Tim Robot UBL Berhasil Rebut Juara Olimpiade Robot Teknik Mesin Se-Sumatera 2020 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Selasa, 03 Maret 2020

Tim Robot UBL Berhasil Rebut Juara Olimpiade Robot Teknik Mesin Se-Sumatera 2020


Bandar Lampung, Harian Koridor.com-Mahasiswa Universitas Bandar Lampung (UBL) berhasil membawa pulang lima medali dalam Olimpiade Robot Teknik Mesin Se-Sumatera 2020, yang diadakan pada 27-28 Februari 2020, di Universitas Bengkulu. 

2 medali emas dan 3 medali perak berhasil  diborong oleh mahasiswa UBL. Medali emas pertama diraih oleh Tim Lampung Technology pada Kategori Robot Kreatif, dengan anggota Multami Mulala dari program studi (prodi) Informatika, serta Jeriko Adnantio, dan Miftahul Khoer Prodi Teknik Mesin. Lalu medali emas kedua oleh Tim UBL Research Technology pada Kategori Robot Maze Strategy, dengan anggota Arif Rahman, Rofik Khusnul Latifah, dan Fersa Anderson dari Prodi Informatika.

Pada perolehan medali perak, diraih oleh Tim Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMTM) UBL, untuk Kategori Maze Point Terbanyak, dengan anggota Nur Yasin, Fathur Cakra, Batara, Prodi Teknik Mesin.

Kemudian diraih juga oleh Kusut Team untuk kategori Robot Maze Pemula, dengan anggota Ahmad Agung Pratama, Faisal Rais, Rangga Dwi Setra, Prodi Teknik Mesin.

Serta tim terkhir yakni Tim Garuda untuk kategori Robot Maze Tercepat, dengan anggota Ruth Febrian Sianturi, dan Javandra Savinsaka Prodi Informatika, serta Rio Febriyansyah Prodi Teknik Mesin.

Dosen Pendamping, Riza Muhida, Ph.D., memaparkan salah satu kualifikasi penilaian perlombaan pada Kategori Robot Maze Strategy.

“Pada Kategori Robot Maze Strategy, robot milik setiap tim diharuskan untuk melewati dan mengikuti garis , serta simpangan, dari mulai start sampai finish.

Untuk penilaiannya dilihat dari jumlah simpangan yang dilalui dan kemampuan mencapai garis finish sesuai dengan waktu yang ditentukan,” papar Riza saat diwawancara, Senin (02/03/2020).

Ahmad Agung Pratama, mewakili tim robot ini  sangat bersyukur atas perolehan prestasi ini, karena semua perwakilan UBL mampu pulang membawa medali.

“Alhamdullilah dari Tim Prodi Teknik Mesin dan Informatika mampu menjadi juara I.

Tentunya kami berusaha sebaik mungkin mempersiapkan kontes ini dengan melakukan latihan rutin bersama tim di kampus UBL, dari jam 7 sampai jam 10 malam, bahkan sempat sampai jam 3 pagi pada saat menjelang lomba,” ujar Agung, mahasiswa prodi Teknik Mesin.

Rektor UBL, Prof. Dr. Ir. M. Yusuf S Barusman, MBA., saat menerima tim perwakilan robot UBL bersama dengan dosen pembimbing, Muhammad Riza, Ph.D., menyampaikan selamat atas perolehan prestasi tersebut, serta memberikan motivasi dan arahan kepada seluruh mahasiswa terkait perkembangan dunia sains dan teknologi.

"Selamat untuk mahasiswa UBL yang telah meraih prestasi yang membanggakan.

Adanya capaian ini menjadi perhatian yang lebih lagi untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, dengan didukung oleh para dosen yang berkompeten dan berbagai fasilitas penunjang di Lab Mekatronika," pungkas Yusuf, di Ruang Rapat Lantai 3, Gedung Rektorat, Kampus UBL.(*).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages