Terjang Ombak, Marinir bersama UTI Salurkan Bantuan Kepada Warga desa Pulau Legundi - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Minggu, 06 Desember 2020

Terjang Ombak, Marinir bersama UTI Salurkan Bantuan Kepada Warga desa Pulau Legundi


Pesawaran, Harian Koridor.com-Dalam rangka pembinaan desa pesisir (bindesir) Brigade Infanteri 4 Mar/BS bersama Universitas Teknokrat Indonesia memberikan bantuan berupa rumpon bagi masyarakat Pulau Legundi, Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran. Pelepasan rumpon menuju titik yang telah ditentukan dilakukan secara langsung oleh Komandan Brigif 4 Mar/BS di dermaga Legundi, Sabtu 5 Desember 2020.

Rumpon merupakan salah satu alat bantu penangkapan ikan yang telah dikenal oleh masyarakat nelayan. Rumpon mempunyai konstruksi menyerupai pepohonan yang dipasang/ditanam pada kedalaman tertentu di suatau tempat di perairan laut  yang berfungsi sebagai tempat berlindung, mencarai makan, memijah & berkumpulnya ikan. Sehingga rumpon ini dapat diartikan tempat  berkumpulnya ikan di laut untuk mengefisienkan operasi penangkapan bagi para nelayan.

Komandan Brigif 4 Mar/BS Kolonel Mar Nawawi menyampaikan bahwa Marinir merupakan bagian dari TNI Angkatan Laut yang memiliki kewajiban untuk menemukan berbagai macam potensi maritim yang ada di wilayahnya. 


“Selain Pulau Legundi yang sudah menjadi desa binaan Brigif 4 Marinir/BS, kami juga berkeliling untuk mencari potensi-potensi yang bisa dikembangkan lagi,” ujarnya.


Rumpon ini, lanjutnya, diharapkan dapat membantu masyarakat meningkatkan perekonomian yang hingga saat ini masih dihantui pleh pandemi Covid-19.


“Jadi rumpon ini ada 6 buah dari masyarakat dan untuk masyarakat, kita lihat sebulan kemudian psti sudah akan menghasilkan ikan-ikan besar nelayan disini,”tambahnya.


Sementara itu, Ketua Yayasan Universitas Teknokrat Indonesia Mahathir Muhammad menyampaikan, selain rumpon bagi nelayan Pulau Legundi, Ia juga menjanjikan bahwa akan memberikan beasiswa 100 persen bagi anak-anak pulau yang ingin berkuliah.


“Kami juga bawa bantuan 100 paket sembako, dan kami siap membina anak-anak pulau legundi yang ingin berkuliah di Universitas Teknokrat Indonesia dengan gratis,” tegasnya.


Dengan adanya bantuan rumpon yang diberikan oleh Brigif 4 Mar/BS, warga pulau Legundi yang mayoritas berpforesi sebagai nelayan merasa sangat terbantu. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dusun (Kadus) Sunval, Suhali.


“Sebelumnya belum pernah ada yang kasih bantuan rumpon, baru Marinir yang bersedia untuk membantu kami nelayan di Pulau Legundi,”ungkapnya.(*).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages