Ini Kata Muktaridi Soal UKW Keprofesionalan dalam Jalankan Profesi Wartawan - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Kamis, 04 Februari 2021

Ini Kata Muktaridi Soal UKW Keprofesionalan dalam Jalankan Profesi Wartawan


Metro, Harian Koridor.com-Ketua DPC Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Kota Metro, Muktaridi RB  menyatakan sekarang ini Kota Metro membutuhkan sosok wartawan berkualitas, kritis,  inovatif. 

Serta mampu melahirkan karya jurnalistik bagi upaya mencerdaskan masyarakat, untuk mempercepat pembangunan dan kemajuan daerah Sai Bumi Wawai, di masa mendatang.


Hal itu dikatakan Kepala Biro Mitra Pol untuk Lamtim dan Metro, Muktaridi yang juga sebagai Ketua DPC PWRI Kota Metro. Didampingi oleh Wendy Dy, juga sebagai Redaktur Media Cetak dan OnLine Konkrit News. Kepada Harian Koridor dikantornya, Kamis (04/02/2021) siang itu. Diselimuti mendung yang cukup tebal.


Dia mengatakan, upaya peningkatan kualitas jurnalis, bisa dilakukan dengan memperbanyak program pelatihan dan pendidikan bagi para wartawan. Salah satunya mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang juga merupakan bagian penting, tugas wartawan itu sehari harinya.


 "Profesionalisme wartawan sekarang ini, khususnya di Kota Metro bisa terus meningkat. Seiring kemajuan teknologi informasi yang berkembang pesat. Apalagi pertumbuhan media berbasis internet saat ini terus memenuhi ruang publik dan peningkatan pembaca yang terus bertambah,  jadi rekan wartawan yang mengikuti UKW, diharapkan benar-benar profesional dalam menjalankan tugasnya,"ujarnya lagi kepada Koridor.


Dikatakan Muktaridi lagi, tumbuh pesatnya profesi wartawan, karena sebagian organisasi wartawan tidak menyeleksi pendidikan formal wartawan. Sehingga sangat mudah seseorang menyandang profesi sebagai wartawan. 

"Sekarang ini PWRI Kota Metro, sebagai organisasi wartawan, akan terus memberikan arahan kepada anggotanya, betapa pentingnya, etika jurnalistik itu, sebagai rambu untuk wartawan di lapangan," katanya, dengan raut wajah yang serius.


Tokoh pers  muda kota Metro ini, lebih jauh. Mengatakan bahwa wartawan kreatif inovatif dalam melahirkan karya bidang jurnalistik diperlukan bagi kemajuan Metro ke depan. Konstribusi pemikiran para jurnalis yang bertugas diperlukan untuk mendukung kemajuan pembangunan, yang sedang dan akan dilaksanakan pemerintah daerah ini.


Namun, dia menambahkan, yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kehormatan dan kepercayaan yang telah diberikan masyarakat. "Ini penting dilakoni para jurnalis yang bertugas di Metro," katanya


Hal lain, ketua DPC PWRI Kota Metro ini, menyampaikan juga harapannya. Dalam menanggapi, akan digelarnya Konferensi Kota(Konferkot) PWI Kota Metro, yang dijadwalkan berlangsung  bulan Febuari ini. Salah satu tujuan dari Konferkot tersebut adalah memilih Ketua PWI Kota Metro periode 2021-2024.


"Kami mengharapkan momentum Konferkot PWI Metro yang berlangsung bulan Febuari nanti, ini bisa tampil sosok Ketua PWI  Metro, yang aktif-kreatif, inovatif, memiliki kemampuan dan visi melahirkan jurnalis wartawan anggota PWI berkualitas. Serta paling penting dan tentunya dapat bekerjasama dengan organisasi kewartawan lain, didaerah ini. Termasuk dengan PWRI Kota Metro,"katanya menambahkan. (Husni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages