Karantina Pertanian Lampung Mendapat Apresiasi Dari Kementerian Lingkungan Hidup - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Senin, 03 Mei 2021

Karantina Pertanian Lampung Mendapat Apresiasi Dari Kementerian Lingkungan Hidup


Bandar Lampung, Harian koridor.com-Karantina Pertanian Lampung menggagalkan penyelundupan Orangutan Sumatera (Pongo abelli) yang akan dibawa menuju Jakarta. Dua ekor hewan langka asal Lubuk Pakam Sumatera Utara ini akan diseberangkan ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni, Senin(03/5/2021) dini hari.


Beruntung tim gabungan Operasi Patuh Karantina berhasil menggagalkannya. Gagalnya penyelundupan ini langsung diapresiasi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.


Siti Nurbaya mengapresiasi kerja Karantina Pertanian Lampung ini dengan memberikan piagam penghargaan. Penghargaan diterima langsung oleh Kepala Karantina Pertanian Lampung, Muh.Jumadh di Kantor Kepolisian Resort Lampung Selatan.


Siti Nurbaya menjelaskan  bahwa Orangutan Sumatera merupakan salah satu satwa langka dan dilindungi.


 "Dalam proses pengembalian satwa langka dan dilindungi ke habitat asalnya tentu membutuhkan waktu yang cukup lama. Mengingat Orangutan tersebut kategori bayi atau berumur kurang dari dua tahun."jelasnya.


Ia juga menghimbau agar pengawasan terutama di Bakauheni untuk terus ditingkatkan. 


"Kami mengapresiasi kinerja semua pihak atas keberhasilan dalam penanganan kasus ini," ungkap Siti Nurbaya.


Sementara itu Kepala Karantina Pertanian Lampung, Muh.Jumadh mengatakan bahwa keberhasilan dalam menggagalkan upaya penyelundupan satwa ini tentu tak lepas dari kerjasama yang baik dari berbagai pihak. Instansi terkait di pelabuhan baik dari kepolisian, ASDP, BKSDA maupun NGO pemerhati satwa Jakarta Animal Aid Network (JAAN) dan Flight selalu bersinergi dengan Karantina Pertanian Lampung.


"Kami akan terus memperkuat pengawasan di setiap tempat pemasukan dan pengeluaran, terutama di zona rawan penyelundupan satwa," kata Muh.Jumadh.(Magel) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages