Bupati Adipati Hadiri Penandatanganan Kerjasama Tentang Jejaring Donor Darah - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Selasa, 14 Juli 2020

Bupati Adipati Hadiri Penandatanganan Kerjasama Tentang Jejaring Donor Darah


Way Kanan, Harian Koridor.com-Bertempat di Aula RSUD Zainal Abidi Pagar Alam, Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya S.H., M.M Menghadiri kegiatan penandatanganan perjanjian Kerjasama tentang jejaring donor darah kabupaten way kanan antara UPT RSUD Zainal Abidin Pagar Alam, Dinas Kesehatan, PMI, Polres, Kodim dan Skuadron 12/Serbu Way Kanan, Selasa (14/07/2020).

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Bupati Way Kanan yang juga Ketua PMI Way Kanan, DR. Drs. H. Edward Antony, M.M, Dandim 0427 Way Kanan, Letkol. Czi. Komara, ST, M.Si, Kapolres Waykanan AKBP Binsar Manurung, Danlanudad Gatot Soebroto Letkol Cpn, Yusuf Hidayat, Dandron 12/ Serbu,cpn Ihwan Okti Riyadi, Kepala Dinas Kesehatan, Anang Risgiyanto, SKM., M.Kes, dan Direktur Rumah Sakit, dr.Burhan, SPb.

Bupati Adipati Pada Sambutanya Menyampaikan Setiap tahunnya, tanggal 14 Juni selalu diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia. Negara-negara di seluruh dunia merayakannya dengan berbagai cara. Dilansir WHO, peringatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran akan kebutuhan darah dan produk darah yang aman.

“Saya berharap gerakan nasional donor darah yang telah dicetuskan pada acara peringataan Hari  Kesetiakawanan Nasional tahun 2007 di Kota Medan harus terus-menerus digulirkan, dikampanyekan kepada masyarakat luas, sehingga mendorong munculnya aksi-aksi kemanusiaan yang bergerak hingga ke kampung-kampung. Selain itu juga saya mengungkapkan rasa terima kasih kepada para pendonor darah selama ini atas hadiah darah yang menyelamatkan banyak jiwa. Tema Hari Donor Darah Sedunia 2020 adalah “Save blood saves lives” (Darah yang aman menyelamatkan nyawa). Sementara itu slogannya adalah “Give blood and make the world a healthier place” (Berikan darah dan jadikan dunia tempat yang lebih sehat). Idenya adalah untuk fokus pada kontribusi yang dapat diberikan oleh seorang individu untuk meningkatkan kesehatan bagi orang lain di masyarakat” Ucap Bupati Adipati.

Bupati Adipati Juga Menjelaskan Donasi darah diperlukan di seluruh dunia untuk memastikan individu dan masyarakat memiliki akses ke produk darah dan darah yang aman dan berkualitas baik dalam situasi normal maupun darurat. Melalui kampanye ini, WHO meminta lebih banyak orang di seluruh dunia untuk menjadi penyelamat dengan sukarela menyumbangkan darah secara teratur.

“Pada kesempatan ini, saya ingin menekankan arti penting reaktualisasi nilai-nilai solidaritas dan kepedulian terhadap sesama. Saya mengamati aksi solidaritas terhadap sesama selalu muncul sangat kuat pada momen-momen bencana seperti, mulai dari tsunami, gunung meletus, banjir, dll. Ini sebuah hal yang sangat  positif , perlu diteruskan, perlu kita perluas agar tidak hanya muncul dalam bencana tapi keseharian. Salah satunya melalui program donor darah. Dengan program donor darah, masyarakat diajak untuk berempati, rasa tenggang rasa sesama, yang mana ini merupakan bagian dari nilai-nilai kesetiakawanan nasional” Kata Bupati Way Kanan.

“Dalam rangka peringatan Hari Donor Darah se-Dunia tahun ini, UPT RSUD Zainal Abidin Pagar Alam Kabupaten Way Kanan akan menjalin kerjasama dengan PMI, Polres, Kodim 0427 dan Skuadron 12/Serbu Kabupaten Way Kanan sebagai jejaring donor darah. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada pihak terkait pada hari ini akan menandatangani kerjasama tetang jejaring donor darah dengan UPT RSUD Zainal Abidin Pagar Alam. Kita semua tentu menyadari bahwa untuk bisa memberikan pelayanan penyediaan darah yang aman dan berkualitas memerlukan dukungan dari semua pihak termasuk dari masyarakat itu sendiri” Ucap Bupati Adipati.

“Niat dari kegiatan pada hari ini merupakan tindakan kemanusiaan, sehingga pantaslah bapak-ibu dan saudara-saudara disebut sebagai pejuang kemanusiaan.  Kehadiran saudara disini menegaskan kembali bahwa kita semua, kepada kita semua arti pentingnya persaudaraan, makna solidaritas dan kepedulian terhadap sesama serta meneguhkan kembali arti kesetiakawanan sosial” Pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatangan kerjasama UPT RSUD Zainal Abidin Pagar Alam, Dinas Kesehatan, PMI, Polres, Kodim dan Skuadron 12/Serbu Way Kanan sebagai Jejaring donor darah di Kabupaten Way kanan. (ludi/kmf).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages