Bupati Way Kanan Adipati Ikuti Live Streaming Pelantikan Bupati Lamsel - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Selasa, 12 Mei 2020

Bupati Way Kanan Adipati Ikuti Live Streaming Pelantikan Bupati Lamsel


Way Kanan, Harian Koridor.com-Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M hari ini mengikuti Pelantikan Bupati Lampung Selatan diselenggatakan di Balai Keratun Komplek Perkantoran Gubernur Lampung yang disiarkan secara langsung /Live Streaming oleh Pemerintah Provinsi Lampung , Selasa (12/05/2020).

Pada pelantikan tersebut, H. Nanang Ermanto secara langsung dilantik oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sebagai Bupati Lampung Selatan Sisa Masa Jabatan 2016-2021 menggantikan Dr. H. Zainudin Hasan, M.Hum.

Dalam sambutannya, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan bahwa Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Bupati Lampung Selatan dinilai wajib untuk dilaksanakan karena merupakan pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota, Pasal 173 ayat (1) huruf (c) “Diberhentikan” karena dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang secara bersama-sama. Serta berdasarkan Keputusan Mahkamah Agung R.I. No. 113 K/Pid.Sus/2020 tanggal 28 Januari 2020, dan Keputusan Menteri Dalam Negeri No.131.18-323 Tahun 2020 tentang Pengesahan Pemberhentian Bupati Lampung Selatan Sdr. Dr.H. Zainudin Hasan, M.Hum.

“Untuk kita ketahui bersama bahwa Dunia saat ini sedang menghadapi bencana wabah Virus Corona, dimana akibat dari wabah ini perekonomian dunia khususnya Indonesia menurut Menteri Keuangan capaian pertumbuhan ekonomi dari sisi domestik pada Tahun 2019 yang baru saja dirilis tak begitu menggembirakan. Untuk itu, Pemerintah akan terus memantau daya beli dan keyakinan konsumen sepanjang kuartal 1 tahun 2020 ini. Apalagi di tengah adanya berbagai faktor ketidakpastian yang makin tinggi. Pemerintah akan memacu belanja pemerintah yang sifatnya langsung diterima oleh masyarakat untuk memastikan pendapatan tercukupi untuk melakukan konsumsi. Pemerintah juga akan memacu transfer ke daerah, berupa dana desa, PKH dan bantuan operasional sekolah”, ujar Gubernur Arinal Djunaidi.

 Untuk itu, ada beberapa tugas penting untuk para Kepala Daerah Kabupaten/Kota terkait perkembangan Covid-19 yang telah berdampak buruk pada aspek sosial dan ekonomi masyakat Indonesia, lanjut Gubernur Arinal Djunaidi, tidak terkecuali masyarakat perdesaan di Provinsi Lampung sebagaimana yang telah disampaikan oleh Menteri Keuangan, antara lain melakukan percepatan penyusunan semua dokumen yang diperlukan untuk merealisasikan APBDDes, termasuk penyaluran dan pencairan Dana Desa tahap pertama.

“Dana Desa merujuk pada Perpu Nomor 1 Tahun 2020 yang dipertegas dadlam Bagian Penjelasan Pasal 2 point 4 yaitu yang dimaksud dengan pengutamaan penggunaan Dana Desa adalah dapat digunakan antara lain untuk bantuan langsung tunai kepada penduduk miskin di desa dan kegiatan penanganan pandemi Covid-19. Dengan memperhatikan keselarasan pada program sejenis seperti bantuan sosial Program Keluarga Harapan, Bantuan Pangan Non Tunai dan lain-lain, sehingga tidak terjadi duplikasi penerima manfaat. Sebagaimana Surat Gubernur Lampung Nomor 900/1206/V.12/2020 Tanggal 8 April 2020 terkait hal Penggunaan Dana Desa untuk Pencegahan dan Penanggulangan Pandemi Covid-19 untuk dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab”, lanjutnya.

Kemudian, mendukung kelancaran Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah secara serentak Tahun 2020, serte menjaga dan menciptakan hubungan dan iklim yang kondusif antar tatanan Fokorpimda dan seluruh lapisan masyarakat sehingga penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyaratan di Kabupaten/Kota dapat berjalan dengan baik dalam rangka terciptanya kehidupan masyarakat sejahtera.

“Saya meminta kepada Bupati/Walikota yang juga menyaksikan secara virtual agar terus memperhatikan protokol kesehatan selama pandemi, khususnya selama Bulan Ramadhan ini. Selain itu juga untuk terus melakukan pengecekan ketersediaan sembako selama Ramdhan dan menjelang lebaran nanti. Saya juga menghimbau kepada masyarakat, khususnya ASN  untuk menunda mudik atau tidak kemana-mana selama cuti lebaran 1441 Hijriyah. Hal tersebut harus dipatuhi dan ditaati seluruh elemen masyarakat.  Termasuk melaksanakan Protokol kesehatan   social   distancing  untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 untuk di Provinsi Lampung. Jika ini dilaksanakan berarti kita telah membantu pencegahan terhadap keluarga kita, mari kita berdoa semoga Covid – 19 selesai dari bumi Indonesia”, pungkasnya.

Diketahui, berdasarkan data yang diperoleh dari Posko Gugus Tugas Terpadu Penanganan Covid 19 Provinsi Lampung hingga 11 Mei 2020, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 3.046 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 88 orang, kasus Terkonfirmasi Covid 19 total berjumlah 66 orang (40 orang masih dirawat/ isolasi, 5 orang meninggal dan 21 orang sembuh).(ludi/rls).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Pages