Paripurna Istimewa Hari Jadi ke 24 Kabupaten Tanggamus dan HUT Provinsi Lampung ke 57 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

DINKES

Post Top Ad

Minggu, 04 April 2021

Paripurna Istimewa Hari Jadi ke 24 Kabupaten Tanggamus dan HUT Provinsi Lampung ke 57


Tanggamus, Harian koridor.com-Peringati Hari Jadi ke 24 Tanggamus dan HUT Provinsi  Lampung ke 57, DPRD Tanggamus Gelar Paripurna Istimewa.


Dalam rangka memperingati Hari jadi ke-24 Kabupaten Tanggamus dan sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Lampung ke-57, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanggamus menggelar Rapat Paripurna Istimewa.


Dengan mengambil tema “Wujudkan Kabupaten tanggamus Maju dan Keren”, berlangsung di ruang rapat Gedung DPRD Tanggamus, Selasa (23/03/2021).
Rapat paripurna istimewa ini dipimpin langsung oleh ketua DPRD Kabupaten Tanggamus Heri Agus Setiawan, S.Sos  berserta Wakil Ketua I Irwandi Suralaga, S.Ag, Wakil Ketua II Tedi Kurniawan, SE, Wakil Ketua III Kurnain, S.IP,  dan dihadiri oleh 43 Anggota DPRD  Kab. Tanggamus.

Dari jajaran Eksekutif hadir pada acara tersebut Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, SE., MM, Wabup Hi. A.M Syafi’i S.Ag, Para Asisten, Kepala  Badan, Kepal Dinas dan para Camat di Kab. Tanggamus serta turut  dihadiri oleh pimpinan Forkopimda di Kab. Tanggamus seperti Dandim 0424 Tanggamus Letkol Inf Arman Aris Sallo, Wakapolres Tanggamus Kompol Heti Fatmawati David P Duarsa. Serta para tamu undangan baik insan pers, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Acara dilaksanakan secara langsung  dengan tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

Membuka jalannya acara, Ketua DPRD Tanggammus Heri Agus Setiawan, S.Sos Menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang telah berkenan untuk hadir dalam rangka Rapat paripurna istimewa memperingati Hari ulang Tahun Kabupaten Tanggamus yang ke-24 dan HUT provinsi Lampung ke-57 tahun 2021 “Selamat datang di Gedung rakyat ini, semoga kebersamaan ini dapat senantiasa saling mempererat tali silaturahmi, dan apa yang kita laksanakan pada hari ini mendapat ridho dari Allah SWT, Aamiin ya robbal alamin” ujar ketua.



Masih dalam kesempatan yang sama Ketua DPRD Tanggamus  menyampaikan bahwa tujuan dari diselenggarakannya acara ini adalah untuk mengenang dan mensyukuri sekaligus mengevaluasi apa yang telah dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kita, serta dalam rangka mewujudkan Kabupaten Tanggamus Yang maju dan keren.

Melanjutkan sambutannya, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan berharap suasana kondusif saat ini dapat terus terjaga, dan dapat dipertahankan dimasa-masa yang akan datang dengan meningkatkan kebersamaan menyatukan persepsi untuk mewujudkan berbagai akselerasi pembangunan bagi Kabupaten Tanggamus yang kita cintai, yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kab. Tanggamus Bumi Begawi jejama.

“Patutlah kita syukuri, diusia yang ke-24 Kabupaten Tanggamus telah banyak mengalami kemajuan serta meraih berbagai prestasi meskipun di satu sisi  masih terdapat sejumlah kendala dalam proses pembangunan, namun keberhasilan ini harus terus ditingkatkan serta terus menggali potensi-potensi di Kab. Tanggamus” ujar Politisi PDIP tersebut.


Menutup sambutannya, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus setiawan, S.Sos  atas nama pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Tanggamus, Sdri Bupati, Wakil Bupati bersama OPD terkait atas dedikasi, kerja keras untuk mensejahterakan Masyarakat Kabupaten Tanggamus.


tak lupa kepada tokoh penggagas, pendiri kabupaten Tanggamus, para mantan Anggota DPRD, mantan Pejabat sipil, TNI, POLRI serta semua pihak menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya, atas semua gagasan, cita-cita sehingga terbentuknya Kab. Tanggamus Bumi Begawi Jejama yang kita cintai ini.


Sementara dalam kesempatan yang sama, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE.,MM  yang hadir secara langsung dalam sambutannya dihadapan para Anggota DPRD dan tamu undangan di Rapat paripurna istimewa menyampaikan, Dirgahayu Provinsi Lampung  yang ke-57 semoga Provinsi Lampung terus berkembang, maju dan berjaya. Sinergi antara Provinsi Lampung dan Kabupaten Tanggamus selalu kita laksanakan, cukup banyak program-program pemerintah provinsi Lampung yang bersentuhan langsung dengan Kabupaten Tanggamus.


Masih dalam sambutannya, Bunda Dewi menyampaikan bahwa dua puluh empat tahun adalah rentang perjalanan waktu yang penuh dengan romantika dan dinamika sejarah, dengan tema HUT Kab. Tanggamus “Wujudkan Kabupaten Tanggamus maju dan keren”.dimasa pandemi covid-19 yang masih melanda seluruh wilayah di Indonesia termasuk di Tanggamus, maka perayaan dan peringatan hari jadi Tanggamus diadakan secara sederhana dengan tidak mengurangi rasa syukur atas karunia Tuhan yang maha esa.


Dalam kesempatan tersebut Bupati menyampaikan sejumlah prestasi dan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah Kabupaten Tanggamus, diantaranya Kembali meraih predikat WTP dari BPK-RI untuk yang ke-5 kalinya;  

Piagam Penghargaan dari Kemendagri sebagai Kabupaten yang menyelenggarakan Pilkakon serentak dengan jumlah Pekon terbanyak yaitu 220 Pekon, yang dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.



Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 Kategori Kabupaten Sangat Inovatif, dari Kemendagri,Meraih penghargaan Kabupaten Cukup Peduli HAM Tingkat Nasional, selama 3 tahun berturut-turut, dari Kementerian Hukum dan HAM RI; Pelaksana Terbaik Program Kampung Iklim Utama dari Kementerian LHK (yang diraih oleh Pekon Ngarip Ulu Belu);  Mendapatkan predikat Program Kampung Iklim Madya dari Kementerian LHK (yang diraih oleh Pekon Sidokaton, Pekon Simpang Kanan, Pekon Wonoharjo dan Pekon Tegal Binangun). Tanggamus telah ditetapkan sebagai Kabupaten Literasi oleh Kantor Perpustakaan Nasional. 


Bupati juga turut menyampaikan sejumlah capaian dari 55 aksi Bupati antara lain,Setiap tahun melaksanakan Pemberian Beasiswa Pendidikan, dan tahun 2020 diberikan kepada 49 Siswa-Siswi atau santri yang berprestasi , Setiap tahun melaksanakan kegiatan peningkatan Wisata Religi untuk Semua Agama, Umroh kepada 53 orang, 1 Kelompok Ziarah Rohani Katholik dan 1 kelompok Ziarah Rohani Protestan. Memberikan bantuan kepada UMKM, KWT dan terus membentuk Sai Pekon Sai Produk.


Sampai saat ini telah terdapat 11 Puskesmas yang memiliki alat Ultrasonography (USG). Tahun 2019 ada 5 alat USG terpasang dan tahun 2020 ada 6 alat USG, ditargetkan 2021 semua Puskesmas Rawat Inap di Tanggamus terpasang alat USG.

Penambahan 1 unit Armada Mobil Puskesmas Keliling ditahun 2020. Peningkatan layanan Home Care dan Layanan kesehatan Lansia dimana telah tercetak 8.625 buah Kartua Lansia di Tahun 2019 dan 8.430 buah Kartu Lansia ditahun 2020.


Pembangunan Stadion Gelora Tanggamus, saat ini telah memasuki pembangunan Tahap III. Kegiatan Jum’at Bedah Rumah Tidak Layak Huni.



Saat ini dilakukan pemugaran sebanyak 140 rumah bersumber APBD dan 840 rumah bersumber APBN. Reformasi Birokrasi, Bupati berkantor di Kecamatan, Membentuk Tim Sapu Bersih Pelayanan Mengecewakan (Saber Pekan), memangkas birokrasi perijinan yang tidak efektif dan efisien dengan membuat Sistem Aplikasi RATU SIKOP (Ramah, Amanah, Tegas Unggul – Sistem Komputerisasi Perizinan) yang Terintegrasi.



Program Sai Petani HKM merupakan Sai Duta Pelestarian Hutan adalah upaya meningkatkan partisipasi masyarakat untuk melestarikan hutan dan pencegahan banjir serta kering mata air di musim kemarau. Dan pada tahun 2020 telah melakukan konservasi lahan dengan menanam 3300 Batang Pohon Durian, Alpukat dan lain-lain.

 
Melanjutkan pidatonya Bunda Dewi “sapaan akrab Bupati Tanggamus” menyampaikan bahwa Saat ini pada bulan Maret 2021 Kabupaten Tanggamus

berada dalam Zona Orange, yaitu zona resiko sedang penyebaran Covid-19, bersama 12 (dua belas) Kabupaten/Kota lainnya dari 15 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung, Jumlah penderita Covid Terkonfirmasi di Kabupaten Tanggamus sampai dengan Maret 2021 sebanyak 545 orang, dengan jumlah pasien sembuh 513 orang dan Meninggal mencapai 27 orang.


Selaku Ketua Gugus Tugas Kabupaten Tanggamus, kami telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalan percepatan penanganan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Tanggamus. Kita juga telah melaksanaan Vaksinasi Covid-19, dengan Sasaran Tenaga Kesehatan sebanyak 1.650 orang dan Petugas Pelayanan Publik sebanyak 3.477 orang.


Menutup sambutannya Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat Tanggamus untuk menjadikan HUT kab. Tanggamus sebagai momentum untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri serta memantapkan kebersamaan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Tanggamus. Kepada semua pihak, sekali lagi kami menyampaikan penghargaan dan terimakasih yang tulus atas dorongan semangat, koreksi dan kritik yang ditujukan kepada kami pihak Eksekutif dalam mengemban amanah, tugas pemerintahan dan pembangunan selama ini.


Akhirnya marilah kita memohon ke hadirat Allah SWT., kiranya berkenan memberikan kekuatan lahir dan batin kepada kita semua serta membimbing cita-cita luhur masyarakat Tanggamus menuju masa depan yang lebih Mandiri dan Sejahtera.


“DIRGAHAYU KABUPATEN TANGGAMUS KE-24 DAN DIRGAHAYU PROVINSI LAMPUNG KE-57” Pungkas Bupati Tanggamus.

Acara dilanjutkan pembacaan Do’a yang dipimpin oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan sesi foto bersama Anggota DPRD dan Forkopimda.(adv) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages