Pemkab Tanggamus Adakan Bazar Hewan Kurban di Pekon Gisting - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Jumat, 24 Juli 2020

Pemkab Tanggamus Adakan Bazar Hewan Kurban di Pekon Gisting


Tanggamus,Harian Koridor.com-Pemerintah Kabupaten Tanggamus Mengadakan Bazar Hewan Kurban di lapangan Pekon Gisting Atas Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus, Kamis (23/7/2020).

Hadir Dalam Kegiatan Bazar Qorban Tersebut Staf ahli Bupati Kabupaten Tanggamus firman Rani, Asisten II Kabupaten Tanggamus Sukisno, para Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Kabupaten Tanggamus, Camat, Pj.Pekon Gisting Atas dan para pelaku usaha peternakan.

Seperti yang disampaikan Rintoko selaku Panitia lewat laporannya, Asosiasi Kelompok Peternak Tanggamus Asponak merupakan lembaga yang mewadahi kelompok-kelompok peternak yang berlokasi di Kabupaten Tanggamus.

Adanya asponak sebagai lembaga lokal yang sangat penting untuk membangun akses pasar dan memperluas jaringan bisnis, dengan adanya aku anak ini juga diharapkan bisa menjalin silaturahmi antar kelompok kelompok ternak yang ada di Kabupaten Tanggamus, dan Kabupaten di luar Kabupaten Tanggamus, sehingga pentingnya bagi berjalannya lembaga dalam dunia peternakan di Kabupaten Tanggamus, “terang dia. 

semua hewan Qurban yang kami hadirkan adalah hewan yang sehat dan sudah dicek kesehatannya oleh dokter hewan dan dinas terkait, dan pada kesempatan ini juga kami sampaikan menjelang hari Raya Idul Adha kambing Kabupaten Tanggamus, yang sudah terjual tembus di angka 2500 ekor sedangkan stok tersedia di para pedagang masih ada di kisaran 1000 ekor, dilihat dari jumlah kambing terjual tembus di angka ribuan.

tentunya “kami berharap agar Kabupaten Tanggamus, dapat dan bisa memiliki pasar hewan sendiri, “harapnya. 

Bupati Kabupaten Tanggamus Hj.Dewi Handajani, SE,MM., sementara sambutan dalam hal ini di yang sampaikan oleh Asisten II Kabupaten Tanggamus Sukisno, menyampaikan Pemerintah Kabupaten Tanggamus, berupaya untuk menciptakan dan menjalankan berbagai program pembangunan yang tujuan akhirnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah masyarakat peternak.

Pembangunan peternakan merupakan bagian integral pembangunan pertanian khususnya, dan pembangunan nasional umumnya, oleh karena itu marilah kita terus lanjutkan pembangunan peternakan ini, melalui peningkatan usaha diversifikasi,intensifikasi dan ekstensifikasi ternak yang tentunya didukung oleh pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Peluang pengembangan ternak di Kabupaten Tanggamus, sangat mendukung karena memiliki dukungan dan potensi yang diantaranya adalah: Potensi alam dengan sumber pakan yang melimpah, baik tanaman hijau maupun hasil samping tanaman pertanian dan perkebunan,Prospek pasar baik Lokal, Nasional maupun Ekspor, Adanya pendampingan oleh petugas teknis peternakan Kecamatan dan salah satunya petugas Inseminator.

Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi para pelaku usaha peternakan dalam menggerakkan perekonomian yaitu melalui kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini yaitu Bazaar Hewan Kurban, dimasa Pandemi Covid-19 ini, walau daya beli masyarakat belum pulih, namun saya menilai Bazaar Hewan Kurban ini mempunyai momentum yang sangat tepat dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Adha.

Tentunya permintaan akan hewan kurban akan meningkat, dan semua ini adalah sebagai upaya promosi kita dalam meningkatkan nilai jual ternak, sehingga dapat meningkatkan pendapatan peternak itu sendiri.Saya menyambut baik atas terselenggaranya acara ini dan harapannya terus berlanjut menjadi program tahunan, karena kegiatan ini dapat memotivasi peternak dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pengelolaan ternak untuk mengembangkan potensi lokal secara mandiri.

Saya ingin menyampaikan penghargaan kepada semua pihak khususnya kepada ASPONAK di bawah bimbingan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanggamus, yang terus sukses dan meriah menyelenggarakan Bazaar Hewan Kurban setiap tahun , “pungkasnya.(wan) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages