Pemkab Way Kanan Gelar Musrenbang Tingkat Kecamatan - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Selasa, 23 Maret 2021

Pemkab Way Kanan Gelar Musrenbang Tingkat Kecamatan


Way Kanan, Harian koridor.com-Pemkab Way Kanan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan secara virtual, di Ruang Rapat Utama, Senin,(22/02/2021)


Plh. Bupati Way Kanan, Saipul, mengatakan bahwa Musrenbang Kecamatan kali ini berbicara tentang perencanaan pembangunan tahun kedua periode pemerintahan 2021-2024 yaitu tahun anggaran 2022.


Juga merupakan Musrenbang yang istimewa karena dilaksanakan melalui mekanisme zoom meeting sebagai upaya menjalankan protokol Kesehatan dalam suasana pandemic covid 19.


“Musrenbang tingkat kecamatan adalah kelanjutan dari Musrenbang tingkat kampung pada Januari 2021 dimana hasilnya telah diinput Dalam SIPD,”ujar PLH Bupati Way Kanan,” ujarnya.


Saipul menjelaskan Musrenbang ini diharapkan dapat merumuskan usulan program dan kegiatan skala kecamatan yang belum tertampung dalam musrenbang kampung.


Oleh karena itu usulan yang disampaikan, hendaknya memperhatikan Keselarasan dengan visi Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan 2021-2024 “Way Kanan Unggul dan Sejahtera”.


BACA JUGA:  MPC-PP Lamtim Ikut Meriahkan HUT RI Ke-75 di Batanghari Nuban

Pemerintahan kedepan bertekad membawa Kabupaten Way Kanan menempati posisi yang baik diantara pemerintah kabupaten lain, baik dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan ekonomi maupun sumber daya manusianya, dan setiap warga masyarakat dapat menikmati hasil-hasil pembangunan secara berkelanjutan.


Program yang dijalankan pemerintah daerah memberikan dampak pada kesejahteraan masyarakat serta memiliki nilai lebih dari daerah lain;


“Diharapkan kebutuhan fisik, psichis dan sosial masyarakat semakin terpenuhi,” kata Saipul.


Lalu memperhatikan skala prioritas yang menjadi kebutuhan Utama mengingat terbatasnya sumber daya yang tersedia;


Sinergitas antar program dan agenda pemerintah Daerah, Pemerintahan Kampung, Provinsi dan Nasional.


“Tema pembangunan 2022 adalah Menuju Way Kanan Unggul dan Sejahtera Dengan Pengembangan Sumberdaya Manusia dan Pengembangan Perekonomian Masyarakat Berbasis Pertanian dan Usaha Mikro,” jelasnya.


Untuk mendukung kebijakan tersebut maka saya minta agar Camat dan jajaran SKPD terkait melakukan koordinasi dan pembinaan kepada masyarakat, khususnya kepada pemerintah kampung untuk lebih memfokuskan program tahun 2022:


Kampung agar mendorong pengembangan usaha ekonomi, dimana setiap kampung diharapkan mampu memanfaatkan potensi daerahnya dengan bersinergi dengan kelompok tani, usaha mikro, dan penyuluh pertanian.


“Untuk itu pembangunan ekonomi sangat penting, akan tetapi sektor lain tetap jadi perhatian secara proporsional agar fungsi pemerintahan kampung sebagai penyelenggara pelayanan, pemberdayaan dan pembangunan kampung dapat berjalan secara seimbang,” ungkapnya.


Acara tersebut dihadiri langsung,Anggota DPRD Kabupaten Way Kanan,Kepala SKPD Lingkup Pemkab Way Kanan,Camat dan Kepala Kampung/Kelurahan, Beserta jajarannya.(ludi) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages