Ketua DPRD Lampura Resmikan Penangkaran Benih Sorgum - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Sabtu, 06 Maret 2021

Ketua DPRD Lampura Resmikan Penangkaran Benih Sorgum


Lampura, Harian koridor.com-Ketua DPRD Kabupaten Lampung Utara Romli,A.md meresmikan penangkaran benih sorgum manis vub agritan Bio guma  sertifikasi Nasional, kelompok tani Maju Jaya Tani di Desa Suka Maju Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten setempat, Rabu (3/3/2021).


Turut hadir pada acara peresmian penangkaran benih sorgum tersebut, Romli, Amd., Ketua DPRD Lampura,Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Maria Juwita, SP, Kepala BPSB Provinsi Lampung M. Zainuddin Akbar, Kepala Dinas Penyuluhan ketahanan pangan Provinsi Lampung diwakili Kabid Penyuluhan ketahanan pangan Yesi Nur Sukmawati, Camat Bunga Mayang Edyansyah, ST., MM., diwakili Sekcam Hipni, SE., MM, Ai Ike Sari Banon, SE., selaku Kades Suka Maju, Sekretaris Provinsi Lampung ICD Adi Candra, Sekretaris ICD Lampura Rohik, Ketua Kelompok Tani Maju Jaya Tani Desa Suka Maju Surono serta Penggiat Sorgum.



Ketua DPRD Lampura Romli, A.md usai meresmikan penangkaran bibit sorgum mengatakan, “Diresmikan penangkaran bibit sorgum bio 2 yang insyaallah kita akan wujudkan bibit yang berkualitas sehingga dapat memberikan keyakinan dan kepastian kepada masyarakat, bahwa bibit yang di tanam ini, adalah bibit yang berkualitas, yang baik, yang menghasilkan dan menguntungkan bagi petani itu sendiri,” Jelas Romli



“Ya, harapan saya dalam kontek kita menjawab keluh, kegaduhan, kegalauan dari pada petani Lampung Utara yang tidak menentu, terkait masalah pertanian nya maka hadir nya inisiasi kawan-kawan ICD untuk menanam Sorgum, ini suatu jawaban untuk petani khusus nya di Lampung utara, di Provinsi Lampung umum nya dapat menentukan pilihan nya, mana lebih simple, lebih mudah dan lebih menghasilkan, lebih menghasilkan tentunya menguntungkan.”Harap Ketua DPRD Lampura Romli, A.md.



Hal senada, Ai Ike Sari Banon, SE, dalam sambutanya mengucapkan selamat datang dan sekaligus mengucapkan terimakasih terhadap para tamu yang hadir di desanya dalam rangka meresmikan penangkaran bibit Sorgum di desa Suka Maju Kecamatan Bunga Mayang.



selanjutnya, Ike menceritakan sejarah Desa Suka Maju saat ini usianya baru 13 tahun, dengan adanya inisiatif dari kelompok tani, dan tidak menyangka akan mendapatkan kunjungan orang penting dari kabupaten Lampura bahkan dari provinsi Lampung, besar harapan ingin memberikan hal yang lebih bersama para kelompok tani yang hadir, tetapi sesuai mungkin dengan kemampuan kami, inilah yang bisa kami berikan, di dalam kesederhanaan, mudah-mudahan manfaat untuk kita semua akan semakin besar.


“Saya juga bangga dari 247 Kelurahan dan Desa di Lampura, desa Suka Maju yang terpencil jauh dari Ibukota bisa kedatangan tamu istimewa,” Ucapnya


“Saya berharap kelompok-kelompok tani yang lain, walaupun tidak berinovasi di dalam satu kegiatan, silakan kita harus berinovasi yang lain, saya selaku pemerintah desa akan selalu mendukung selagi kegiatan bersifat positif dan memberikan manfaat bagi kita semua.” Harap Kades Suka Maju Ai Ike Sari Banon, SE.



Kepala BPSB Provinsi Lampung M. Zainuddin Akbar dalam sambutanya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak ICD Provinsi Lampung, yang mana ICD ini semakin hari semakin exis dalam rangka untuk mencerdaskan Provinsi Lampung melalui program di bidang pertanian, berinovasi untuk menanam Sorgum di Provinsi Lampung.



“Saya berharap ICD nantinya dengan Legeslatif yang mensuport kita melalui program-programnya khususnya di dinas pertanian Lampura, dan juga dari provinsi Lampung akan teruskan tentang perkembangan penanaman Sorgum di Lampura, pada intinya kami sangat mendukung program perkembangan penanaman Sorgum ini di Provinsi Lampung karena salah satu tanaman yang tahan di lahan kering.” Harapnya.



Ditempat yang sama Adi Candra selaku sekretaris ICD Provinsi Lampung dalam sambutanya mengharapkan Ketua DPRD Lampura bisa menjadi pembina ICD Lampura kedepannya, dan Adi Candra selaku sekretaris Provinsi Lampung menyampaikan bahwa penangkaran benih varitas unggul bio gulma 2 ada tiga Provinsi yang dapat yaitu ; NTT, Sumsel dan untuk di Lampung disinilah tempatnya.


.


“Suatu prestasi yang telah di peroleh kelompok tani Maju Jaya Tani, tentunya kami perlu pendampingan, tentang hulu dan hilirnya kami perlu pendampingan tentang sertifikasi perlu pendampingan, karena teman-teman sangat berharap sekali perhatian dari semua pihak, dinas pertanian Lampura maupun dinas pertanian provinsi Lampung, hal ini sangat kami harapkan dari saat ini, sampai ke panenya nanti, semoga apa yang kita tanam hari ini menjadi ladang ibadah kita semua.”Harap Adi Candra selaku Sekretaris ICD Provinsi Lampung.



Rohik selaku Sekretaris ICD Kabupaten Lampung Utara dalam sambutanya menyampaikan, “Apresiasi kepada ketua DPRD Kabupaten Lampura yang mana bisa sampai ke desa suka maju bahkan dengan sabar menunggu hampir dua jam, dan kami selaku pengurus ICD maupun masyarakat tidak bosan-bosanya meminta petunjuk serta arahan, bagaimana petani Sorgum ini bisa maju, bisa kuat dan Lampura bisa jaya melalui sektor pertanian,” Katanya.



“Ketika kita berbicara Sorgum kita tidak terlepas dari pertanian, ketika berbicara pertanian kita bukan berbicara anggaran, bukan berbicara proyek tetapi berbicara pertanian kita berbicara ketahanan pangan, berbicara kemanusiaan, dalam hal ini kita luar biasa mempunyai seorang pemimpin ibu Kades, Ketua DPRD Kabupaten Lampura dan bisa memanusiakan manusia masyarakat di Lampura,”Tegas Sekretaris ICD Kabupaten Lampura.



“Besar harapan kita dengan adanya Sorgum memberikan inovasi, memberikan solusi, memberikan karya nyata untuk membangkitkan perekonomian khususnya di desa Suka Maju. ICD adalah Indonesia Cerdas Desa, kenapa kita kasih ICD karena kita berharap pertanian adalah dari desa, ketika petani jaya maka masyarakat akan kuat, masyarakat sejahtera bersama ICD kabupaten lampura maupun ICD Provinsi Lampung,” Urainya.



Besar harapan kita, kita harus berkoordinasi selalu bersinergi melalui Legeslatif maupun Eksekutif di Kabupaten Lampura, karena petani tidak akan maju, petani tidak akan jaya apabila tidak ada dukungan dari Eksekutif maupun Legeslatif. Dan kita kedepan Sorgum ini menjadi contoh, menjadi ketahanan pangan untuk masyarakat Kabupaten Lampura.” Pungkasnya.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages