Pemkab Way Kanan Lakukan Diskusi Identifikasi Isu Kebijakan - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Kamis, 18 Juni 2020

Pemkab Way Kanan Lakukan Diskusi Identifikasi Isu Kebijakan


Way Kanan, Harian Koridor.com-Pemerintah kabupaten Way Kanan melakukan diskusi indetifikasi isu kebijakan dan penyusunan policy brief atau risalah kebijakan bersama fakultas ilmu pemerintahan universitas lampung, rabu (17/06/2020).

Sekretaris Daerah, Saipul, S.Sos.,M.I.P membuka langsung kegiatan tersebut yang juga dihadiri oleh Dr. Syarief Makhya dan Dr. Maulana Mukhlis, M.IP dari Fakultas Ilmu Pemerintahan Universital Lampung Sebagai Narasumber.

Tujuan dari Diskusi tersebut adalah untuk  Melakukan kajian terhadap persoalan publik untuk dicari solusinya, Menulis risalah kebijakan berdasakan analis data dan  Menyusun rekomendasi kebijakan untuk bahan pengambilan keputusan dan deseminasi pada publik.

Dr. Syarief Makhya dan Dr. Maulana Mukhlis, M.IP dari Fakultas Ilmu Pemerintahan Universital Lampung menyampaikan Policy Brief atau Risalah Kebijakan adalah Sebuah dokumen yang  menguraikan dasar rational dalam penilaian sebuah alternatif kebijakan, ada beberapa pengartian mengenai Policy brief antara lain.

Policy brief adalah bentuk publikasi yang secara spesifik ditujukan untuk memberikan rekomendasi kebijakan.

Policy brief  adalah alat untuk menjelaskan secara singkat arti penting hasil penelitian, bagaimana hasil penelitian menjawab permasalahan yang ada, dan apa rekomendasi yang disarankan.

Sedangkan Fungsi Policy Brief adalah Mengkaji dan menyususun rekomendasi kebijakan sebagai bahan dan masukan bagi pimpinan/Atasan  dalam memutuskan dan menetapkan kebijakan; yang berbasis analisis data

Ada 3 Komponen Informasi Untuk Policy Brief yaitu

1.Fakta yang Memuat data dan informasi yang dapat diuji kebenarannya secara obyektif.

2.Interpretasi Merupakan penafsiran individu atas fakta tertentu.Bersifat obyektif,tetapi informasi mengenai sumbernya harus jelas untuk mengurangi unsursubyektifitas.Opini atau Pendapat seseorang akan suatu masalah.

3.Bersifat bebas dan merupakan sarana dari demokratisasi. Sifat subyektif, oleh karenadiperlukan kecermatan untuk bisa dimasukkan dalam risalah kebijakan.

Dengan adanya diskusi ini diharapkan seluruh jajaran pemerintah kabupaten way kanan dapat mengimplementasikan Policy Brief sebagai kajian dan menyususun rekomendasi kebijakan untuk bahan dan masukan bagi pimpinan/Atasan  dalam memutuskan dan menetapkan kebijakan; yang berbasis analisis data.(ludi). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages