Riana Arinal Terima Kunjungan Tim Inovasi Daerah - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Selasa, 14 Juli 2020

Riana Arinal Terima Kunjungan Tim Inovasi Daerah



Bandar Lampung, Harian Koridor.com-Ketua Dewan Kerajinan Nasional Indonesia Daerah  (Dekranasda) Lampung Ibu Riana Sari Arinal menerima kunjungan Tim Publikasi Inovasi Daerah Balitbang Kemendagri di Dekranasda Lampung, Senin petang (13/7/2020).
Tim yang terdiri dari Mbak Tina Bule, dan Wahyu (Youtuber) diterima Ibu Riana yang dengan bangga memperkenalkan sejumlah karya kerajinan Lampung. Salah satunya kain tapis.

Ibu Riana menjelaskan kain tapis Lampung terbuat dari tenun benang kapas dengan motif atau hiasan bahan sugi, benang perak atau benang emas dengan sistem sulam.

“Kain Tapis ini merupakan salah satu kerajinan para pengrajin Lampung yang dibuat memakan waktu cukup lama yaitu 1 hingga 6 bulan, tergantung tingkat kerumitan motif dan proporsi penggunaan benang emas serta umur kain. Hal ini membuat kait tapis yang saat ini masih dibuat dengan cara tradisional, bernilai jual tinggi,” ujar Ibu Riana.

Tina Bule begitu kagum melihat kerajinan Tapis Lampung yang memiliki detail sangat bagus dan luar biasa dengan berbagai macamnya corak dan motifnya.

“Selain kagum dengan Tapis yang dimiliki oleh Provinsi Lampung, saya juga sangat tertarik dengan siger emas yang merupakan mahkota bagi pengantin Lampung, karena begitu mewah dan elegan. Bahkan kini siger Lampung bukan hanya terkenal di nusantara bahkan mancanegara,” ucapnya.

Sebelumnya, Tim Kemendagri ini meninjau New Normal di sektor rumah makan/restoran Rumah Kayu, sektor pasar modern Mall Boemi Kedaton, Mendatangi UKM Keripik (Aska) di gang PU, dan yang terakhir adalah melihat kerajinan para pengrajin di bawah binaan Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal.

Kunjungan ke Dekranasda Provinsi Lampung ini merupakan yang rangkaian terakhir acara pada hari Senin, selasa akan dilanjutkan lagi rangkaian kegiatan kunjungan kepasar tradisional, pusat oleh oleh khas lampung,  dan destinasi wisata.(red). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages