Hindari Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini, Saat Sahur Biar Nggak Cepat Lapar - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Minggu, 26 April 2020

Hindari Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini, Saat Sahur Biar Nggak Cepat Lapar


Jakarta, Harian Koridor.com-Sebelum berpuasa, umat Muslim disarankan sahur agar tetap kuat beraktivitas seharian selama bulan Ramadhan. Makanan yang dikonsumsi saat sahur tentunya nggak boleh sembarangan.

Saat sahur, kita dianjurkan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan kaya akan serat agar kenyang lebih lama.

Kalau salah pilih makanan, kamu bisa cepat merasa lapar dan membuat tubuhmu lemas. Nah apa saja makanan yang disarankan tidak dikonsumsi saat sahur ya?

1. Makanan manis

Kalau berbuka dianjurkan konsumsi makanan manis terlebih dahulu, saat sahur berbeda ya detikers. Sebaiknya tidak berlebihan mengonsumsi makanan maupun minuman manis saat sahur karena jenis asupan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah. Apabila kadar gula darah meningkat, maka pankreas akan melepas hormon insulin. Ketika insulin dilepas, glukosa bisa turun lagi sampai di bawah normal yang akan menyebabkan orang merasa lemas, capek, dan mudah ngantuk.

2. Roti

Bagi yang sedang program diet, makan roti nampaknya bisa menjadi alternatif pengganti nasi. Pada dasarnya roti terigu dan nasi putih termasuk kelompok karbohidrat sederhana. Hal yang membedakan adalah roti terigu lebih banyak mengalami pengolahan dan lebih halus ketimbang nasi, sehingga karbohidrat yang dikandungnya semakin mudah dicerna menjadi energi.

Semakin banyak proses pengolahan maka semakin cepat perut merasa lapar karena tidak ada cadangan energi dari karbohidrat. Inilah yang menyebabkan mengonsumsi roti membuat orang lebih cepat kenyang tapi juga cepat lapar.

3. Makanan berlemak

Godaan makan ayam goreng atau kentang goreng saat sahur sangat menggoda. Tapi makanan itu mengandung lemak jenuh yang menyebabkan masalah pada lambung. Kebanyakan konsumsi makanan berlemak bisa membuat perut begah. Asupan jenis ini juga sebaiknya dihindari pengidap mag.

“Maag atau GERD secara umum harus menghindari makanan yang ketika dia makan akan tinggal lama di lambung dan bikin begah, contohnya makanan yang tinggi lemak. Jadi diusahakan makan makanan yang tidak tinggi lemak,” kata dokter spesialis gizi klinis dari RS Pondok Indah dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK.

4. Makanan pedas

Bagi kalian yang doyan makanan pedas sebaiknya dikurangi saat berpuasa, terutama ketika sahur. Mengonsumsi makanan pedas saat sahur akan membuat perut tidak nyaman karena produksi asam lambung meningkat. Selain itu, makanan pedas juga menyebabkan sakit perut, mulas, bahkan diare. Jika sampai menyebabkan diare, tubuh akan mengalami dehidrasi karena kehilangan banyak cairan.

5. Tinggi kandungan garam

Makanan yang mengandung garam dapat meningkatkan risiko dehidrasi karena kemampuan tubuh menyerap cairan akan terganggu. Bisa-bisa belum jam 12 siang kamu sudah kehausan. Makanan tinggi kandungan garam juga berisiko menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jadi, mumpung sedang puasa, hindari ya terlalu banyak konsumsi garam. (Dtk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages