Pemkab Tanggamus Gelar Apel Peringati HCTPS Sedunia ke 13 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Kamis, 15 Oktober 2020

Pemkab Tanggamus Gelar Apel Peringati HCTPS Sedunia ke 13


Tanggamus,Harian Koridor.com-Pemerintah Kabupaten Tanggamus menggelar Apel Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun  (HCTPS) Sedunia Ke 13 Tahun 2020. Bertempat di Lapangan Pemkab Tanggamus. Kamis (15/10/20).Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Hj. Dewi Handajani, SE.MM.


Hadir Wakil Bupati AM. Syafi'i, Porkofimda, Sekdakab Hamid Heriansyah Lubis, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Inspektur Ernalia, Para Kepala OPD, Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syafi'i, Ketua DWP/GOW Ny. Nuraini Lubis, Danramil Kotaagung, Para Peserta Apel, dan Insan Pers.


Dengan Tema, " Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia (HCTPS) tahun ini 

adalah “Putus Rantai Penularan Covid-19 dan Cegah Stunting dengan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Air Mengalir”. 


Dalam sambutan Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, menyampaikan Saya apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran tim penggerak PKK Kabupaten Tanggamus dan Dinas Kesehatan yang hari ini menginisiasi dan menggerakkan acara peringatan hari cuci tangan sedunia tingkat kabupaten Tanggamus. 


Kegiatan ini adalah salah satu langkah kongkrit dalam upaya kesadaran memutus rantai penularan covid 19 dan upaya mencegah stunting.


Hari ini tepat tanggal 15 Oktober adalah peringatan Hari Cuci tangan pakai sabun sedunia yang merupakan momen penting untuk mengampanyekan perilaku mencuci tangan memakai sabun di air mengalir, karena sangat berdampak positif pada upaya mencegah penularan covid 19 dan upaya nyata menurunkan prevalensi stunting sehingga kualitas sumber daya manusia diharapkan dapat meningkat, kata Bupati.


Lanjut Bupati, Momen ini juga sangat tepat sebagai penguat bagi pelaksana surat edaran Bupati Tanggamus tanggal 31 Agustus 2020 tentang protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran covid 19 dan Peraturan Bupati Nomor 55 tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan Baru menuju masyarakat produktif dan aman covid 19, yaitu menyuarakan kembali slogan 3M seperti mencuci tangan pakai sabun di air mengalir memakai masker dan menjaga jarak.


" Pandemi covid 19 sampai saat ini belum berakhir dan secara epidemiologi belum diketahui secara pasti kapan akan berakhir hal ini ditandai masih meningkatnya kasus positif covid 19 hari secara nasional dan provinsi. jumlah kasus covid-19 di Kabupaten Tanggamus per tanggal 13 Oktober 2020 berjumlah 39 orang yang terkonfirmasi positif". 


Bupati berharap, dengan diadakannya kegiatan peringatan hari cuci tangan di air mengalir yang digerakkan oleh TP PKK Kabupaten Tanggamus bermitra dengan dinas kesehatan dan dapat memudahkan Cuci tangan pakai sabun di air mengalir sehingga menjadi perilaku baru di masyarakat sebagai garda terdepan dalam mencegah penyebaran covid 19 dan mencegah stunting sehingga Kabupaten Tanggamus yang kita cintai ini dapat segera terbebas dari covid 19 dan stunting.


Bupati juga mengajak kepada kita semuanya khususnya jajaran yang ada di Pemerintah Kabupaten Tanggamus terkait dengan adanya unjuk rasa dan juga penolakan terhadap Udang- Undang Cipta Kerja yang baru saja disahkan. Saya berharap dari kita semuanya untuk hati-hati bersikap dalam menggunakan statement dan bijaklah dalam menggunakan medsos jangan memposting ataupun merepost hal-hal yang pada akhirnya akan menimbulkan kegaduhan.  Semuanya tentu ada mekanisme dalam penyelesaiannya kita berkomitmen untuk menyelesaikan segala sesuatu permasalahan dengan mekanisme secara konstitusional secara aturan yang dibenarkan dan secara undang-undang yang berlaku di negara kita bukan dengan mekanisme-mekanisme lain atau apapun itu yang pada akhirnya justru mencederai arti dari pada bagaimana kita menyatakan hak ataupun pendapat kita yang benar di negara yang sangat sangat kita cinta, Tegasnya". 


Bupati juga berharap, mudah-mudahan kita senantiasa solid dalam menghadapi berbagai macam permasalahan yang ada kita tidak bisa sendiri konsep pembangunan ,  segala bentuk penanganan permasalahan yang ada adanya sinergi antara pemerintah antara berbagai komunitas elemen yang ada di masyarakat kemudian juga dengan akademisi dengan pihak swasta dengan kawan-kawan media semuanya harus selalu kita bangun dan kita jaga harmonisasinya. Oleh karenanya saya sangat berharap mudah-mudahan dengan kebersamaan kita Kabupaten Tanggamus senantiasa dapat menciptakan suasana yang kondusif aman dan damai sehingga segala agenda kegiatan baik itu pembangunan pemerintahan yang utamanya pelayanan kepada masyarakat dapat kita laksanakan dengan baik, Ujarnya". 



Sebelumnya Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syafi'i. Melaporkan Peringatan HCTPS ke-13 tahun ini jatuh pada hari kamis ini Tanggal 15 Oktober 2020, mengingat

situasi pandemi saat ini, maka Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus bersama lintas sektor terkait di

Tingkat Kabupaten melaksanakan peringatan HCTPS Tahun ini di Lapangan Pemda Tanggamus dan secara

serentak di 20 Kecamatan seKabupaten Tanggamus, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. 


Kegiatan CTPS yang merupakan respon dan kesungguhan TP-PKK dalam turut serta menginisiasi dan melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat 

di Kabupaten Tanggamus, sekaligus penguat perilaku Adaptasi kebiasan baru yang tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 55 Tahun 2020 yaitu 

Memakai Masker, Mencuci Tangan Pakai Sabun dan Menghindari Kerumunan. 


Selain itu TP-PKK Kabupaten Tanggamus juga akan melaksanakan kegiatan lain yaitu memberikan 

paket sabun antiseptik cuci tangan ke 690 posyandu yang ada di Kabupaten Tanggamus. Sekali lagi kami dari TP-PKK berharap agar semua yang hadir disini dapat mengambil bagian untuk 

menjadi pelopor perubahan perilaku dalam hal CTPS di lingkungannya masing-masing guna terwujudnya 

masyarakat Tanggamus yang sehat. 


Hari cuci tangan pakai sabun (HCTPS) sedunia selalu kita lakukan di sekolah-sekolah yang bertujuan untuk edukasi anak didik agar melakukan lima langkah CTPS memaksimalkan dokter kecil atau kader kesehatan remaja yang diharapkan menjadi duta Cpts yang memberikan edukasi kepada sesama teman keluarga dimanapun mereka berada menjadi agent of change serta dapat menginspirasi mana anak lainnya untuk melakukan hal serupa, Tutupnya Sri ". 


Diberikan juga secara simbolis berupa sabun Cuci Tangan , Handsanitizer, dan Antiseptik dari Jajaran TP PKK dan Dinas Kesehatan yang di serahkan langsung oleh Bupati Tanggamus dan Jajaran. (wan/kf).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Pages