Tekab 308 Polres Tuba Tangkap Pelaku Pemerasan - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Rabu, 06 Mei 2020

Tekab 308 Polres Tuba Tangkap Pelaku Pemerasan


Tulang Bawang, Harian Koridor.com-Team Khusus Anti Bandit (Tekab) 308 bersama Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tulang Bawang berhasil mengungkap pelaku tindak pidana pemerasan.

Kasat Reskrim AKP Sandy Galih Putra, SH, SIK mewakili Kapolres Tulang Bawang AKBP Andy Siswantoro, SIK mengatakan, pelaku tindak pidana pemerasan tersebut ditangkap hari Selasa (05/05/2020), sekira pukul 19.00 WIB, di parkiran Rumah Makan Tasya, Pasar Unit 2, Kampung Dwi Warga Tunggal Jaya.

“Identitas pelaku berinisial MC (45), berprofesi wiraswasta, warga Kampung Dwi Warga Tunggal Jaya, Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang,” ujar AKP Sandy, Rabu (06/05/2020).

Kasat Reskrim menjelaskan, mulanya hari Kamis (30/04/2020), sekira pukul 10.00 WIB, pelaku menghubungi saksi Suranto (48), yang merupakan Kaur Keuangan Tiyuh Pagar Dewa Suka Mulya melalui handpone (HP) dan menanyakan dimana keberadaan saksi, karena saksi tidak menjawab pelaku langsung berkata “nah kamu ini macam-macam, saya kubur hidup-hidup kamu nanti, saya ini dari media”, lalu pelaku mematikan HP miliknya.

Tidak lama kemudian, pelaku mendatangi pelapor Sukar (38), yang merupakan Sekdes Tiyuh Pagar Dewa Suka Mulya dan saksi Suranto, di Kantor Balai Tiyuh Pagar Dewa Suka Mulya, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Tulang Bawang Barat.

“Saat itu pelaku berkata kepada pelapor dan saksi bahwa dirinya merupakan wartawan dari media online dan maksud kedatangannya adalah untuk menanyakan kepada pelapor terkait pembuatan sertifikat tahun 2019 di Tiyuh Pagar Dewa Suka Mulya. Yang mana menurut pelaku bahwa aparat Tiyuh telah melakukan pungutan liar (pungli) sebesar Rp. 1 Juta dan pelaku mengancam akan memenjarakan pelapor dan saksi dengan cara melaporkan mereka ke Polres Tulang Bawang Barat, lalu pelaku pergi dan berkata akan ke Polres untuk melaporkan pelapor dan saksi” jelas AKP Sandy.

Lanjutnya, hari Minggu (03/05/2020) malam, pelaku mengubungi pelapor untuk mengajak bertemu hari Senin (04/05/2020), di Pasar Unit 2 dengan tujuan membahas masalah yang pernah diucapkan oleh pelaku.

Pelaku pemerasan yang berhasil ditangkap petugas
Pelaku pemerasan yang berhasil ditangkap petugas
Sekira pukul 11.00 WIB, pelapor bersama saksi Dian Permana (38), yang merupakan Kasi Pemerintahan Tiyuh Pagar Dewa Suka Mulya menemui pelaku di warung makan Mozza, Pasar Unit 2. Setelah bertemu pelaku berkata kepada pelapor bahwa beritanya sudah naik di tiga media online dan kalau mau dihapus, pelaku meminta uang Rp. 20 Juta untuk satu media, karena tiga media jadi Rp. 60 Juta.

Karena ditakut-takuti akan dipenjara oleh pelaku, sehingga pelapor menawar menjadi Rp. 30 Juta dan pelaku menyetujuinya. Pelapor dan saksi lalu pulang dan memberitahukan hal tersebut kepada Kapalo Tiyuh Pagar Dewa Suka Mulya, kemudian Kepalo Tiyuh berkoordinasi dengan Tekab 308 Polres Tulang Bawang bahwa telah terjadi tindak pidana pemerasan.

Mendapatkan informasi tentang kejadian tersebut, petugas kami langsung berkoordinasi dengan Kepalo Tiyuh perihal waktu dan tempat penyerahan uang yang diminta oleh pelaku. Hari Selasa (05/05/2020), sekira pukul 19.00 WIB, sesaat usai penyerahan uang, Tekab 308 bersama Unit Tipidkor yang sudah ada di lokasi langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku.

“Adapun barang bukti (BB) yang berhasil disita dari pelaku berupa uang tunai sebanyak Rp. 14 Juta, 7 buah kartu pers, mobil daihatsu xenia warna putih, B 1159 COK, kantong plastik warna hitam, dua buah cap stempel bertuliskan surat kabar umum, dua unit HP merk Oppo warna hitam dan tas warna coklat merk jeep,” ungkap AKP Sandy.

Saat ini pelaku masih dilakukan pemeriksaan di Mapolres Tulang Bawang dan akan dijerat dengan Pasal 368 ayat 1 KUHPidana tentang tindak pidana pemerasan. Diancam dengan pidana penjara paling lama 9 tahun.(medi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages