Kepala KSOP Panjang Buka Rangkaian Kegiatan Bulan Bhakti K3 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Selasa, 04 Februari 2020

Kepala KSOP Panjang Buka Rangkaian Kegiatan Bulan Bhakti K3


Bandar Lampung, Harian Koridor.com-Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( K3 ) Nasional merupakan realisasi harapan Pemerintah kepada seluruh lapisan masyarakat, baik masyarakat umum maupun industri, para cendikiawan, organisasi profesi, asosiasi dan lain-lain dapat termotivasi untuk berperan aktif dalam peningkatan pemahaman K3 sehingga tercipta pelaksanaan K3 secara mandiri.
Hal ini dikatakan Kepala KSOP Panjang Andi Hartono, saat membuka acara rangkaian kegiatan bulan bhakti K3 yang diselenggarakan dikantor Ksop Panjang, Senin 3 Januari 2020.

Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Panjang Andi Hartono mengatakan, Sebagai salah satu wujud memasyarakatkan budaya K3 di lingkungan Pelabuhan, KSOP Kelas I Panjang beserta seluruh Insan Maritim Provinsi Lampung melaksanakan berbagai kegiatan guna menyongsong bulan K3 Nasinal tahun 2020.

” salah satunya Lomba Yel-yel K3 sekaligus lomba Pemadaman Kebakaran yang dilaksanakan pada hari ini ” Ujar Andi.

Disamping kegiatan ini, sambung Andi, berbagai rangkaian kegiatan berupa seminar, loka karya, workshop pameran hingga simulasi K3 akan kita gelar yang puncaknya akan dideklarasikan bersamaan dengan Upacara Bulan K3 Nasional pada tanggal 11 Februari 2020 mendatang.

” Pada kesempatan yang baik ini, saya atas nama pribadi maupun institusi mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang berkontribusi  dalam  pelaksanaan Bulan K3 Nasional ini, sehingga diharapkan seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan baik ” ujarnya.

Lahirnya bulan K3 Nasional, lebih lanjut Andi menjelaskan, merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pelaksanaan aspek keselamatan dan kesehatan di tempat kerja yang Berpedoman pada Undang-undang No. 21 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja yang telah disahkan pada tanggal 12 Januari 1970 atau 50 tahun yang lalu, sehingga tahun 2020 ini telah memasuki Tahun Emas.

” Tujuan implementasi K3 tidak hanya melindungi pekerja dari kecelakaan dan resiko lain secara preventif, namun juga menjamin sumber dan proses kegiatan dijalankan secara aman dan efisien ” jelasnya.

Lebih jauh, dalam era Globalisasi saat ini, peningkatan aspek K3 di tempat kerja menjadi salah satu indikator kesiapan sumber daya manusia dalam menghadapi revolusi industri yang kian pesat.

” Tingginya tingkat pemahaman dan kesadaran akan K3 menjadi salah satu tolok ukur SDM yang kompeten. Untuk itu, pemerintah telah menetapkan tema peringatan bulan K3 Nasional Tahun 2020 yaitu “Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3 pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi ” pungkasnya (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages