Maret 2020, PWI Kembali Gelar UKW - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Selasa, 18 Februari 2020

Maret 2020, PWI Kembali Gelar UKW


Bandar Lampung,Harian Koridor.com-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 27-28 Maret 2020.

UKW angkatan XXII itu akan diselenggarakan di Balai Wartawan Solfian Ahmad, Jalan Ahmad Yani, Tanjungkarang Pusat.

Ketua Pelaksana kegiatan Andi Panjaitan mengatakan, UKW kali ini akan difokuskan terhadap wartawan yang meliput di lingkungan pemerintah provinsi (Pemprov) Lampung. “Kebetulan PWI ada kerjasama dengan Pemprov, sehingga kami fokuskan UKW kali ini untuk wartawan yang kesehariannya bertugas di sana,” ujar Andi, usai rapat di kantor PWI, Selasa (18/2/2020).

Sehingga kedepan, wartawan yang bertugas meliput di lingkungan pemprov dapat meningkatkan kualitas tulisannya sebagai mitra kerja pemerintah daerah.

Kali ini, PWI merencakanan UKW diikuti 30 peserta yang terbagi untuk kelas Muda, Madya maupun Utama. Menariknya, sekitar lima puluh persen wartawan yang ikut akan digratiskan. “Insya Allah, sekitar lima belas peserta akan digratiskan,” kata Kepala Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) PWI Lampung itu.

Menurut Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian, UKW merupakan program rutin guna meningkatkan profesionalitas wartawan di Bumi Ruwa Jurai.

Hal itu juga sejalan dengan program PWI Pusat yang mengutamakan pendidikan bagi wartawan.

Kendati demikian, Supriyadi berpesan kepada seluruh panitia UKW agar lebih selektif dalam memilih peserta. Sehingga nantinya kinerja wartawan tersebut bisa dipertanggungjawabkan setelah lulus.

“Siapapun yang ingin ikut silahkan. Dengan catatan, dia harus aktif liputan di Pemprov Lampung selama ini,” jelas Bang Yadi—sapaan akrab Supriyadi Alfian.

Menurut dia, program gratis biaya UKW itu untuk memfasilitasi wartawan yang ingin berkompeten, namun terbentur dengan biaya pendaftaran. ”Jadi, ini wujud kepedulian PWI agar jumlah wartawan di Lampung yang berkompeten terus bertambah,” ujarnya.

Sementara, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Lampung Wirahadikusumah mengatakan, persiapan jelang kegiatan telah dilakukan. Untuk jumlah peserta, kuota yang disediakan adalah 30 orang. Karenanya, 15 peserta akan digratiskan biaya pendaftarannya.

”Namun tidak menutup kemungkinan kuota ditambah menjadi 60 peserta terbagi menjadi dua angkatan. Bergantung jumlah pendaftarnya nanti,” kata dia.

UKW sendiri, terus dia, akan dibuka menjadi tiga kategori. Yakni Muda dengan biaya pendaftaran sebesar Rp1.250.000,  Madya (Rp1,5 juta), dan Utama (Rp2.250 juta). ”Sama seperti tahun lalu, UKW akan digelar selama tiga hari. Hari pertama digelar Pra UKW, kemudian dua hari berikutnya pelaksanaan ujian,”jelasny.(*).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Pages