Peringatan HPSN 2021, Wujudkan Lambar Yang Berbudaya, Bersih dan Sehat - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Selasa, 09 Maret 2021

Peringatan HPSN 2021, Wujudkan Lambar Yang Berbudaya, Bersih dan Sehat


Lambar, Harian Koridor.com-Kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2021 di Lampung Barat 9 Maret 2021 tempat di Aula Kagungan Setda Kabupaten, kali ini mengusung tema ‘Sampah Bahan Bahan Baku Ekonomi Di Masa Pandemi’. Dalam kegiatan tersebut turut hadir Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, Sekda Akmal Abd. Nasir, SH., Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wasisno Sembiring, SE, MP dan Kepala OPD Lambar.


Wakil Bupati Lambar Drs. Mad Hasnurin menuturkan bahwa, “Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menetapkan tanggal 21 Februari sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Penetapan tanggal itu dimaksudkan untuk mengenang tragedi longsor sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah, Kota Cimahi, Jawa Barat, pada tanggal 21 Februari 2005 silam,” tuturnya.


Dilaksanakannya acara tersebut Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor  SE. 1/MINLHK/TSLB3/PLB.0/2/2021 tentang hari Peduli Sampah Nasional 2021. Surat Sekretariat Daerah Provinsi Lampung Nomor 005/0505/V.10/2021 tentang Hari Peduli Sampah Nasional 2021.


“Pada kesempatan ini atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Barat maupun atas nama pribadi saya mengajak kepada semua pihak untuk terlibat dan melaksanakan tugas dengan mendedikasikan tenaga, waktu, dan pikiran dalam upaya mengelola sampah untuk hidup bersih sehat dan bernilai sehingga mewujudkan Kabupaten Lampung Barat yang berbudaya, bersih dan sehat,” ucap Wakil Bupati Lambar Drs. Mad Hasnurin.




Aksi bebas sampah Nasional ini dapat dijadikan parameter bagi masyarakat dan seluruh Aparat di Kabupaten Lampung Barat untuk selalu peduli dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik lagi di masa mendatang.


“Saya berharap hal tersebut dapat menjadi pemicu bagi kita semua untuk lebih meningkatkan pembangunan di sektor- sektor lainnya, sehingga Kabupaten Lampung Barat dapat menorehkan prestasi yang tertinggi. Selain itu rangkaian sosialisasi dan pelatihan dan sampah sejenis Rumah Tangga, hendaknya juga mampu memotivasi dan meningkatkan kesadaran seluruh Aparat Pekon/Kecamatan dan lapisan masyarakat Kabupaten Lampung Barat dalam menjaga kebersihan dan keindahan di lingkungan masing – masing. Salah satunya dengan cara mengelola sampah mulai dari diri sendiri,” lanjutnya.


Aksi Bebas Sampah Nasional ini bukan hanya seremonial saja tetapi harapannya akan menjadi nilai tambah sehingga dapat berdampak terhadap nilai ekonomi dan budaya. selain itu Aksi Bebas Sampah Nasional  ini merupakan salah satu akses dari komitmen kita dalam membentuk sistem sosial dalam menjaga keseimbangan lingkungan.


“Aksi Bebas Sampah Nasional Kabupaten Lampung Barat mengajak seluruh lapisan masyarakat dan Aparat Pekon / Kecamatan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dalam mewujudkan pengelolaan sampah, sehingga sampah dapat di tangani dan dikurangi mulai dari timbulan sampah di Rumah Tangga,” ucap Wakil Bupati Lambar Drs. Mad Hasnurin.


Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk dapat mempertahankan serta meningkatkan partisipasi semua lapisan masyarakat. dengan pengelolaan sampah sehingga dapat bernilai ekonomis dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tidak berarti perjuangan kita selesai, namun kita semua tetap wajib menangani dan mengurangi sampah sesuai dengan Perpres No.17 tahun 2018 tentang penanganan dan pengurangan sampah secara Nasional. Yaitu 79% penanganan dan 30% pengurangan Sampah Rumah Tangga. Selengkapnya.. kunjungi lampungbaratkab.co.id.(Lia) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages