Pemprov Lampung Tinjau Lokasi Pengembangan Perkebunan di Lambar - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Sabtu, 06 Februari 2021

Pemprov Lampung Tinjau Lokasi Pengembangan Perkebunan di Lambar


Lambar, Harian Koridor.com-Pemerintah Provinsi Lampung melaksanakan peninjauan lokasi pengembangan perkebunan dataran tinggi, peternakan dan infrastruktur jalan di Kabupaten Lampung Barat pada Jum'at (5/02).


Setelah sebelumnya meninjau lokasi pengembangan pembangunan perkebunan dataran tinggi di wilayah Tanggamus dan  Pesisir Barat, pada hari ini Tim yang dipimpin oleh Asisten II Setda Provinsi Lampung, Ediyanto kembali melaksanakan peninjauan lokasi yang terletak di Kabupaten Lampung Barat. 

Asisten II Setda Provinsi Lampung dalam kunjungan tersebut didampingi Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Lampung,. Achmad Chrisna Putra,.Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi, Kadis Peternakan & Keswan, Biro Perekonomian, Bappeda dan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan & Hortikultura.

Rombongan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Barat, Akmal Abd Nasir, beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung sebagai tindak lanjut dari arahan Menko Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut B. Pandjaitan, pada Rapat Koordinasi Pembangunan Infrastruktur dan Transportasi di Provinsi Lampung pada 26 Januari yang lalu. Dalam rapat tersebut, Menko Kemaritiman dan Investasi meminta pengembangan pada sektor pertanian khususnya sektor hortikultura di Provinsi Lampung, mengidentifikasi calon lokasi pengembangan pertanian dan perkebunan pada wilayah dengan topografi berada pada ketinggian 800-1200 meter di atas permukaan laut, serta rencana pembangunan Pusat Kegiatan Olahraga (Sport Center).

Peninjauan  lapangan dimaksudkan untuk mengetahui secara langsung kondisi lahan yang akan digunakan untuk pengembangan perkebunan dan pertanian  dataran tinggi karena di dalam penentuan potensi pengembangan kawasan diperlukan kajian guna tersedianya data dan informasi sumber daya lahan, terutama data sparsial yang menyajikan karakteristik tanah/lahan, potensi dan tingkat kesesuaian lahan, distribusi dan luasannya. 

Peninjauan lapangan juga dilakukan di peternakan Sapi dan Kambing Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang berlokasi  di Way Tenong,  peninjauan perkebunan Sayur dan buah berlokasi di Kecamatan Sukau dan peninjauan ke  Sekolah Kopi dan peekebunan Kopi. Selain melihat rencana jalan Suoh-Wonosobo.

Provinsi Lampung memiliki potensi sektor pertanian yang luar biasa, salah satunya adalah sektor hortikultura dan perkebunan, antara lain: bawang putih, merah, cabai, sayuran, pisang, alpukat, kopi dan lada.

Potensi pengembangan komoditas sektor pertanian khususnya hortikultura dan perkebunan akan fokus pada pengembangan wilayah dengan topografi berada pada ketinggian 800-1200 meter di atas permukaan laut, seperti di Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesisir Barat.(red). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages