Lapas Way Kanan Gelar Pelatihan Budidaya Bebek Petelur Bagi Narapidana - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Selasa, 03 Maret 2020

Lapas Way Kanan Gelar Pelatihan Budidaya Bebek Petelur Bagi Narapidana


Way Kanan, Harian Koridor.com-Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas Sumber Daya Manusia ( SDM) Narapidana, Lapas Kelas II B Way Kanan melakukan program pembinaan kemandirian narapidana dengan melakukan pendidikan dan pelatihan bidang pertanian dan peternakan budidaya bebek petelur dengan menggandeng Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Way Kanan.Demikian disampaikan oleh Kepala Lapas Kelas II B Way Kanan, Syarpani saat melaksanakan perjanjian kerjasama di Aula DR. Sahardjo Lapas. Selasa (3/3/2020).
"Iya benar, pagi ini kami menggandeng Dinas Peternakan Kabupaten Way Kanan melalui kerjasama pembinaan kemandirian, pendidikan dan pelatihan bidang pertanian dan peternakan unit budidaya bebek petelur," ungkap Syarpani.

Harapan kami, setelah bebas para warga binaan telah memiliki bekal untuk menciptakan lapangan kerja sehingga menjadi manusia produktif,” harap Syarpani.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Way Kanan, Maulana sangat mengapresiasi program pembinaan kemandirian narapidana ini.

" Saya sangat apresiasi inovasi Kalapas Pak Syarpani,  karena kegiatan ini merupakan bentuk pengembangan kreativitas narapidana supaya mempunyai akitivitas yang menghasilkan bagi narapidana itu sendiri," terangnya.

" Pihak kami nantinya akan memberikan pelatihan bagaimana menjadi peternak yang baik dan benar, cara perawatan, pencegahan penyakit, kemudian melakukan langkah-langkah guna mencapai target produksi yang akan di capai, " ujarnya.

" Kerjasama tidak hanya ini saja, kita akan rintis juga bidang pertanian seperti sayur sayuran, lapas siapkan lahan nanti tim kami akan melatih”,  pungkas Maulana.

Di tempat yang sama, salah seorang narapidana YT (37) mengaku sangat senang mendapat pelatihan budidaya bebek petelur.
“Alhamdulillah senang sekali bisa menambah ilmu dan pengalaman. Jadi kalau bebas nanti bisa ternak bebek” ujarnya.

Berbagai kerjasama telah dilaksanakan Lapas Way Kanan dalam 1 bulan terakhir diantaranya kerjasama Pendidikan Paket A, B dan C bagi Narapidana kerjasama dengan PKBM Flamboyan Way Kanan serta kerjasama Pembinaan Kerohanian dengan mendirikan Pondok Pesantren AT-Taubah  menggandeng tiga lembaga keagamaan.(ludi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages