Bupati Dewi Handajani Hadiri Pengukuhan YJI Cabang Tanggamus - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Rabu, 02 Desember 2020

Bupati Dewi Handajani Hadiri Pengukuhan YJI Cabang Tanggamus


Tanggamus,Harian Koridor.com-Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Kabupaten Tanggamus Periode 2020 - 2025 Resmi dikukuhkan Oleh Ketua YJI Tanggamus Hj. Sri Nilawati Syafi'i. Bertempat di GSG Pekon Gisting bawah Kecamatan Gisting. Rabu (02/12/20).


Hadir Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, selaku Pembina Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Tanggamus, Mamiyani Fahrizal Ketua Bidang Pengembangan Dana YJI Lampung Hadir secara Virtual, Fera Kristiani ,SKM. Ketua Bidang Preventif dari YJI Cabang Lampung, dr. Riana,SP.JP, Ketua Bidang Medis, Wakil Ketua TP PKK / Ketua GOW Ny. Nuraini Lubis, Ibu Bayangkari, Ibu Persit Kartika Chandra Kirana, Ibu Ketua Adhyaksa, Ibu ketua Ikada, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Ketua ikatan Dokter Indonesia Cabang Tanggamus, serta para Pengurus Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Tanggamus.

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, selaku Pembina Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Tanggamus saya selaku kepala daerah mengucapkan 
Selamat atas dikukuhkannya Pengurus Yayasan Jantung Indonesia (YJI) cabang Kabupaten Tanggamus ini, semoga dengan adanya YJI di Kabupaten Tanggamus dapat mendukung program 
pemerintah daerah di bidang kesehatan terutama mengenai penyakit jantung.

Bupati  berharap dengan dikukuhkannya Yayasan Jantung Indonesi cabang Tanggamus maka akan ada upaya-upaya baik itu sosialisasi edukasi yang lebih lagi terhadap kesehatan masyarakat khususnya terkait dengan jantung yang sehat dan upaya terhadap pencegahan penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah. Dan kita ketahui ini menjadi penyebab yang cukup tinggi dari angka kematian yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Bupati berharap yayasan jantung Indonesia nanti betul-betul dapat berkiprah dan berkontribusi secara nyata untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Tanggamus , tidak hanya sekedar acara seremonialnya saja atau pengurus yang dikukuhkan saja tapi yang ditunggu masyarakat adalah bagaimana kiprahnya kontribusinya dan upaya-upaya apa saja sehingga masyarakat bisa lebih sehat lagi dan ini upaya dalam rangka untuk meningkatkan usia harapan hidup dari pada masyarakat Tanggamus yang saat ini kita ketahui baru sampai angka 68 Tahun, dengan Yayasan Jantung sehat Indonesia tentunya dengan programnya nanti untuk sosialisasi edukasi utama dengan memasyarakatkan panca usaha 
Jantung sehat tadi saya harap masyarakat Tanggamus akan lebih sehat lagi dan usia lebih panjang lagi sehingga nanti akan meningkatkan IPM kesehatan masyarakat Tanggamus, Kata Bupati.

Lanjut Bupati, kami dari pemerintah Kabupaten Tanggamus siap untuk mensuport mendukung dan bermitra karena kita tidak bisa berjalan sendiri tetapi harus ada sinergitas program. Harapannya kepada masyarakat ayo kita bersama-sama meningkatkan kualitas kesehatan kita semua karena dengan kesehatan yang baik maka produktivitas akan tinggi kami dari Yayasan jantung sehat Indonesi Tanggamus tentunya siap memfasilitasi dan mendorong bagaimanapun kesadaran kesehatan masyarakat itu yang sangat menentukan.

Bupati juga berpesan, agar terhindar dari penyakit JANTUNG, maka kita perlu “SEHAT”. S maksudnya Seimbangkan gizi,  E : Enyahkan rokok, H: Hadapi 
stress, A : Awasi tekanan darah, T : Teratur olahraga. Apabila kita terus Sehat, maka Usia Harapan Hidup (UHH) masyarakat Tanggamus pun akan 
semakin meningkat. Apabila saat ini UHH Tanggamus berkisar 68 Tahun, maka diharapkan ditahun-tahun mendatang dapat meningkat dan menyamai UHH Nasional yang telah mencapai lebih dari 71 Tahun ,dengan UHH meningkat maka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Tanggamus pun akan semakin meningkat, karena angka Harapan Hidup adalah salah satu Komponen dalam perhitungan IPM, Ujarnya".

Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Tanggamus Sri Nilawati Syafi'i, menyampaikan Adapun tujuan yayasan jantung Indonesia adalah meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah melalui pemasyarakatan panca Usaha jantung sehat, turut menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas sehat sejahtera bebas penyakit jantung dan pembuluh darah, dan meningkatkan kemampuan masyarakat untuk menjaga kesehatan dirinya melalui penyuluhan tentang penyakit jantung dan pembuluh darah serta upaya pencegahannya.

Kami berkomitmen bahwa ya gi ke depan akan tanggap mengantisipasi penyakit jantung dan bisa menyusun langkah yang strategis serta tepat untuk melakukan pencegahan seperti penyuluhan kepada generasi muda khususnya perempuan dan kepada ibu-ibu atau kaum perempuan.

prioritas sasaran Kegiatan Yayasan jantung Indonesia adalah anggota kelompok jantung sehat (KJS) kelompok atau organisasi perempuan, kelompok kelompok seniman, organisasi agama dan masyarakat luas, di mana kepada mereka mereka kami akan memaksa rakyat kan gerakan panca Usaha jantung sehat antara lain seimbang gizi tidak merokok mengelola stress mengatur tekanan darah dan teratur berolahraga.

Pada tahun 2021 mendatang kami sudah merencanakan kegiatan diantaranya adalah pembentukan klub jantung sehat (KJS) di 20 Kecamatan pemberdayaan pada kelompok remaja dan perempuan dengan menggandeng tag holder terkait untuk ikut berperan dalam kegiatan Yayasan jantung Indonesia (YJI) cabang Tanggamus serta berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan oleh pusat maupun yi cabang utama Provinsi Lampung.

Adapun Kepengurusannya adalah berdasarkan surat keputusan pengurus pusat Yayasan jantung Indonesia (YJI) cabang utama Lampung Nomor : 040/YJI-CU-LPG/SK/VII/2020 TENTANG pengesahan susunan pengurus dan pembentukan Yayasan jantung Indonesia (YJI) cabang Tanggamus masa bakti 2020 - 2025.
Memutuskan penasehat utama
- Bupati Tanggamus, Wakil Bupati Tanggamus , Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Kesehatan Tanggamus, 
- Badan pengurus NU. Sri Nilawati Syafi'i, 
- Pelaksana kegiatan bidang pengembangan dana : Siti Rahma,  S.I. Kom
- Bidang komunikasi : Darius putrawan
- Bidang preventif : Wahyu Widayati
- Bidang medis : Dr. Benson printing Ginting. (wan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages