Bupati Tanggamus Kembali Ikuti Kegiatan Coaching Clinik SAKIP dan RB - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Selasa, 06 Oktober 2020

Bupati Tanggamus Kembali Ikuti Kegiatan Coaching Clinik SAKIP dan RB


Tanggamus,Harian Koridor.com-Bupati Tanggamus Hj.Dewi Handajani, SE., MM., kembali mengikuti kegiatan Coaching Clinik Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) Kabupaten Tanggamus  tahun 2020 oleh Tim SAKIP/RB Kementrian PAN/RB RI di ruang rapat utama Sekretariat Daerah, Selasa (06/10).

Dalam kegiatan yang digelar secara virtual tersebut dihadiri Sekda Tanggamus, Para Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemkab Tanggamus.


Komaruddin, Ak., M.Sc, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilias Aparatur dan Pengawasan Kementrian PAN-RB,  menyampaikan, kegiatan hari ini bertujuan untuk  bagaimana kita bisa memahami orientasi reformasi birokrasi maupun sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah terutama di Kabupaten Tanggamus.


“Dalam hal ini harus menyamakan persepsi reformasi birokrasi yang intinya, ada 3 sasaran yang ingin diwujudkan bersama, yaitu bagaimana mewujudkan pemerintahan yang bersih akuntabel, birokrasi semakin katebel/kompeten, mampu, dan ketiga bagaimana pelayanan publik semakin prima Kata Komaruddin


Masih kata Komaruddin, untuk reformasi birokrasi khususnya di Kabupaten Tanggamus secara mikro diharapkan kita bisa melaksanakan 8 area perubahan sebaik baiknya. Mulai dari managemen perubahan, perbaikan kualitas  pelayanan publik, pengawasan, akuntabilitas, kelembagaan, Tata Laksana, Managemen SDM (ASN) Deregulasi sehingga apa yang menjadi 3 sasaran (Pemerintahan yang bersih dan akuntabel, Birokrasi Kapabel, Pelayanan Publik yang Prima)  ini bisa tercapai.


Selanjutnya Bupati Tanggamus dalam sambutannya menyampaikan atas nama Kepala Daerah mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Coaching Clinik Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) Kabupaten Tanggamus  tahun 2020 oleh Tim SAKIP/RB Kementrian PAN/RB RI, yang telah bersedia meluangkan waktunya memberikan pendampingan kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus.

“Tentunya ini adalah upaya yang kami lakukan untuk perbaikan tata kelola pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, yang berimplikasi juga kepada pelayanan masyarakat insyaallah lebih baik lagi di Kabupaten Tanggamus," kata Dewi.

Sekaligus juga besamaan dengan ini perlu adanya upaya-upaya untuk penguatan SDM khususnya jajaran ASN yang ada di Kabupaten Tanggamus, lebih profesional, memiliki integritas, yang tentunya siap mengawal program-program baik itu pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten Tanggamus.


Bupati melanjutkan, Tahun lalu Tanggamus mendapatkan kriteria B, tentunya masih banyak program-program yang dilaksanakan yang perlu ditingkatkan, untuk itu  perlu ada upaya-upaya yang jajarannya lakukakan secara akumulatif, dan kolaboratif dengan seluruh jajaran yang ada dan melibatkan seluruh stakholder yang ada dan juga keikutsertaan partisipasi masyarakat.


“ini menjadi PR dan kami Optimis apalagi dengan pada hari Coaching Clinik ini   mudah-mudahan menambah semangat, komitmen dan seluruh jajaran untuk bisa menaikkan level dari B menjadi level B.B insyaallah.


Seru Bupati Bupati minta agar Coaching Clinik  SAKIP RB ini bukan  sekedar kegiatan yang penting dilaksanakan tetapi justru ada makna yang mendasar bagi masyarakat, pasalnya janji politik Bupati-Wakil Bupati dimasyarakat dan itu sudah tertuang dalam RPJMD kemudian RPJMD dituangkan lagi dalam renstra-renstra di OPD masing-masing harus terwujudkan dalam kegiatan-kegiatan nyata.


“tidak hanya sekedar ada tetapi harus berkualitas, tidak hanya memiliki hasil atupun output saja, tetapi harus memiliki outcam atau manfaat pada masyarakat. Karena janji politik kami yang tertuang dalam berbagai macam program, kalau tidak dirasakan masyarakat tentu visi misi dari pada pimpinan tidak akan memiliki nilai ataupun makna yang sesuai dengan harapan masyarakat,"kata Dewi.


Masih kata Bupati dilingkungan internal  upaya dari Pemda Tanggamus, untuk melakukan aksi secara nyata memberantas korupsi tentunya sudah dilakukan secara integrasi, salah satu contohnya, seluruh pejabat struktural yang diangkat harus menandatangani fakta integritas.

Kemudian juga terkait dengan masalah pelayanan, kami pemda Tanggamus memiliki Motto Ratu, (Ramah Amanah Tegas da Unggul) yang memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat, dengan juga memanfaatkan teknologi informasi yang ada, lebih cepat dan tepat.


Dan pemerintah Tanggamus juga memiliki progam, Bude Sari Bunda dewi serap aspirasi dan informasi dimana bersama jajaran terjun langsung kemasyarakat dan Berkantor di Kecamatan.

“Kami berharap ini menjadi  salah satu program yang juga bisa lebih mempercepat hadirnya pembangunan yang lebih baik, kemudian juga tata kelola pemerintahan yang lebih baik, dan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat, mohon doanya pendampigannya dan kepada seluruh jajaran agar dapat ikuti Coaching dengan baik, semuanya tentu akan berkurang nilainya jika apapun yang kita lakukan tidak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,"Pungkasnya.(wan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Pages