Ini Kata Bupati Adipati Soal Musrenbang Tahun 2021 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Jumat, 26 Maret 2021

Ini Kata Bupati Adipati Soal Musrenbang Tahun 2021


Way kanan,Harian Koridor.com-Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten Way Kanan tahun 2021 dalam rangka menyusun RKPD Kabupaten Way Kanan tahun 2022. 


Dalam sambutannya Bupati way kanan Raden Adipati Surya mengatakan, Musrenbang Kabupaten Tahun 2021 ini,  merupakan bagian penting dari system perencanaan pembangunan Nasional sebagai upaya untuk mewujudkan sinergitas pembangunan  tingkat Kampung, Kabupaten, Provinsi dan Nasional.


Melalui Musrenbang ini  kita akan  menentukan arah kebijakan dan program pembangunan tahun 2022 untuk menjawab berbagai persoalan aktual yang dirasakan oleh masyarakat.  Oleh karena itu masukan-masukan dari saudara sekalian akan sangat berharga dan memiliki arti penting bagi upaya meningkatkan kualitas RKPD Tahun 2022.



Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan tahun 2022 merupakan tahun kedua pelaksanaan dari RPJMD Kabupaten Way Kanan tahun 2021–2026.



Dokumen RKPD ini disusun untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan dan penganggaran. Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) mempunyai peranan strategis dan penting, secara formal menjadi landasan penyusunan Kebijakan Umum APBD (KUA), Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara, dan R-APBD Tahun Anggaran 2022. 



Pandemi covid 19 telah berdampak besar bagi kehidupan kita terutama pada ekonomi. Kondisi tersebut berpengaruh pada realisasi penerimaan Negara (APBN) yang berdampak kepada pendapatan daerah (APBD).    Mencermati persoalan yang kita hadapi saat ini,  saya berharap rencana pembangunan 2022 harus berdasarkan prioritas dengan focus target sasaran yang lebih tajam dan memperhatikan kondisi keuangan kita.   


Oleh karena itu dalam menyusun program prioritas pembangunan harus lebih realistis sesuai permasalahan aktual yang kita hadapi serta memiliki dampak  kemanfaatan publik. Prioritas dan sasaran yang dirumuskan dalam   Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 hendaknya dapat memecahkan permasalahan dan isu strategis pembangunan dengan memperhatikan hasil evaluasi capaian kinerja pembangunan periode sebelumnya dan memperhatikan isu isu strategis yang berkembang saat ini.


Dengan memperhatikan Tema dan Prioritas Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Kerja Pemerintah  Provinsi tahun 2022. Kemudian memperhatikan  Visi dan Misi  RPJMD Way Kanan 2021-2026 yang saat ini dalam proses  yaitu : “Way Kanan Unggul dan Sejahtera”  dengan  Misi  4 Tahun kedepan akan :


1.Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik 

2.Meningkatkan Kualitas Lingkungan Hidup Dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan 

3.Meningkatkan Kualitas Kehidupan Masyarakat dan Kompetensi  Sumberdaya Manusia Daerah 

4.Meningkatkan Perekonomian Daerah Berbasis Kawasan Didukung Ketersediaan Infrastruktur

Maka Tema Rencana Kerja Pembangunan Daerah  Kabupaten Way Kanan tahun 2022 yaitu, Memantapkan Pemulihan Ekonomi, Peningkatan Kesehatan dan SDM Berkualitas menuju Way Kanan Unggul Sejahtera.  Dengan program prioritas Antara lain,Pembangunan SDM terutama  Pengendalian Covid 19, pelayanan Pendidikan & sosial Pemulihan Ekonomi, peningkatan produktifitas pertanian IKM, UMKM, dan  Pariwisata & Peluang investasi,Meningkatkan tatakelola pemerintahan dan pelayanan publik, Pengelolaan lingkungan hidup & Infrastruktur untuk mendukung ekonomi dan pelayanan publik.

 

Penyusunan RKPD tahun 2022 ini, saya minta kepala perangkat daerah agar fokus dan terarah dalam penyusunan program, kegiatan dan sub kegiatan sehingga rencana pembangunan pada Tahun 2022 dapat tercapai sesuai dengan Prioritas Pembangunan yang telah ditetapkan dan sesuai dengan tema Way Kanan Unggul dan sejahtera.(ludi) 


Hadir dala acara tersebut,Sekda kab way kanan,kapolres wk, Damdim 0427 Wk,kajari Wk,Kepala BPS Wk, dan seluruh SKPD WK.(ludi) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages