Kembali Berkantor di Kecamatan Sumberejo, Ini Yang Dilakukan Bupati Tanggamus - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Selasa, 13 Oktober 2020

Kembali Berkantor di Kecamatan Sumberejo, Ini Yang Dilakukan Bupati Tanggamus


Tanggamus,Harian Koridor.com-Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, kembali berkantor di Kecamatan. Kali ini orang nomor satu di Kabupaten Tanggamus ini, berkantor di Kecamatan Sumberejo, Selasa (13/10/2020).


Seperti biasa, tujuan Bupati berkantor di Kecamatan adalah untuk mengetahui secara langsung penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat di Kecamatan. Sekaligus melaksanakan kegiatan Bude Sar'i (Bunda Dewi Serap Aspirasi dan Informasi) sebagai implementasi Program 55 Aksi Bupati Tanggamus.


Tempat pertama yang dikunjungi Bupati adalah Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Sumberejo. Ditempat ini Bupati bersilaturahmi dan berdialog dengan para Penyuluh Pertanian dan KWT (Kelompok Wanita Tani), sekaligus menyerap aspirasi dari mereka, sebagai masukan untuk memajukan pertanian di Kabupaten Tanggamus.


"Kedepan saya menginginkan agar pertanian di Tanggamus ini tambah maju dan lebih baik lagi, serta lebih dikenal, seperti budidaya ikan lele dan UMKM-nya, sehingga bidang pertanian bisa lebih meningkat dan bisa menambah pendapatan dan ketahanan pangan masyarakat disini," kata Bupati.


Bupati juga menyampaikan keinginannya, agar Kecamatan Sumberejo menjadi sentra bawang merah. Selain itu Bupati juga akan berupaya membangun akses tempat menuju usaha tani dengan tujuan untuk meningkatkan akses pertanian dan kesejahteraan para petani.


Usai berbincang dengan para Penyuluh dan KWT, Bupati melanjutkan kegiatannya ke Kantor Kecamatan Sumberejo. Sebelum memasuki Kantor Kecamatan, beliau meninjau pelaksanaan pembuatan Surat Izin Usaha di GSG Kecamatan, serta berdialog dengan warga setempat yang mengajukan perizinan.


Bupati mengapresiasi jajarannya, yang melaksanakan Pelayanan Perizinan Usaha dengan menjemput bola ke wilayah Kecamatan, serta sekaligus mensosialisasikan OSS (Online Single Submission), dengan pelayanan Ratu Sikop (Ramah, Amanah, Tegas dan Unggul, Sistem Komputerisasi Perizinan) dalam pengurusan perizinan.


"Dari kegiatan ini akan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengurus perizinan untuk mendirikan bangunan atau izin usaha dan pelayanan ini sangat cepat."


"Dilakukan juga sistem jemput bola ke Pekon dan masyarakat. Dengan tujuan sosialisasi sekaligus mendata rumah penduduk dan pelaku usaha. Kemudian data tersebut nanti kita himpun untuk pengumpulan data- data selanjutnya. Ini juga sebagai bentuk kepedulian dari Pemkab Tanggamus," ungkap Bupati. 


Adapun di Kantor Kecamatan Sumberejo, Bupati memastikan agar jajarannya di Kecamatan melaksanakan tugasnya dengan  baik, serta meminta mereka mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menjaga kondusifitas di wilayahnya.


Bupati juga membahas terkait pembangunan infrastruktur, pelayanan publik, kesehatan, pendidikan dan tata kelola pemerintahan agar berjalan dengan baik.


Kepada para Penjabat Kepala Pekon (Pj. Kakon), Bupati meminta untuk tetap aktif dalam melaksanakan tugasnya. 


"Jangan sampai Pj. Kakon tidak aktif, baik di Kantor Pekon maupun Kecamatan. Dan tentunya jika kedisiplinannya tidak baik maka akan dilakukan evaluasi oleh Pimpinan," tegas Bupati.  


Kemudian terkait Pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon), Bupati menyampaikan bahwa Pemkab Tanggamus akan berupaya agar Pilkakon digelar pada tahun 2020. Dengan tetap memperhatikan serta mendapat izin dari Kementerian Dalam Negeri.


Lebih lanjut menyikapi perkembangan Covid 19 di Kabupaten Tanggamus, Bupati meminta jajarannya lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, serta lebih meningkatkan kewaspadaan.


"Kita lakukan dan berikan sanksi apabila ada yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Di New normal, kita masuk dalam era kebiasaan baru seperti harus melakukan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak serta hindari kerumunan," jelas Bupati.


Dalam kesempatan itu, Bupati kembali menyerahkan secara simbolis bantuan berupa sembako seperti beras, gula, minyak, susu dan lain-lain yang diperuntukkan untuk penjaga sekolah SD, SMP, SMA yang ada di Kecamatan Sumberejo, yang berasal dari sumbangan ASN Pemkab Tanggamus, yang difasilitasi oleh Sekretariat Korpri Tanggamus, sebagai bentuk kepedulian kepada sesama yang terdampak Covid 19.


Turut bersama Bupati, Sekdakab Hamid Heriansyah Lubis, Kadis Pendidikan Aswin Dasmi, Kadisdukcapil Maradona, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Supardi Sarkawi, Kadis PUPR Riswanda, Kadis Pertanian Catur,  Kabag Tapem Syarif Zulkarnain, Camat Sumberejo Pardi SPd, Uspika serta para Pj. Kakon se Kecamatan Sumberejo.(wan/kf).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages