Riana Arinal Ajak Ciptakan Kebanggaan Gunakan Produk Kerajinan Lampung - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Rabu, 19 Agustus 2020

Riana Arinal Ajak Ciptakan Kebanggaan Gunakan Produk Kerajinan Lampung


Bandar Lampung, Harian Koridor.com-Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal mengajak masyarakat Lampung bangga menggunakan produk kerajinan Lampung menyusul dikenakannya kain tapis Lampung oleh tokoh nasional dalam Musyawarah Nasional (Munas) Dekranas Tahun 2020.

Dalam Munas itu, kain tapis Lampung dikenakan oleh Istri Panglima TNI Hadi Tjahjanto, yaitu Nanny Hadi Tjahjanto.

Munas sendiri diikuti oleh jajaran Dekranasda Provinsi Lampung, melalui virtual zoom, di Command Center, Dinas Kominfo Provinsi Lampung, Rabu pagi, (19/8/2020).


Munas tersebut diikuti peserta dari 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota dengan mendapat arahan langsung dari Ketua Dekranas Pusat Wury Ma'ruf Amin.


Munas kali ini mengusung tema "Segi positif pandemi covid 19: momentum percepatan digitalisasi pasar kerajinan menuju industri 4.0.”.


Tema yang diangkat pada Munas tahun ini, sangat kontekstual dan relevan dengan kondisi saat ini.


Sebab, dalam rangka meningkatkan produksi kerajinan, diperlukan fasilitasi dan pembinaan kepada para pengrajin yang mempunyai peran penting dalam membantu pemerintah untuk menghasilkan kerjaninan asli daerah.


Dalam arahannya Hj.Wuri Ma’ruf Amin mengatakan bahwa pandemi covid-19 memaksa semua orang untuk mengubah kebiasaan sebelumnya. Misalnya saat ini masyarakat cenderung menghindarkan aktivitas yang melibatkan kontak fisik secara langsung, hal itu dilakukan sebagai upaya menjalankan protokol kesehatan agar terhindar dari virus covid-19.


“Melihat situasi yang ada saat ini, pandemi korona membawa dampak langsung pada sektor kerajinan secara signifikan. Penjualan barang kerajinan selama ini dilakukan dengan cara bertemu langsung, dan belum optimal memanfaatkan teknologi digital. Maka, kondisi saat ini menjadi momentum yang sangat bagus untuk lebih optimal memanfaatkan teknologi digital,” ujar Hj.Wuri Ma’ruf Amin.


Hj.Wuri menambahkan bahwa Dekranas harus terus mendorong para pengrajin untuk melakukan inovasi digital, misalnya dalam hal pemasaran dengan memanfaatkan patform online.


“Dengan pemanfaatan teknologi digital diharapkan dapat membuka peluang yang lebih luas dalam pemasaran produk kerajinan. Kita juga dapat membantu industri kecil menengah atau UKM dalam melakukan adaptasi dengan kebiasaan baru saat ini,” ujarnya.


Ketua Dekranas juga mengajak seluruh anggota Dekranas dan Dekranasda mendukung program pemerintah di antaranya Kampanye Bangga Buatan Indonesia. Kampanye ini bertujuan untuk menciptakan kesadaran dan kebanggaan masyarakat untuk menggunakan produk dalam negeri. (red). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages