2020 di kecamatan Gunung Labuhan, Rabu (26/02/2020).

yang juga di hadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang  Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Tonis, S.H. Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Kussarwono, M.T, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Drs.Rudi Joko Kurnianto, S.H, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Drs. Achmad Gantha, LN’g, M.M, Kepala dan Unsur Dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tergabung dalam TIM I musrembang, Camat Gunung Labuhan Radiuyus Oktorisa, S.STP Beserta Jajaranya.

Musrenbang Tingkat Kecamatan Ini Dimaksudkan, Menampung Usulan Atau Aspirasi Masyarakat yang bersumber dari musrenbang kampung. Untuk Menjadi Bahan Acuan Kedalam Usulan Program Kegiatan di Tahun 2021.

Diawali dengan paparan Camat Gunung Labuhan mengenai masalah-masalah utama Kecamatan, dilanjutkan dengan mendengarkan arahan Wakil Bupati Edward Antony tentang Prioritas dan Sasaran Pembangunan Daerah di Kecamatan yang telah dirumuskan dalam Rancangan Awal RKPD  yang dikelompokkan menurut Perangkat Daerah sesuai dengan Tugas dan Fungsi masing-masing.

Pada Kesempatan Tersebut Bupati Adipati Menyampaikan Hasil Capaikan Kinerja Selama 4 Tahun Kepemimpinannya Bersama Dr. Drs H. Edward Antony M.M. Selaku Wakil Bupati, Baik Di Bidang Tata Kelola Pemerintahan, Peningkatan Kualitas Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan, Per-Ekonomian, Pertanian, Perdagangan, Keamanan, Kesejahteraan Masyarakat,Penanggulangan Bencana Dan Lain-Lain Sesuai Visi-Misi Way Kanan Maju Dan Berdaya Saing.

Dalam 4 tahun ini, telah dilakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, hal ini terlihat dari terus membaiknya Indeks Pembangunan Manusia dimana pada tahun 2015 masih berada pada angka 65,18 meningkat menjadi 66,63 pada tahun 2018, dan angka kemiskinan pada tahun 2015 sebesar 14,61% menurun menjadi 13,07% pada tahun 2019.

Pada Kecamatan Gunung Labuhan juga telah dilakukan pembangunan, baik yang didanai oleh dana desa, APBD Kabupaten, APBD Propinsi, maupun dana APBN. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain:

Disektor infrastuktur telah di lakukan Pembangunan Siring Pasang Kampung Banjar Sakti, Pembangunan Siring Pasang Lingkungan Kampung Bengkulu Jaya,Pembangunan Siring Pasang Kampung Bengkulu Tengah, Pembangunan Siring Pasang Lingkungan Kampung Curup Patah, Pembangunan Siring Pasang Dusun 2 Kampung Gunung Labuhan, Pembangunan Siring Pasang Dusun Talang Barokah Gunung Labuhan, Pembangunan Siring Pasang Kampung Way Tuba, Peningkatan Jalan Banjar Ratu Kec. Gunung Labuhan – Campang Lapan Kec. Banjit, Peningkatan Jalan Kandau Ilir Kampung Banjar Ratu – Dusun II Kampung Banjar Sakti, Peningkatan Jalan Lingkungan Kampung Bengkulu, Peningkatan Jalan Pekuluran – Kahuripan Kampung Bengkulu, Pemeliharaan Jalan Bengkulu – Tiuh Balak II (Kayu Liak).

Dibidang pendidikan telah dilakukan Rehabilitasi Ruang Kelas SDN 02 Banjar Ratu,Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) SDN 01 Bengkulu Rejo(2 Lokal),Rehablitasi Ruang Belajar SDN 01 Curup Patah, Rehabilitasi Ruang Belajar SDN 01 Gunung Labuhan, Pembangunan Perpustakaan SMPN 5 Gunung Labuhan, Pembangunan Jamban SMPN 2 Gunung Labuhan, Rehabilitasi Ruang Kelas SMP Negeri 1 Gunung Labuhan, Rehabilitasi Ruang Perpustakaan SMP Negeri 2 Gunung Labuhan.

Pada kesejahteraan sosial antara lain Bantuan  7 KUBE berupa  1 ekor kambing pejantan dan 3 ekor kambing betina  peranakan etawa di Kampung Bengkul, Banjar Ratu, Sukarame, Bengkulu Tengah, Kayu Batu,Bantuan Rehab Rumah Rakyat (R3) 3 RT sasaran di Kampung Bengkulu Rejo, Way Tuba, Curup Patah, Bantuan alat-alat perbengkelan bagi eks penyandang disabilitas mental, Pengadaan Alat bantu disabilitas berupa kursi roda, kaki palsu. di Kampung Bengkulu Jaya, Suka Negeri, Gunung Labuhan, Bantuan Sembako Kepada Lanjut Usia terlantar di Kampung Gunung Labuhan Kec. Gunung Labuhan, Penerima PKH Kec. Gunung Labuhan  s/d tahun 2019 berjumlah 1.991 KPM, Bantuan Pangan Non Tunai di Kec. Gunung Labuhan 2.911 KPM.

Bupati Adipati pada kesempatan tersebut juga menyampaikan Apa yang telah dicapai saat ini perlu terus kita tingkatkan, dan melalui Musrenbang Kecamatan kali ini  kita akan menjaring aspirasi dari pemangku kepentingan yang ada di Kecamatan Negeri Besar untuk membahas perencanaan tahun anggaran 2021 yang merupakan masa transisi RPJMD 2016-2021.

“Perlu diketahui bahwa beberapa tahun terakhir banyak kegiatan mandatori  dari Pemerintah Pusat yang harus kita laksanakan,yang perlu menjadi perhatian kita adalah sinergitas program pemerintah kabupaten dan kampung sangat penting dilakukan untuk  percepatan pembangunan kampung.  Oleh karena itu ke depan  dinas teknis kabupaten dan pemerintah kampung dapat melakukan  kerjasama program pemberdayaan ekonomi rakyat tersebut, pembangunan sosial dan lingkungan hidup” jelas bupati adipati.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan dokumen hasil musrembang kecamatan Gunung Labuhan oleh camat Radiuyus Oktorisa kepada bupati adipati sebagai masukkan dan usulan untuk program kegiatan pemkab way kanan di tahun mendatang.(rls/lud).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Pages