Cegah Covid-19, Polres Tanggamus Gelar Latpraops Keselamatan Krakatau 2020 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Minggu, 05 April 2020

Cegah Covid-19, Polres Tanggamus Gelar Latpraops Keselamatan Krakatau 2020


Tanggamus, Harian Koridor.com-Polres Tanggamus akan melaksanakan Operasi Keselamatan Krakatau 2020 yang berlangsung mulai tanggal dimulai tanggal 06 April s/d 19 April 2020.

Operasi ini akan mengedepankan fungsi lalu lintas dalam rangka menciptakan kondisi yang kondusif menjelang hari raya idhul fitri tahun 2020 dan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Tanggamus.

Guna memastikan kegiatan itu berjalan dengan baik, sebelum pelaksanaan Operasi terlebih dahulu menggelar Latihan Pra Operasi atau biasa disingkat Latpraops.

Latpraops itu dipimpin Waka Polres Tanggamus Kompol MN. Yuliansyah, SH. MH didampingi Kabag Ops Kompol Bunyamin, SH. MH di Aula Wirasatya, Sabtu (4/4/20).

Pesertanya, Kasat Intelkam AKP Samsuri, SH. MH, Kasat Lantas AKP Yuniarta, SH. MH dan sejumlah personel yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Krakatau 2020 Polres Tanggamus.

Namun ditengah pademi corona ini, sebelum memasuki ruangan, Wakapolres Kompol MN. Yuliansyah langsung memandu langsung personelnya guna melaksanakan penyemprotan tangan menggunakan handsanitizer yang telah disiapkan.

Selanjutnya, setelah memasuki ruangan kembali dilaksanakan standar operasional prosedur (SOP) pencegahan Covid-19 dengan physical distancing yakni dengan duduk dengan jarak 1 meter yang disekat oleh 1 kursi yang biasanya digunakan.

Wakapolres Kompol MN. Yuliansyah mengatakan bahwa sebagai langkah persiapan untuk melaksanakan Ops Keselamatan Krakatau 2020 dengan sasaran meliputi turunnya angka kecelakaan dan terwujudnya kepatuhan dan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas.

Menurutnya, seluruh personel yang terlibat juga harus memahami bagaimana melakukan upaya pencegahan penyebaran dan Covid-19 dalam Operasi nantinya.

“Dalam pelaksanaan operasi keselamatan kali ini, personel harus lebih memahami bahwa dalam rangkaian kegiatan juga akan lebih banyak melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pencegahan penyebaran guna memutus mata rantai Covid-19,” kata Kompol MN. Yuliansyah usai kegiatan.

Ditambahkannya, dalam operasi Keselamatan ini menitik beratkan himbauan dan penyuluhan masyarakat serta tidak adanya target tilang, kecuali yang membahayakan keselamatan umum.

Ditempat sama Kasat Lantas AKP Yuniarta, SH menambahkan bahwa sasaran dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Krakatau 2020 meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat mengakibatkan penularan virus corona.

Dikatakannya, adapun target Operasi adalah meliputi orang, lokasi dan kegiatan yang mengedepankan preemtif dan preeventif serta penegakan hukum dengan skala prioritas.

“Sedangkan target khusus kegiatan yang mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Corona, dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta psycal distancing atau jaga jarak serta penyemprotan cairan desinfektan,” kata AKP Yuniarta.

Kesempatan itu, Kasat mengimbau masyarakat agar patuh terhadap Maklumat Kapolri serta himbauan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah.

“Jika mendesak harus keluar rumah menggunakan kendaraan maka patuhi peraturan lalu lintas dan gunakan APD minimal masker. Setelah pulang jangan lupa cuci tangan atau pakai handsanitizer,” himbaunya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages