HPN PWI Pringsewu Gelar Pendidikan Jurnalistik - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Senin, 02 Maret 2020

HPN PWI Pringsewu Gelar Pendidikan Jurnalistik


Pringsewu, Harian Koridor.com-Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2020, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pringsewu menggelar rangkaian kegiatan salah satunya pendidikan dasar jurnalistik dan sosialisasi lalulintas. Kegiatan tersebut dipusatkan di SMK Negeri 1 Sukoharjo dengan menggandeng Sat Lantas Polres Pringsewu, Senin (2/3)

Acara diawali dengan upacara bendera dan bertindak sebagai pembina upacara Ipda Herman selaku KBO Lantas Polres Pringsewu. Dalam pesannya, Ipda Herman meminta para pelajar untuk tertib berlalu lintas, menjauhi kenakalan remaja, karena para pelajar merupakan generasi penerus bangsa.

"Melalui sosialisasi ini kami berharap para pelajar semakin meningkatkan kesadaran para untuk mematuhi aturan lalu lintas saat berkendara di jalan raya," ujar Ipda Herman.

Selesai upacara, sosialisasi tertib lalu lintas dan pendidikan jurnalistik dilakukan di dalam ruang kelas. Dalam kesempatan tersebut, Ipda Herman mensosialisasikan materi UU No. 22 Tahun 2009, yaitu pencegahan kecelakaan dan sosialisasi Transportasi Sehat Merakyat (TSM).

"Tujuannya agar pelajar memahami tata cara berlalu lintas yang baik sehingga tercipta keselamatan dijalan, dan angka kecelakaan menurun dan pelajar memahami TSM," ujarnya dengan didampingi Kanit Laka Polres Pringsewu, Aiptu Wahyudi.

Setelah itu, pelatihan dasar jurnalistik oleh PWI Pringsewu dengan memberikan materi - materi dasar jurnalistik. Seperti, teknik penulisan berita 5 W + 1 H, teknik wawancara. Kemudian pemapran tentang media TV.

Ketua PWI Pringsewu Budi Karyadi mengatakan, pihaknya secara berkesinambungan memberikan pelatihan dasar jurnalistik, baik itu SMA/SMK/MA dan sederajat hingga perguruan tinggi di Kabupaten Pringsewu.

"Memberikan pemahaman jurnalistik kepada siswa itu sangat penting, agar siswa bisa memahami bagaimana dinamika dalam penulisan sebuah berita dan bisa membedakan mana berita hoax atau bukan," Tuturnya.

Sementara itu Waka Kesiswaan SMK N 1 Sukoharjo Putra Irawan mengaku kegiatan hari ini diikuti 42 siswa/i dari berbagai unsur, seperti OSIS, Pramuka, PIK dan ekstrakulikuler sinematrografi.

"Melalui pelatihan jurnalistik diharapkan dapat memberikan bekal siswa dalam menulis yang nanti bisa dikembangkan menjadi sebuah karya. Kemudian melalui sosialisasi tertib lalulintas, para siswa lebih terbit lagi berlalu lintas," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HPN Tutor Manalu mengatakan kegiatan hari ini merupakan rangkaian peringatan HPN 2020 PWI Pringsewu. Dilanjutkan dengan Mancing Bersama pada Minggu 8 Maret 2020 di Kolam Pemancingan Ibnu Pandu Pekon Tambahrejo, Gadingrejo.

"Puncak acara digelar 15 Maret 2020 di Area Nggruput geruput Jalur dua Pemda Pringsewu dengan kegiatan penanaman pohon di bantaran sungai Way Bulok, senam sehat, cek kesehatan gratis serta potong tumpeng," Jelasnya.(reza).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Pages