Tiga Menteri Dukung Arinal Lakukan Percepatan Pembangunan Wisata - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Sabtu, 25 Juli 2020

Tiga Menteri Dukung Arinal Lakukan Percepatan Pembangunan Wisata


Lamsel, Harian Koridor.com-Tiga Menteri Kabinet Indonesia Maju mendukung Gubernur Lampung Arinal Djunaudi melakukan percepatan pembangunan Wisata Terpadu Bakauheni, setelah turun langsung ke Bakauheni Lampung Selatan, Sabtu (25/7/2020).
Ketiga Menteri tersebut yaitu Menteri BUMN Erick Thohir. Menteri Pariwisata Wishnutama dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. 

Kedatangan Ketiga Menteri di Provinsi Lampung, disambut langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Dermaga Eksekutif Bakauheni, Lampung Selatan dan melakukan pembicaraan di Menara Siger.

Menteri BUMN Erick Thohir. menjelaskan bahwa kunjungan dirinya bersama Menteri Pariwisata dan Menteri Perhubungan merupakan wujud komitmen Pemerintah Pusat kepada Daerah. 

"Kami bertiga hadir di sini merupakan wujud komitmen Pemerintah Pusat kepada Daerah. Dan sangat jarang suatu daerah dikunjungi sampai tiga Menteri," jelas Erick Thohir.

Terkait pembangunan Wisata Terpadu Bakauheni, Erick Thohir, menuturkan bahwa tidak harus menunggu sampai 2024, karena itu terlalu lama.

"Kita tidak perlu menunggu sampai 2024 dan menyelesaikan seluruhnya secara komplit. Tapi bisa memulainya secara bertahap," jelasnya.

Erick Thohir menuturkan bahwa sangat penting mendorong pariwisata lokal terlebih dalam kondisi Covid-19 yang terjadi. Apalagi mengingat booking hotel dan tiket pesawat banyak dipesan oleh wisata lokal.

"Untuk itu, ini akan kita coba maping, kalau bisa lebih cepat. Dan saya yakin dengan infrastruktur yang sudah ada, terlebih ada Jalan Tol Trans Sumatera Lampung. Dan kalau kita ambil 10 persennya saja yang melintasi Lampung, maka akan ada 2 juta yang akan berkunjung ke sini," ujar Menteri BUMN Erick Thohir.

Hal serupa disampaikan Menteri Pariwisata Wishnutama, bahwa dirinya sangat mendukung pemikiran Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Dirut ASDP terkait pembangunan wisata terpadu bakauheni. 

"Mari kita dukung pemikiran pak Gubernur dan Dirut ASDP. ini akan kita dukung agar dapat dilakukan dalam waktu dekat dan tidak terlalu lama," jelas Wishnutama.

Ia menuturkan bahwa dirinya baru pertama kali ke Lampung, Dan ini sangat luar biasa. "Terus terang saya kaget, dan ini luar biasa. Ada yang dekat dengan Jakarta, hanya sejam sampai Lampung. Ada tempat segini bagusnya, tapi kok gak digarap," tambahnya.

Wishnutama melanjutkan bahwa Lampung memiliki potensi yang sangat luar biasa, dan dekat. "Datang ke sini membuat saya semangat melihat potensi yang ada, kita tidak usah menunggu sampai 2024, tapi memulai apa yang bisa kita garap dahulu, seperti hotel dan lainnya," ujarnya.

Menurut Wishnutama dirinya bahagia berada di Lampung. "Lautnya indah warna toska, Dan bahagia melihat Pak Gubernur yang sangat semangat memajukan daerahnya," ujar Wishnutama.

Sedangkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengatakan Lampung menjadi tempat yang sangat familiar bagi dirinya. 

"Saya yakin di bawah kepemimpinan Pak Gubernur Arinal, Lampung akan maju," ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Terkait wisata terpadu Bakauheni, Menhub Budi menuturkan harus ada keterbukaan seperti kata Pak Erick Thohir. 

"Jangan pikirkan harus keluar banyak, kita undang saja stakeholder terkait. Saya komitmen pariwisata harus kita support. Jadi tidak perlu menunggu sampai 2024," tambah Menhub Budi Karya Sumadi.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang turut mendampingi kunjungan kerja 3 (tiga) Menteri, menjelaskan bahwa Lampung memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. 

"Tidak bisa dipungkiri dengan adanya jalan tol, semua masyarakat sangat menggemari perjalanan lewat darat. Oleh karena itu, ini memang sudah kita design beberapa waktu yang lalu," jelasnya.

Gubernur Arinal menjelaskan Wisata terpadu Bakauheni akan terhubung dengan Gunung Anak Krakatau, Kiluan, dan Pulau Pahawang.

"Dengan adanya konsep dari ASDP, HK, ITDC, dan Pemda, ini memberikan potensi yang cukup baik. Karena setiap tahun banyak masyarakat yang melintasi Lampung, baik dari sumatera ke jawa, atau sebaliknya. Ketika mereka kembali, maka mereka akan bermalam disini," Jelas Gubernur Arinal.

Gubernur mengatakan wisata terpadu Bakauheni salah satu yang dilaporkannya kepada Presiden. "Waktu beliau Gubernur, beliau pernah ke sini. Dan teruskan menurut beliau. Ini sangat menjanjikan, dan saya sangat bangga ketiga Menteri datang kesini," tambah Gubernur.

Sementara itu, Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi, menambahkan bahwa sejak ada Jalan Tol Trans Sumatera telah mempermudah masyarakat untuk ke Lampung. Untuk itu, ASDP, HK, dan ITDC melakukan diskusi sangat intensif terkait membangun daerah ini.

"Dalam satu tahun di 2019, hampir 23 juta orang lewat. Kalau kita ambil 10 Persennya yang mampir, maka akan ada 2 juta orang yang kesini. Oleh karenanya diperlukan perencanaan dan visi yang baik," tuturnya.

Di Wisata Terpadu Bakauheni ini, lanjut Ira, Menara Siger akan menjadi ikon yang dipercantik dan akan menjadi Museum Krakatau.

"Kita akan sama-sama garap, di sini akan ada hotel berbintang dan lainnya," ujarnya. (red). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages