Adipati Laksanakan Sholat Idul Adha di Masjid Taqwa Blambangan Umpu - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Jumat, 31 Juli 2020

Adipati Laksanakan Sholat Idul Adha di Masjid Taqwa Blambangan Umpu


Way Kanan, Harian Koridor.com-
Raden Adipati Surya melaksanakan sholat Idul Adha 1441 H dimasjid Taqwa Blambangan Umpu bersama ibu ketua TP- PKK dan camat Blambangan Umpu Jumat (31/07/2020).

Dalam sambutannya Bupati way Kanan mengatakan,Hari Raya Idul Adha Tahun ini terasa berbeda dengan Hari Idul Adha dari tahun-tahun sebelumnya. Akibat pandemi Covid-19 yang mewabah di berbagai penjuru dunia, Pemerintah Arab Saudi tidak mengizinkan jamaah dari luar negeri untuk menjalankan rukun Islam kelima ini. Hanya warga Arab Saudi dan warga Asing yang berada di Arab Saudi saja yang diperkenankan melaksanakan ibadah Haji. Dan itu pun dengan pembatasan jumlah dan peraturan yang sangat ketat.

Bagi calon jamaah haji tahun 2020, keputusan ini tentu sangat berat. Hal ini memberikan hikmah kepada calon jamaah haji yang ditunda keberangkatannya, untuk semakin melatih kesabaran sebelum waktunya berangkat nanti. Insyaallah kesabaran dalam menerima penundaan ini nantinya akan menjadi wasilah kemabruran haji kelak.

  Dengan ditundanya haji tahun ini, para calon jamaah haji harus yakin dan pasrah pada Allah SWT, karena ini juga merupakan ketetapan Allah. Haji sendiri adalah ibadah yang harus diawali dengan kepasrahan karena harus pergi jauh meninggalkan orang-orang yang dicintai dan harus berjuang menyelesaikan rangkaian kewajiban dan rukun haji.

Ibadah kedua yang kita lakukan di tengah pandemi adalah ibadah kurban. Di tengah wabah ini, ibadah kurban akan lebih bermakna dan terasa bagi masyarakat ekonomi lemah. Selama pandemi, berbagai sektor tak terkecuali sektor ekonomi ikut terkena imbas. Banyak masyarakat yang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya karena harus kehilangan mata pencarian.

Dari hal ini kita bisa menarik dua hikmah dari ibadah kurban di masa pandemi. Yang pertama adalah hikmah vertikal, yakni semakin dekatnya kita kepada Allah subhanahu wata'ala, dan hikmah horizontal yakni kedekatan dengan sesama manusia dengan saling berbagi rezeki di tengah situasi sulit akibat pandemi ini. 
Allahu akbar allahu akbar  allahu akbar walillahil hamd,
Kaum muslimin dan muslimat yang dimuliakan Allah,

selama kurun waktu tahun 2016 hingga tahun 2020 Kabupaten Way Kanan telah meraih lebih dari 24 penghargaan sebagai indikator keberhasilan dalam pembangunan. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Way Kanan. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik kita selama ini. 
Pada tahun 2019 beberapa program unggulan yang kita laksanakan meraih sejumlah penghargaan, diantaranya:
Bandara Gatot Subroto yang telah diresmikan oleh Menteri Perhubungan RI pada tanggal 06 April 2019 yang lalu;
Pengelolaan kebersihan dan lingkungan perkotaan telah diapresiasi dengan penghargaan Adipura Katagori Kota Kecil yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI pada tanggal 14 Januari 2019.

Berhasil menjadi daerah yang telah 100 persen stop buang air besar (BAB) sembarangan, yang di ditandai dengan deklarasi Open Defection Free (ODF) Kabupaten Way Kanan sekaligius menyerahkan Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada 22 Maret 2019
Kabupaten Way Kanan meraih Peringkat Tertinggi Kabupaten Sehat Se-Indonesia Swasti Saba Padapa diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 19 Maret 2019.

Menerima WTP untuk ke-10 kalinya.
Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Pratama  yang diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia di Kota Makasar Sulawesi Selatan pada tanggal 23 Juli 2019 lalu.
 
Sebelum mengakhiri sambutan Bupati mengingatkan, bahwa pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang Negara kita akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah secara serentak, termasuk di Kabupaten Way Kanan akan menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. 

Keberhasilan Pemilu sangat bergantung pada  bagian partisipasi Masyarakat. Pemilu yang baik, tanpa golput akan menghasilkan pemimpin yang baik dan berkompeten. Untuk.(ludi). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages