Bupati Tanggamus Buka Sosialisasi KUR dan Pemasaran Digital - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Rabu, 04 November 2020

Bupati Tanggamus Buka Sosialisasi KUR dan Pemasaran Digital


Tanggamus,Harian Koridor.com-Bagian perekonomian dan sumber daya alam sekretariat daerah kabupaten Tanggamus, menggelar sosialisasi kredit usaha rakyat dan pemasaran digital, yang bertempat di Gedung Serbaguna (GSG) Gisting Bawah Kecamatan setempat. Dan rencananya kegiatan ini bakal digelar selama tiga hari berturut-turut, mulai dari tanggal 03 - 05 November 2020.


Kegiatan tersebut, dibuka langsung oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani,SE.MM, dan didampingi juga Asisten III Jonsen Vanesa, lalu ada pula Kepala bagian perekonomian dan sumber daya alam Firmalinda, kepala bank Lampung cabang kotaagung Marzuki, kepala bank lampumg cabang Talang Padang Bastiah, lokal comunity staf PT. Shoppe Indonesia Riko Alfarazi, camat gisting Purwanti, dan para peserta kegiatan sosialisasi.

 Dalam sambutannya Bupati Tanggamus menyampaikan apresiasinya, Sebagaimana diketahui bahwa program Kredit Usaha Rakyat (KUR), diluncurkan pemerintah dengan tujuan untuk meningkatkan dan mempermudah akses kredit melalui lembaga Perbankan kepada masyarakat dan pelaku usaha kecil dan menengah. Diharapkan dengan terealisasinya program KUR ini, membantu permodalan bagi para pelaku usaha kecil dan usaha menengah. 

" Sehingga ke depannya mampu mempercepat pertumbuhan sektor rill, dan secara langsung dapat berperan dalam menanggulangi kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi masyarakat pelaku usaha di Kabupaten Tanggamus,"ungkap Bunda Dewi.

Lanjut Bupati, subsektor perdagangan terus tumbuh di Kabupaten Tanggamus, seiring dengan mulai meningkatnya jumlah dan kualitas UMKM. Hal ini diperkuat dengan data penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2019 di Kabupaten Tanggamus, adalah sebanyak 12.447 debitur, dengan penyaluran kredit subsektor perdagangan sebesar 49,57%, atau lebih besar dari penyaluran kredit subsektor pertanian yang hanya sebesar 29,77 %.

Namun demiikian, saat ini banyak para usaha kecil yang dapat bertahan, karena mengubah konsep pemasaran menjadi digital marketing. Metode ini memang bukan hal yang baru, tetapi disaat seperti ini telah menjelma menjadi senjata bagi banyak usaha untuk tetap bertahan dan berkembang, hal ini juga diperkuat dengan laporan Studi Indonesia Millenial Report 2019 yang dilakukan IDN Research Institute. Dimana sebanyak 94,4% millenial sudah terhubung dengan internet, dan 57,6% diantaranya mencari informasi tentang produk yang ingin dibeli secara online. 

" Untuk itu pada Sosialisasi Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kabupaten Tanggamus Tahun 2020 ini, juga kami kombinasikan dengan Sosialisasi Pemasaran Digital. Dengan harapan dapat menjadi solusi yang baik bagi pemasaran berbagai produk lokal dari UMKM serta bisnis perdagangan kecil yang ada di Tanggamus,"tandasnya. 

Sebelumnya, dalam laporan Kabag Ekobang Firmalinda mengatakan bahwa, Dasar Surat Keputusan Bupati Tanggamus Nomor: B.72/12/08/2020, tentang Tim Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Kabupaten Tanggamus Tahun 2020. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif, kepada pelaku usaha mikro kecil dan kelompok masyarakat lainnya, tentang tatacara memperoleh Kredit Usaha Rakyat (KUR).

" Kemudian, untuk memberikan pemahaman yang lebih kepada pelaku usaha mikro kecil dan kelompok masyarakat lainnya, tentang tata cara memanfaatkan teknologi informasi untuk pengembangan usahanya, lalu juga sebagai bahan evaluasi pelaksanaan berbagai program kerja terkait penyaluran Kredit dan pemasaran produk di Kabupaten Tanggamus, dengan sasaran para pelaku UMKM, kelompok tani, pedagang pasar, perwakilan bumdes, pokdarwis dan pelaku usaha lainnya, kegiatan bakal digelar selama tiga hari dengan peserta sebanyak 40 orang,"tandas Firmalinda.(wan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages