Direktur Bina Potensi Basarnas Resmi Buka Pelatihan Potensi SAR - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Jumat, 13 Maret 2020

Direktur Bina Potensi Basarnas Resmi Buka Pelatihan Potensi SAR


Lamsel, Harian Koridor.com-Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Lampung menyelenggarakan pembinaan terhadap potensi Pencarian dan Pertolongan (SAR) dengan materi pertolongan di permukaan air.

Kegiatan yg akan berlangsung dari tanggal 13 hingga 18 Maret 2020 mendatang dibuka secara resmi hari ini Jumat (13/3/2020) oleh Direktur Bina Potensi Basarnas Ketut Parwa, S.H., M.M. di Kantor Basarnas Lampung Jl. Alamsyah Ratu Prawira Negara Km. 27 Branti. Peserta dalam pelatihan potensi SAR ini berjumlah 50 orang, berasal dari instansi dan organisasi berpotensi SAR di Kota Bandar Lampung dan sekitarnya yakni SAR LANAL Lampung, SAR Dit. Polair Polda Lampung, SAR Brimob Polda Lampung, SAR Dit Samapta Polda Lampung, SAR Dinas Perhubungan Prov. Lampung, RAPI Lampung, Senkom Mitra Polri Prop Lampung, SAR LP3UI Lampung, Al Fatah Rescue, Vertical Rescue Lampung, Koral Lampung, PMI Prop Lampung, Pramuka Peduli Prop Lampung, Survival Skil Indonesia Chp. Lampung, Watala Lampung, SAR Medis Malahayati, MAHARIPAL UIN Lampung, Club Selam Polinela, Rumah Zakat Rescue, LAZNAS Dakwah Lampung, ACT Rescue Lampung, One Care Lampung, dan Escorting Ambulance Lampung.
Pelatihan ini dilaksanakan di Mako Basarnas Lampung untuk materi kelas, Kolam renang Yonif 143 dan Pantai Duta Wisata untuk sesi praktik.

Direktur Bina Potensi Basarnas I Ketut Parwa, S.H., M.M.. Dalam pesannya menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pertolongan di permukaan air, sehingga peserta dpt membantu Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan secara cepat, tepat, aman, terpadu dan terkoordinasi.
“Melalui pelatihan tehnik pertolongan di permukaan air ini saya berharap dapat menghasilkan output peserta yang memiliki kompetensi nyata dan dapat dipertanggungjawabkan, serta memiliki semangat kemanusiaan untuk memberikan pelayanan jasa di bidang SAR seoptimal mungkin.” ujarnya. 

Di waktu yg bersamaan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung Bp. Jumaril, S.E., M.M. menjelaskan,kepada pihak media bahwa keberadaan Basarnas di tempat wisata Propinsi Lampung baru sebatas pada saat ada even2 tertentu, dikarenakan jumlah personil dan peralatan yg terbatas.

Namun jalur koordinasi tetap terjalin terus denga pihak pengelola wisata sehingga bila terjadi hal emergency Basarnas siap diturunkan," ujarnya.(rls). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages