Plh. Bupati Way Kanan Pimpin Musrenbang Secara Virtual - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Senin, 22 Februari 2021

Plh. Bupati Way Kanan Pimpin Musrenbang Secara Virtual


Way kanan, Harian koridor.com-Plh. Bupati Way Kanan, Saipul S.Sos., M.IP Melakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Baradatu dan Gunung Labuhan, Senin (22/02/2021).


Hadir Pada Kegiatan tersebut, Ketua DPRD Way Kanan, Nikman Karim, S.H, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, Inspektur Daerah Kabupaten, Sekretaris DPRD, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan umum, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Dinas Perkebunan, Dinas Sosial, Camat Baradatu, Camat Gunung Labuhan Serta Kepala Bagian Setdakab.


Musrenbang tersebut dilaksanakan Sesuai Dengan Surat Bupati Way Kanan Nomor 050/140/V.01-WK/2021 Terkait Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan Tahun 2021 se-Kabupaten Way Kanan Yang Dilaksanakan Mulai Dari Senin 22 Februari 2021 Sampai Dengan Kamis 25 Februari 2021.


Pada arahannya, Plh. Bupati Saipul juga menyampaikan bahwa Musrenbang Kecamatan kali ini berbicara tentang Perencanaan Pembangunan di Tahun kedua Priode Pemerintahan 2021-2024 yaitu Tahun Anggaran 2022, dan merupakan Musrenbang yang istimewa karena dilaksanakan melalui mekanisme Zoom Meeting sebagai upaya menjalankan Protokol Kesehatan dalam suasana Pandemi Covid-19.


“Beberapa isu penting yang perlu perhtian dalam penyusunan Program 2022 adalah bahwa Pandemi Covid-19 belum berakhir dan masih perlu waktu upaya penanggulangannya, meskipun Vaksin telah ditemukan, kondisi ekonomi belum pulih ditandai masih rendahnya pertumbuhan serta kemampuan birokrasi yang perlu terus ditingkatkan seiring meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap pelayanan yang semakin efektif dan efisien” Ucap Plh. Bupati Way Kanan.


“Terdapat tiga arah kebijakan pembangunan Tahun 2022, yaitu meningkatkan Pembangunan SDM melalui pelayanan kesehatan, pendidikan dan sosial yang semakin baik dengan target utama penanganan Covid-19 untuk mempertahankan zona hijau, pelayanan pendidikan yang merata dan terjangkau bagi seluruh peserta didik dan perlindungan sosial bagi penyandang masalah sosial, anak dan perempuan. Selain itu, pembangunan ekonomi sebagai pemulihan dampak ekonomi akibat covid 19, dilakukan dengan upaya mendorong peningkatan produktifitas pertanian, mengembangkan usaha  mikro, pariwisata dan ekonomi kreatif” Lanjutnya.


Plh. Bupati Way Kanan menyampaikan Musrenbang ini diharapkan dapat merumuskan usulan program dan kegiatan skala Kecamatan yang belum tertampung dalam Musrenbang Kampung. Untuk itu, usulan yang disampaikan hendaknya memperhatikan keselarasan dengan visi Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan Tahun 2021-2024 yaitu “Way Kanan Unggul dan Sejahtera”


“Melalui tema Pembangunan 2022 yaitu “Menuju Way Kanan Unggul dan Sejahtera Dengan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Perekonomian Masyarakat Berbasis Pertanian dan Usaha Mikro”, meskipun pembangunan ekonomi sangat pentingn, akan tetapi sektor lain tetap menjadi perhatian secara proporsional agar fungsi Pemerintahan kampung sebagai penyelenggara pelayanan, pemberdayaan dan pembangunan Kampung dapat berjalan secara seimbang”, jelas Plh. Bupati, Saipul.


Pada Kesempatan tesebut, Ketua DPRD Way Kanan, Nikman Karim, S.H Menyampaikan didalam pembangunan sumber daya manusia, berkaitan dengan pelayanan publik dan lain-lain, diharapkan untuk memfokuskan dalam pelayanan rumah sakit, terutama rumah sakit pemerintah agar dapat ditingkatkan lagi mutu dan kualitas pelayanannya.


Kegiatan dilanjutkan dengan Pemaparan Usulan Prioritas Pembangunan Kecamatan Gunung Labuhan dan Baradatu Pada Tahun 2021 untuk Tahun 2022 Oleh Camat Gunung Labuhan, Radiyus Oktorisa, S.STP dan Camat Baradatu, Desta Budi Rahayu, S.STP. (red/rl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages