Walikota Metro Melalui Dinas Pertanian Beri Bantuan Peralatan Pertanian Pada Kelompok Tani - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Rabu, 24 Maret 2021

Walikota Metro Melalui Dinas Pertanian Beri Bantuan Peralatan Pertanian Pada Kelompok Tani


Metro, Harian koridor.com-Guna mendukung kesejahteraan petani dan ternak di Kota Metro, Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Kota Metro memberikan bantuan secara simbolis ke beberapa Kelompok Tani dan Ternak di Kota Metro saat panen perdana di Purwoasri Metro Utara, Rabu (24/03/2021).


Walikota Metro Wahdi mengatakan, penyerahan bantuan ini sebagai upaya Pemerintah dalam memberikan perhatian yang sungguh-sungguh, dalam pembangunan sektor pertanian dan telah berkomitmen untuk mewujudkan Kedaulatan Pangan serta Kesejahteraan Petani dan peternak.


“Dari kegiatan diharapkan mempu meningkatakan hasil produktifitas para petani agar lebih maksimal dan mendukung program kerja kami dalam 100 hari kerja,” kata Wahdi.


Dalam laporan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Metro Hery Wiratno mengatakan, penyerahan ini merupakan bantuan dari pemerintah Pusat dan pemerintah daerah untuk Kelompok Tani dan Kelompok Ternak se-Kota Metro.


Penyerahan bantuan ini diantaranya untuk  kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L), sumber dana DAK Nonfisik untuk 7 Kelompok Wanita Tani, masing-masing sejumlah Rp 55.000.000,- diwakili oleh KWT Tani Jaya Kelurahan Purwoasri, Kecamatan Metro Utara.


“Bantuan untuk 5 Kelompok lumbung Pangan Masyarakat, masing-masing sejumlah Rp 7.740.000,- diwakili oleh LPM Setuju Kelurahan Purwosari, Kecamatan Metro Utara. Bantuan untuk kegiatan Pengembangan Jalan Usaha Tani, sumber dana APBN untuk 3 kelompok tani masing-masing-masing sebesar Rp 100.000.000,- diwakili oleh Kelompok Tani Sri Makmur,” ujar Hery Wiratno.


Lanjutnya, untuk kegiatan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier, dana dari  Direktorat Jenderal PSP untuk 12 kelompok P3A masing-masing sebesar Rp 75.000.000,- diwakili oleh P3A Guna Tirta II, Kelurahan Purwoasri, Kecamatan Metro Utara. Kegiatan Pembangunan Irigasi Perpompaan,  dari Direktorat Jenderal PSP untuk 1 kelompok tani sebesar Rp 107.600.000,- diwakili oleh Kelompok Tani Setia Karya I, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Metro Utara.


“Untuk kegiatan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier sumber dana APBD Kota Metro untuk 13 kelompok tani masing-masing sebesar Rp 100.000.000,- diwakili oleh Kelompok Tani Karya Maju II, Kelurahan Banjarsari. Kegiatan pembangunan Jalan Usaha Tani dari dana APBD Kota Metro, untuk 5 kelompok tani masing-masing sebesar Rp 100.000.000,- diwakili oleh Kelompok Tani Gembira I, Kelurahan Karangrejo,” kata Hery Wiratno.


Kemudian bantuan untuk Alsintan Traktor Roda 4, sumber dana APBN untuk 1 Kelompok Tani yaitu Kelompok Tani Hadimakmur Satu, Kelurahan Hadimulyo Timur. Alsintan Traktor Roda II, dana APBN untuk 3 Kelompok Tani yang diwakili oleh Kelompok Tani Giat I, Kelurahan Hadimulyo Barat. Alsintan Pompa Air 4 inch sumber dana APBN untuk 10 Kelompok Tani diwakili oleh Kelompok Tani Tani Maju I, Kelurahan Purwosari.


“Lalu untuk bantuan Benih Padi Inbrida varietas Inpari 32, Inpari 42, dan Mekongga sejumlah 66.675 kg untuk kelompok tani se-Kota Metro diwakili oleh Kelompok Tani Tani Jaya, Kelurahan Purwoasri. Untuk bantuan pakan konsentrat 4.000 kg untuk 20 ekor sapi bunting, diwakili Kelompok Ternak Makmur Rezeki 28 Kelurahan Purwoasri,” terangnya.


Tak hanya itu, Hery Wiratno juga memaparkan bantuan sarana prasarana budidaya lele, sumber dana DAK 2021, untuk 4 Pokdakan masing-masing Rp 50.000.000,- diwakili Pokdakan Tunas Makmur Margodadi Jaya, Kelurahan Margodadi.


“Bantuan sarana prasarana budidaya gurame, sumber dana DAK 2021 untuk 4 Pokdakan masing-masing Rp 50.000.000,- diwakili Pokdakan Bintang Abadi Sejahtera Kelurahan Purwosari. Dan yang terakhir Hibah Barang dan Jasa Percontohan Pertanian Perkotaan sumber dana APBD Kota Metro, untuk 1 KWT senilai Rp. 23.154.000, diwakili KWT Seroja Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Metro Selatan,” tuturnya.(Husni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages