Wagub Nunik Cicipi Madu Apiari Pramuka Saat Tinjau Aset Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Lampung - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Senin, 12 Oktober 2020

Wagub Nunik Cicipi Madu Apiari Pramuka Saat Tinjau Aset Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Lampung


Lamsel,Harian Koridor.com-Wakil Gubernur Lampung Hj. Chusnunia Chalim Mencicipi Madu Apiari Pramuka saat meninjau aset Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Lampung, Senin,(12/10-2020)di Desa Negara Ratu, Kecamatan Natar, Lampung Selatan.

Dalam kunjungan ini mbak Nunik panggilan akrab Wagub Lampung didampingi Ketua Harian Kwarda Gerakan Pramuka Lampung Zainuri, Sekretaris Mubasit, juga unsur pimpinan serta Kwarcab Lampung Selatan dan BPKAD Prov Lampung.
Saat peninjauan lapangan aset berupa kebun kapuk dan kelapa sebagai pakan lebah yang dirancang sebagai laboratorium alam perlebahan.

Didepan Mbak Nunik Kak Zainuri melaporkan bahwa aset Pemda yang dikelola oleh Kwarda Pramuka Lampung di Desa Negara Ratu ini sebanyak 8 ha. 
"Lahan ini sebanyak 8 ha dengan perincian 7 ha untuk budidaya lebah dan 1 ha untuk pemukiman. Namun saat ini mengalami kesulitan khususnya jalan karena harus memutar diantara tanaman sawit milik PTPN, serta areal BPTP,"kata kak Zai.

Sementara Wakil Ketua Apiari Pramuka Lampung, Sudharto melaporkan bahwa
Provinsi Lampung beberapa tahun lalu menjadi contoh apiari tingkat nasional.

"Binaan Pramuka tentang madu apiari yang telah menghasilkan diantaranya di Pardasuka, Pringsewu, Pematang Pasir, Lampung Selatan", katanya. 

Budidaya lebah yang menghasilkan madu mampu meningkatkan penghasilan  masyarakat petani lebah.
Disamping itu madu diyakini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan mampu menjaga imunitas, dengan demikian sangat bagus dikonsimsi saat pandemi covid 19 saat ini.

Mbak Nunik berharap Budidaya lebah dapat terintegrasi dengan baik dengan sektor lain, termasuk juga menyelesaikan masalah yang ada seperti penghijauan, karena lebah memerlukan pakan dari sari bunga berupa tepung sari dan nektar sebagai pakan, yang dihasilkan dari pepohonan yang tumbuh,"Harapnya.

Ditegaskan juga oleh mBak Nunik bahwa dalam waktu dekat akan diproses sertifikatnya oleh karena itu aset yang dikelola oleh Kwarda Pramuka Lampung perlu dijaga dan dikelola dengan sebaik-baiknya  sehingga mampu berperan dalam peningkatan pembinaan generasi muda melalui Gerakan Pramuka,"Pungkasnya.(red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pasang Iklan Anda di Harian Koridor

Pages